no-script Instalasi Listrik: Panduan, Perlengkapan & Tahapan Pemasangan | Mitraruma

Instalasi Listrik: Panduan, Perlengkapan & Tahapan Pemasangan

Instalasi listrik adalah salah satu langkah yang memegang peran penting terhadap hunian tinggal. Langkah ini akan menentukan ketersediaan perangkat elektronik di rumah, seperti kulkas, setrika, bahkan lampu.

Sementara itu, sisi negatif pemeliharaan kelistrikan, termasuk instalasi listrik yang kurang baik akan sangat berbahaya. Melansir Artplumbingandac.com, pengabaian terhadap instalasi listrik bisa menyebabkan sengatan listrik, kerusakan peralatan, hingga kebakaran.

Apa Itu Instalasi Listrik?

Artboard 19.png
Seperti namanya, instalasi listrik adalah konstruksi atau pemasangan kabel listrik secara permanen, serta pemasangan untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber ke produk kelistrikan di dalam bangunan.

Sebagai informasi, perlu dipahami bahwa PLN hanya menyediakan listrik dan meteran listrik. Jadi, Anda selaku pemilik rumah harus bertanggung jawab sendiri perihal pemasangan instalasi listrik.

Secara umum, instalasi listrik memerlukan perlengkapan untuk menyalurkan listrik dari sumbernya (PLN, genset, panel surya, dan lainnya) ke peralatan elektronik apa pun di rumah yang pastinya akan membutuhkan listrik.

Panduan Aman Instalasi Listrik

Menghindari berbagai masalah listrik, instalasi listrik yang baik juga membantu Anda menghindari masalah serius dalam rumah. Anda bisa menjadi lebih aman dan mengerti hal-hal apa yang dapat memicu terjadinya korsleting listrik. Nah, untuk itu yuk kenali bagaimana cara memasang listrik agar aman dalam penggunaan kedepannya? Yuk, simak bahasannya di bawah ini!

1. Luas Rumah

Artboard 2.png
Ini adalah hal pertama yang perlu Anda ketahui dan perhatikan. Hitunglah terlebih dahulu ukuran dan luas rumah. Ini dilakukan untuk mengetahui panjang kabel, jumlah stop kontak, lampu, kabel fitting, dan berbagai hal lainnya.

Pada umumnya, kebutuhan listrik makin besar seiring dengan luasnya rumah yang akan diinstalasi listrik. Jadi, pengetahuan tentang luas rumah ini juga berguna untuk perencanaan seberapa besar daya listrik yang diperlukan. Sehingga, kedepannya Anda tidak perlu kebingungan saat kebutuhan bertambah, Anda tidak membuang uang untuk menambah daya. Jadi, sedari awal merenovasi rumah ada baiknya sudah memikirkan kebutuhan listrik Anda.

2. Menggambar Instalasi Listrik

Artboard 3.png
Penting untuk membuat rancangan berupa gambar berdasarkan denah rumah. Dapat dikatakan, menggambar instalasi listrik adalah langkah lanjutan yang lebih detail dari sekadar menghitung luas bangunan atau hunian.

Gambar ini akan berguna untuk mengetahui jalur utama dan paralel listrik yang nantinya akan diletakkan. Oleh sebab itu, gambar harus sederhana, jelas, mudah dibaca maupun dimengerti.

Sesuai gunanya, gambar ini akan menjelaskan letak ruangan, penempatan listriknya, cara penyambungan dari jalur utama, dan berbagai hal lain terkait jalur kelistrikan. Secara umum, biasanya akan diperlukan gambar situasi dan diagram garis tunggal dalam instalasi listrik. Berikut penjelasannya:

  • Gambar Situasi
    Ini akan diperlukan untuk mengetahui letak bangunan yang akan diinstalasi listrik serta rencana penyambungannya ke dalam jaringan PLN. Secara mendasar, gambar ini harus mengandung rencana penempatan, penyambungan, serta data teknis seluruh peralatan listrik yang ada.

  • Gambar Diagram Garis Tunggal
    Selain gambar situasi, akan diperlukan pula gambar diagram garis tunggal atau diagram perencanaan instalasi listrik. Gambarnya meliputi diagram perlengkapan disertai keterangan ukuran atau daya tiap komponen, beban yang terpasang, ukuran jenis hantaran, hingga sistemnya.

3. Cara Membuat Gambar Instalasi Listrik

Artboard 20.png
Berikut petunjuk yang bisa dijadikan panduan dalam merancang gambar instalasi listrik untuk bangunan:

  • Gambar denah bangunan yang akan dipasangkan listrik
  • Perkirakan penggunaan listrik di tiap ruangan dalam gambar, contohnya ruang keluarga, dapur, kamar, ruang tamu, dan sebagainya.
  • Tetapkan letak perlengkapan hubung bagi listrik atau PHB. Ini harus terpasang di tempat yang terjangkau dari jalan masuk rumah.
  • Mulai gambar penempatan titik lampu dan saklar, serta hubungan antara keduanya.
  • Gambar penempatan kotak kontak di dinding. Umumnya, kotak kontak dipasang tak jauh dari sudut ruangan karena terbebas dari berbagai perabotan.

