no-script 10 Inspirasi Warna Cat Ruang Tamu yang Cerah dan Cheerful | Mitraruma

10 Inspirasi Warna Cat Ruang Tamu yang Cerah dan Cheerful

Artboard 1.png

Warna cat ruang tamu yang cerah mampu membangkitkan energi penghuninya. Terlebih lagi jika Anda baru saja menjalani aktivitas yang melelahkan. Tentunya dengan warna cat ruang tamu yang cerah, Anda bisa memiliki mood yang lebih baik.

Penelitian menunjukkan bahwa ragam warna bisa menimbulkan efek psikologis yang kuat. Ketika kita melihat warna, sistem saraf pada otak akan merespon dan menyebabkan kelenjar hypothalamus melepaskan hormon-hormon tertentu.

Permainan atau kombinasi warna dapat menimbulkan daya tarik yang membuat manusia semakin bergairah terhadap sesuatu hal, mempengaruhi emosi, membangkitkan energi, serta dapat menjadi alat bantu bagi komunikasi non-verbal yang dapat mengungkapkan pesan yang mudah diserap maknanya secara instan.

Berikut ini Mitraruma hadirkan untuk Anda macam-macam inspirasi warna cat ruang tamu yang cerah. Yuk, tentukan warna pilihan Anda sekarang juga!

1. Lime Green

Artboard 2.png

Lime green merupakan salah satu tone favorit banyak orang karena kemampuannya yang bisa mencerahkan ruangan. Warna cerah yang dipancarkan lime green terkesan berkelas, segar dan alami.

Hal tersebut berkat pencampuran sedikit kuning yang mampu membuat lime green berbeda dari tone warna hijau lainnya. Warna lime green bisa dipadu padankan dengan warna lain, seperti hitam, putih, atau kuning.

2. Mustard

Artboard 3.png

Warna cat kuning mustard sangat pas dihadirkan untuk interior rumah. Entah itu untuk keramik pada dinding kamar mandi, cat dinding yang menghiasi ruang tamu ataupun kamar tidur.

Warna kuning mustard mampu membuat suasana ruang tamu yang cerah dan cheerful. Oh ya, ada satu fakta menarik mengenai warna yang satu ini. Tahukah Anda? Jika nama mustard sendiri diambil dari nama warna dalam bumbu atau dikenal dengan saus mustard. Wah, sungguh fun fact yang jarang diketahui ya!

3. Lilac

Artboard 4.png

Lilac tengah menjadi warna yang tren saat ini. Baik itu untuk warna fashion, cat dinding, barang-barang elektronik, hingga makanan. Warna lilac yang kalem jika dipadukan dengan dekorasi atau furniture nuansa warna gold akan membuat ruangan jadi terasa lebih mewah dan megah.

Nah agar tidak membosankan, Anda bisa memadukan juga dengan warna lain. Seperti sofa abu-abu dan karpet biru untuk membuat ruangan semakin modern.

4. Rose Gold

Artboard 5.png

Sama seperti warna lilac, rose gold juga merupakan tone warna yang sedang hype belakangan ini. Warnanya yang lembut, cerah, serta menyegarkan mata menjadikan warna rose gold banyak diminati di pasaran.

Anda bisa memadukan warna ini dengan konsep ruang tamu shabby chic. Jangan lupa untuk menambahkan ornamen atau dekorasi-dekorasi pendukung agar ruangan terlihat ciamik.

5. Orange

Artboard 6.png

Warna orange memiliki makna kekuatan, kehangatan, penuh ambisi, energik, keakraban, keramahan, petualangan, optimis, dan kepercayaan diri. Orange merupakan salah satu turunan spektrum warna antara merah dan kuning yang menyerupai warna kulit jeruk.

Tak hanya sekadar membangkitkan energi positif, orange juga mampu membangkitkan semangat dengan memadukan unsur maskulin dan feminin yang baik. Warna cat ruang tamu yang cerah ini memang tak pernah gagal dalam membuat ruangan terasa fresh.

6. Pastel Blue

Artboard 7.png

Tak perlu diragukan lagi, kalau warna biru bisa membuat kita rileks karena termasuk ke dalam warna yang sangat menenangkan. Tak hanya itu aja lho, warna biru juga dapat meningkatkan fokus dan produktivitas. Warna ini dianggap memiliki sifat yang menenangkan, karena menggambarkan warna langit dan lautan.

