no-script 11 Inspirasi Taman Minimalis yang Space Saving | Mitraruma
Mitraruma

11 Inspirasi Taman Minimalis yang Space Saving

Buat kamu yang memiliki hunian dengan lahan terbatas namun ingin membangun taman, bisa banget lho. Jangan bingung karena keterbatasan lahan, dengan penataan yang pas kamu bisa menikmati taman dengan nuansa minimalis di rumah. Berbagai inspirasi desain taman minimalis yang space saving juga banyak tersedia saat ini.

Salah satu keuntungan dari taman minimalis adalah biaya yang dibutuhkan untuk perawatan tidak terlalu besar. Nah, di bawah ini kamu akan mendapati banyak sekali ide taman rumah yang estetik dan space saving yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk desain taman di rumah kamu.

Tujuan dari space saving sendiri adalah membuat ruangan dengan luas yang terbatas dapat menampung semua kebutuhan serta kegiatan penghuni tanpa membutuhkan banyak komponen furniture di dalamnya.

Roof Gardening

Artikel Desember 5 - 2.png

Rumah minimalis dengan model bertingkat biasanya memiliki atap rumah yang datar. Nah, selain bisa digunakan untuk menjemur pakaian, kamu juga bisa menggunakan area ini untuk membuat taman minimalis ya.

Kamu bisa menikmati sunset dan sunrise sambil memandangi berbagai macam tanaman serta tumbuhan hijau yang membuat rileks dan memanjakan mata.

Memanfaatkan Lahan Kosong Samping Rumah

Artikel Desember 5 - 3.png

Meskipun memiliki area hunian yang minimalis, namun seringkali masih terdapat sisa space yang bisa kita manfaatkan. Misalnya saja di area samping dapur. Nah, sisa space ini bisa banget kamu fungsikan jadi taman kecil yang tentunya akan space saving, ya!

Taman Kaktus

Artikel Desember 5 - 4.png

Buat kamu yang ingin punya taman namun malas mengurus tanaman tersebut, kamu bisa mempertimbangkan untuk menanam kaktus saja. Kaktus tersebut bisa kamu tanam di tepian dinding rumahmu. Sungguh menghemat tempat sekali, kan?

Taman dengan Ilalang

Artikel Desember 5 - 5.png

Jika kamu malas ribet atau malas menggunakan beragam jenis tanaman untuk tamanmu, penggunaan ilalang bisa jadi salah satu opsi yang harus kamu coba.

Kamu bisa membuat rumah dengan taman kecil di samping rumah berupa tanaman ilalang. Di bagian tengah, bisa dibangun jalan setapak berpaving putih untuk akses keluar masuk rumah. Penggunaan tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga tidak akan membuatmu ribet.

Taman Jalan Setapak

Artikel Desember 5 - 6.png

Taman yang satu ini terlihat sangat manis dengan model rumah di baliknya. Tepat di depan rumah dibangun jalan setapak memanjang dengan taman batu kerikil di sampingnya. Taman kerikil ini juga hanya ditumbuhi sedikit tanaman saja.

Hal itu untuk menambah kesan minimalis dan juga space saving yang tidak terlalu banyak komponen atau tanaman.

Taman Pagar Minimalis

Artikel Desember 5 - 7.png

Taman yang dikelilingi oleh pagar pendek, kemudian di cat putih yang sesuai dengan konsep rumah minimalis. Di bagian depan rumah, kamu bisa menanam tanaman dengan batuan disusun rapi sebagai batasnya.

Taman Kotak Minimalis

Artikel Desember 5 - 8.png

Taman yang satu ini cukup sederhana. Bentuknya yang kecil dengan rumput jepang hijau tumbuh di atasnya. Kemudian, pada keempat sudut taman terdapat tanaman daun hijau yang ditata berbentuk kotak menggunakan pot semen minimalis. Sementara untuk bagian tengah kamu bisa menambahkan pohon dengan ketinggian sedang yang akan menambah kesan asri ya, guys!

Penggunaan Dekorasi Pot Gantung

Artikel Desember 5 - 9.png

Penggunaan pot gantung bisa menjadi alternatif kamu yang memiliki hunian terbatas, namun tetap ingin berkreasi melalui tanaman. Kamu bisa menggantungkan pot-pot tersebut di area depan rumahmu, sehingga terciptalah taman depan rumah yang sederhana.

Untuk ukuran potnya, sebaiknya kamu memilih pot berukuran kecil dan rantai besi sebagai penggantungnya supaya pot-pot tersebut tidak mudah jatuh dan melukai penghuni rumah.

Taman Mungil di Sudut Teras

Artikel Desember 5 - 10.png

Tidak ada alasan lahan terlalu sempit untuk sebuah taman minimalis. Kamu bisa memilih salah satu sudut teras rumahmu dan mengubahnya menjadi sebuah taman dengan bunga warna warni. Meskipun kecil, tetapi taman ini tetap menambah kesegaran dan estetika rumahmu.

Taman Fungsional

Artikel Desember 5 - 11.png

Konsep dasar minimalisme adalah menjunjung kesederhanaan dan mengedepankan fungsi. Selain itu hal ini juga didukung oleh konsep space saving yang sangat menghemat ruang sekaligus memungkinkan pemanfaatan fungsi dengan beragam peruntukan.

Sebuah taman dengan grass bed adalah contoh model taman minimalis fungsional yang sangat space saving. Kamu jadi tidak perlu lagi menambahkan sofa, kamu bisa bersantai di kasur alami yang terbuat dari rumput.

Taman Bawah Tangga

Artikel Desember 5 - 12.png

Jika space bawah tangga dalam Harry Potter diubah menjadi sebuah kamar, space bawah tangga rumahmu juga tidak boleh kalah menarik. Kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah taman minimalis yang akan mempercantik interior rumahmu.

Living Wall

Artboard 13@2x.png

Living wall atau taman vertikal ini merupakan sebuah solusi bagi kamu yang ingin memiliki taman di area terbatas. Manfaatkan dinding kosong sebagai taman depan rumah seperti ini. Pertama-tama kamu harus menyediakan kayu atau besi penyangga. Kemudian, sediakan pot-pot kecil berisi tanaman hijau.

Tertarik Membuat Taman Minimalis, Namun Masih Bingung? Jangan Khawatir!

Ingin mewujudkan taman impianmu jadi kenyataan? Mitraruma siap membantu! Buat kamu yang membutuhkan rumput sintetis, pupuk tanaman, flower pot, bisa juga cek langsung di Mitraruma. Harganya yang terjangkau dan bisa disesuaikan dengan budgetmu.

Kabar baiknya lagi, kami juga menyediakan berbagai macam paket promo yang menarik, lho! Yuk, tunggu apalagi? Segera kontak Mitraruma sekarang juga!

More content