4. Ketahui Daya Listrik dan Persiapkan Perlengkapan

Artboard 4.png
Usai menggambar denah instalasi listrik dengan cermat, kini saatnya menilik besaran daya listrik yang diperlukan dalam suatu rumah. Caranya, perhatikanlah gambar yang sudah dibuat dan tentukan besar daya yang akan digunakan pada masing-masing ruangan.

Kemudian, jumlahkan masing-masing besaran tersebut menjadi satu sehingga Anda akan mendapatkan jumlah besaran daya yang dibutuhkan di rumah secara keseluruhan. Umumnya, rumah yang luasnya kurang dari 100 meter membutuhkan 1300-220 watt listrik.

Sangat penting untuk menentukan besaran daya listrik karena perbedaan pembayaran listrik bisa terjadi karena adanya perbedaan daya. Saran kami, gunakan Miniature Circuit Breaker atau MCB setelah mengetahui daya listrik untuk mengantisipasi beban berlebih.

Sebagai langkah jaga-jaga, Anda juga bisa mempelajari cara menghemat listrik dengan sumber daya dari panel surya.

Langkah selanjutnya setelah mengetahui besaran daya adalah mempersiapkan berbagai perlengkapan yang akan berguna selama proses instalasi listrik. Berikut penjelasannya!

  • Alat Pembatas dan Pengukur (APP)
    APP dalam instalasi listrik adalah perlengkapan instalasi yang berfungsi membatasi besar arus yang akan mengalir. Jadi, daya yang terpasang tidak akan bisa berlebih. Jika itu terjadi, maka pemutus akan secara otomatis memutuskan arus listrik.

Alat ini dilengkapi dengan alat ukur lain untuk mengukur besaran listrik. Contohnya, seperti tegangan listrik, arus, faktor kerja, energi listrik, dan hal lainnya sesuai kebutuhan.

  • Sistem Tegangan Menengah (Sistem TM) dan Tegangan Rendah (Sistem TR)
    Sistem ini terdiri atas hantaran masuk, cubicle, serta hantaran keluar. Hantaran yang dipakai berupa kabel tegangan menengah yang umumnya adalah N2XSBY atau XLPE.

Sementara itu, cubicle terdiri dari cadangan, incoming, dan cubicle outgoing. Untuk pengaman arus listrik, digunakan sekring dan Load Break Switch.

Untuk sistem tegangan rendah sendiri, meliputi berbagai perlengkapan listrik tegangan rendah seperti untuk pembagian, penyaluran, pengamanan, hingga pengendaliannya.

  • PBH
    PBH perlu dipasang dengan baik dengan syarat dipasang pada tempat terjangkau, ruangan bebas jika dipasang di depan panel, serta panel harus berada pada tempat yang kering.

  • Panel Distribusi Listrik
    Panel distribusi listrik juga harus dipasang dengan beberapa hal yang harus jadi perhatian. Hal ini supaya memenuhi persyaratan sesuai PUIL.

5. Perhatikan Jalur-Jalur Kabel

Artboard 5.png
Jalur-jalur kabel harus dibagi sesuai keperluan instalasi listrik rumah. Contohnya, dibagi untuk AC, pompa air, lampu, kulkas, dan sebagainya. Adapun Anda sebaiknya menggunakan jalur listrik tersendiri untuk barang elektronik yang butuh daya listrik besar.

Barang-barang ini misalnya AC, kulkas, water heater, dan berbagai barang lain. Menggunakan jalur sendiri untuk perabotan tersebut berguna agar tidak mengganggu penggunaan listrik barang lainnya.

6. Lakukan Grounding

Artboard 6.png
ELBC atau grounding sangat dianjurkan, lho, dalam pemasangan listrik. Sebab, grounding yang merupakan mekanisme pemasangan listrik dengan alat pengaman khusus untuk melindungi manusia dari sengatan listrik ini memungkinkan proses instalasi jadi lebih aman.

Contoh manfaatnya adalah saat daya listrik rumah tiba-tiba membesar karena sambaran petir, grounding akan menjaga perabotan listrik rumah Anda tetap aman.

Cek Kualitas Instalasi Listrik secara Periodik

Mengecek kualitas instalasi listrik adalah salah satu kiat untuk terus menjaga berbagai komponen listrik tetap aman secara berkala. Wujudkan rumah impian yang aman secara listrik maupun hal lainnya dengan memanfaatkan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan terpercaya.

Mitraruma adalah mitra terpercaya untuk membangun hunian Anda agar tampil lebih apik dan estetik dengan budget yang dapat Anda sesuaikan. Seluruh proses berlangsung dengan transparansi dan menyesuaikan dengan keinginan Anda. Pillihan bahan bangunan tanpa batas dengan beragam ide inspiratif yang dapat Anda contoh. Silahkan lihat inspirasi tampilan dari berbagai hasil pekerjaan renovasi rumah.

Jangan lupa selalu nantikan Promo Bulanan Mitraruma setiap bulannya untuk instalasi berbagai desain yang indah dan terjamin kualitasnya. Tunggu apa lagi? Yuk, coba layanan dan jadi member sekarang!

More content