Semakin kesini skema warna semakin beragam. Warna cat ruang tamu yang cerah seperti pastel blue hadir memberikan kesan yang lebih kalem. Tentunya juga lebih tenang jika dibandingkan dengan warna biru yang lebih gelap.

Perlu dicatat juga ya, tak semua warna biru menimbulkan ilusi ruangan yang menyejukan. Pada warna biru tua justru dapat menimbulkan perasaan sedih. Warna kalem pastel blue bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang menginginkan kesan damai dan tenang pada ruang tamu.

7. Beige

Artboard 8.png

Ruang tamu dengan warna beige pada dinding difokuskan pada warna netral, memadukan warna hangat dari lantai hingga langit-langit dengan kedalaman dan ketertarikan visual. Anda dapat menghadirkan dekorasi tanaman hias untuk membuat ruangan terasa lebih hidup, natural dan menyatu dengan alam.

Lalu, untuk menghemat budget, Anda bisa melakukan kombinasi warna cat dinding agar murah. Selain murah, ruang tamu Anda juga terlihat tidak monoton. Hal ini bisa terjadi karena adanya perpaduan warna yang tepat. Anda juga dapat menghadirkan warna beige pada sofa untuk desain ruang tamu industrial agar menciptakan kesan cozy pada ruangan.

8. Pastel Yellow

Artboard 9.png

Untuk membuat ruang tamu Anda terlihat lebih cerah dan bersih, gunakanlah warna cat ruang tamu yang cerah. Seperti contohnya pastel yellow atau kuning pastel. Anda juga dapat menggunakan furniture dan dekorasi berwarna kuning pastel atau putih untuk menambah kesegaran di ruang tamu.

Gunakan juga beberapa bingkai foto berwarna cream sebagai hiasan dinding agar terlihat semakin cantik. Sentuhan warna kuning yang lembut ini akan memberikan rasa semangat, ceria, dan kehangatan.

9. Mint

Artboard 10.png

Mint merupakan salah warna dengan tone yang lembut dan memancarkan suasana yang nyaman, tenang, dan cerah. Warna ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menyebarkan aura kesegaran dengan menggunakan cat ruang tamu yang cerah.

Eits, perlu diingat ya jika Anda ingin memadukan warna mint dengan warna lain maka Anda harus cermat. Mengapa demikian? Karena warna ini tergolong dalam warna yang cerah sehingga harus berhati-hati untuk memilih kombinasi warna yang tepat.

10. Coral

Artboard 11.png

Warna yang satu ini seringkali disamakan dengan warna salem dan peach, padahal ketiganya berbeda lho. Warna coral merupakan warna dengan komposisi campuran antara orange dan merah muda.

Ada satu fakta unik nih terkait dengan warna yang satu ini. Apakah itu? Di dalam dunia pewarnaan ada sebuah perusahaan yang terkenal sebagai penentu warna dunia yang dinamakan Pantone. Perusahaan tersebut menjadi penentu trend warna setiap tahunnya.

Pantone lewat PMS (Pantone Matching System) membuat sistem pewarnaan yang memungkinkan adanya reproduksi pilihan warna yang akurat di seluruh dunia. Tidak heran semua warna baik dalam segi fashion, furniture, teknologi maupun produk mengacu terhadap Pantone.

Nah hebatnya, warna coral berhasil menyabet tren warna dunia pada tahun 2019 oleh Pantone. Hal ini membuat warna coral meledak penggunaannya, terutama di dalam kalangan dunia fashion. Wah, keren sekali ya?

Berniat Membuat Ruang Tamu yang Fresh dan Anti Monoton?

Bosan dengan warna cat ruang tamu yang monoton? Yuk, ganti cat ruang tamu Anda dengan warna cat ruang tamu yang cerah sekarang juga! Namun, jangan sampai Anda keliru ya. Perpaduan warna cat yang terlalu mencolok tentunya akan menyilaukan mata siapapun yang melihatnya.

Hadirkan suasana rumah yang fresh dan tentunya anti ribet. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu bersama tim Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan dari Mitraruma. Mitraruma bersama dengan para tenaga ahlinya akan membantu Anda melakukan mix n match warna yang tepat. Pastinya agar ruang tamu Anda tetap terasa nyaman. Jadi bagaimana? Sudah siapkah untuk mewujudkan rumah impian Anda?

More content