no-script Ide Kanopi yang Sejuk dan Unik | Mitraruma
Mitraruma

Ide Kanopi yang Sejuk dan Unik

Kanopi sudah biasa dipergunakan orang Indonesia untuk meneduhkan bagian depan rumah. Sebab, naungan satu ini memang memiliki banyak fungsi, seperti pelindung dari panas matahari hingga dekorasi.

Kanopi tak hanya bisa dipasang pada bagian depan rumah, tetapi juga belakang, garasi, bahkan balkon atau jendela.

Ide Membuat Kanopi

Adanya kanopi di area tertentu bisa menjadi pilihan untuk menghemat pengerjaan atap dan menambah kesejukan di rumah. Nah, jika kamu tertarik menggunakan kanopi, tak ada salahnya menyimak penjelasan Mitraruma kali ini tentang ide inspiratif membuat kanopi.

Kanopi Outdoor

Artboard 2.png
Kanopi tak hanya bisa digunakan untuk menutupi area teras atau depan rumah saja, lho. Kanopi bisa juga dibuat secara full-outdoor yang terpisah dengan rumah. Suasana yang dihasilkan akan lebih unik daripada yang lain. Apalagi jika menggunakan warna kayu.

Bisa juga jika ingin menggunakan warna muda dan pemasangan lampu di bagian tengah kanopi. Dengan elemen-elemen itu, kamu bisa menciptakan ruangan santai di luar rumah sebagai tempat kumpul keluarga yang asyik.

Memang, kanopi biasanya digunakan untuk menghalangi sinar matahari. Namun, tak ada salahnya jika kamu ingin mencoba konsep kanopi outdoor yang memiliki sekat terbuka. Kesannya pasti menjadi lebih unik!

Konsep DIY

Artboard 3.png
Sudah pernah dengar? Konsep do it yourself (diy) ini sangat sederhana, tetapi sebaiknya jangan ragukan ketahanan dan daya pakainya. Untuk membuat konsep ini, kamu bisa menggunakan dua bahan utama: penyangga kayu dan atap dari bahan kain khusus kanopi.

Sebagai gambaran, kamu bisa membuatnya dengan dua buah pilar kayu di lantai sebagai penyangga, sedangkan dua penyangga lain dialihkan menjadi pemasangan sisi kanopi pada dinding rumah. Ide ini cukup bagus karena menghemat ruang.

Kanopi outdoor modal diy ini pun bisa menjadi area makan-makan atau nongkrong yang super nyaman.

Glamor dengan Bahan Kaca dan Panel Besi

Artboard 4.png
Bahan kaca memang selalu identik dengan kesan minimalis yang glamor. Sebab itu, konsep kanopi sering dibuat menggunakan kaca, khususnya untuk apartemen atau rumah modern.

Untuk penyangganya, akan terkesan lebih mewah lagi dengan panel besi yang terpasang erat pada struktur rumah. Kamu bisa membuat sisi luar dari penyangga besi terlihat memanjang ke luar dengan teralis besi untuk kesan modern yang menawan.

Selain itu, membersihkan kanopinya bisa kamu lakukan dari atas. Bersihkan kaca kanopi dengan mengelapnya sesuai kebutuhan.

Kanopi Awning Gulung

Artboard 5.png
Selain menggunakan kanopi permanen, kamu juga bisa mempercantik rumah dengan kanopi awning gulung. Konsep ini memungkinkanmu untuk membukan dan menutup kanopi kapan saja sesuai kebutuhan.

Bagaimana caranya? Sangat gampang! Kamu hanya perlu menekan tombol pada remote karena sistem kerjanya yang otomatis. Jadi, kanopi model ini akan cocok dipasang pada teras depan rumah yang tak terlalu luas.

Tak cuma itu, kanopi awning gulung juga cocok untuk rumah dengan halaman depan bernuansa sejuk. Terutama, jika kamu mempunya banyak tanaman hias atau pohon-pohon kecil di halaman rumah.

Kanopi Kayu yang teduh

Artboard 6.png
Unsur kayu yang kamu pakai untuk kanopi akan sangat cocok dengan fungsi utama kanopi sebagai peneduh. Apalagi, kalau kamu memiliki halaman rumah atau teras yang lapang.

Tak hanya meneduhkan, kayu pada kanopi juga cocok untuk segala cuaca karena kekuatan dan ketangguhannya. Terlebih, kamu bisa dengan mudah mengatur desainnya karena bahan yang fleksibel.

Jika membangun kanopi dengan bahan kayu, kamu akan mendapatkan rasa yang nyaman dan natural. Lagipula, siapa yang tak mau mendesain kanopi sesuai selera?

Kanopi Bergaya lengkung

Artboard 7.png
Gaya kanopi yang satu ini sangat sering ditemui. Namun, terlepas dari semua itu, kanopi melengkung memang sangat fungsional dan tampak teduh. Terlebih, jika rumah kamu memiliki atap yang tampak depannya berbentuk segitiga.

Wih, pasti makin terlihat bagus. Sebab, kanopi akan tampang menyatu dengan model rumah kamu. Apalagi kalau warna eksterior rumah, kanopi, dan pagar dibuat senada. Pasti makin tampak ciamik.

Saat hujan, kanopi model ini bisa melancarkan sirkulasi air dengan baik. bentuknya yang melengkung juga tampak senada dengan berbagai tipe rumah.

Itulah ide kanopi yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk mempercantik rumah. Setelah diperhatikan, memilih kanopi demi kenyamanan di luar rumah tidak sulit, ya? Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk segera merenovasi kanopi rumah!

Bekerjasamalah dengan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan yang terpercaya. Bersama Mitraruma, kamu bisa mendapatkan layanan survey gratis untuk renovasi kanopi. Terlebih, ada juga jasa konsultasi yang bisa kamu dapatkan!

Bukan cuma itu, ada pula berbagai Promo Bulanan Mitraruma yang menanti. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi situs Mitraruma dan klik pada pop-up chat untuk informasi lebih lanjut lewat akun WhatsApp.

More content