no-script 5 Fasad Rumah Minimalis: Pengertian, Ide & Contoh Desain | Mitraruma
Mitraruma

5 Fasad Rumah Minimalis: Pengertian, Ide & Contoh Desain

inspirasi-desain-fasad-rumah-minimalis.png
Apakah kamu sedang dalam proses pembuatan rumah baru? Bingung mau memilih tipe fasad rumah minimalis yang menarik? Jangan khawatir, simak info berikut ini agar kamu menjadi lebih paham! Umumnya, desain fasad rumah adalah tampilan terdepan dari sebuah bangunan. Dalam dunia konstruksi arsitektur, fasad menjadi bagian penting dalam membentuk kesan pertama seseorang ketika melihat suatu bangunan.

Fasad rumah minimalis tentu bisa mempecantik pelataran rumah terlebih teras. Seiring perkembangan zaman saat ini khususnya setelah adanya pandemi, kebutuhan setiap orang agar tetap nyaman berada di rumah menjadi hal yang sangat penting. Nah, dengan adanya penambahan fasad pada rumah minimais Anda bisa membuat suasana lebih nyaman ditempati sebagai tempat refreshing sejenak.

Saat ini desain fasad rumah pun juga semakin bervariatif. Terdapat jenis fasad rumah minimalis, klasik, mediterania, scandinavian, bohemian, rustic, neo-klasik, dan masih banyak lagi. Semua jenis tersebut masih dapat berkembang sesuai dengan desain yang diinginkan pemilik rumah. Penasaran seperti apa? Yuk, simak selengkapnya informasi seperti apa fasad rumah minimalis itu dan beragam ide kreasi penggunaannya!

Apa Itu Fasad Rumah Minimalis?

Dalam dunia arsitektur, fasad merujuk pada satu sisi, biasanya pada bagian depan dari sebuah bangunan. Fasad juga tidak bisa berdiri sendiri, melainkan membentuk kesatuan dengan desain keseluruhan bangunan. Penggunaan fasad dapat memberi kesempatan kepada pemilik bangunan untuk menonjolkan dan bisa dijadikan ciri khas bangunan mereka.

Mengapa Fasad Rumah Penting?

Fasad rumah minimalis terbilang berguna bagi suatu bangunan karena bisa memberikan penekanan pada desain. Banyaknya bangunan yang ada saat ini tentu akan terasa membosankan jika rumahmu hanya menggunakan desain standar, bukan? Penggunaaan fasad inilah yang bisa membuat rumahmu terlihat berbeda dibanding bangunan yang lain.

Selain menambah nilai estetika suatu bangunan, penggunaan fasad bangunan juga berperan penting dalam efisiensi energi serta menghubungkan desain eksterior bangunan dengan desain interior.

Banyak bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai fasad. Mulai dari kayu, bambu, rooster bahkan besi bahkan batu bisa membuat tampilan rumah berbeda. Misalnya fasad dari rooster, tak hanya memberikan tampilan rumah yang estetik, namun berperan dalam mengatur sirkulasi udara serta memberi pasokan cahaya matahari ke dalam rumah.

Fasad Rumah Minimalis

Pastinya kalian sudah tidak asing kan dengan konsep rumah minimalis? Rumah dengan konsep minimalis terlihat lebih efisien dan praktis, baik dari segi konsep maupun dekorasi bangunan. Penggunaan fasad untuk rumah minimalis memiliki ciri khas yang sederhana namun terlihat elegan dan tidak membutuhkan area yang luas.

Meskipun penggunaan fasad minimalis ini cenderung simpel dan sederhana, namun tetap tidak ketinggalan zaman, lho. Penggunaan bentuk-bentuk geometri yang tidak terlalu ramai akan menambah kesan sederhana namun enak dipandang. Warna yang digunakan juga cenderung berwarna monokrom, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Hal ini akan membuat rumah terasa lebih terang dan bersih ketika dilihat.

Fasad Rumah Minimalis Berbahan Beton

fasad-rumah-minimalis-bahan-beton.png

Rumah dengan fasad seperti ini termasuk ke dalam rumah industrial karena memilih beton sebagai bahan utamanya. Hal itu membuat rumah terlihat kokoh. Desain rumah ini sangat minimalis karena pintu utama yang simpel dan memilih pintu gerbang model dorong yang tidak memakan banyak tempat. Kamu juga bisa lho menambahkan tanaman diletakkan di depan rumah untuk memberikan aksen agar rumah tidak terlihat monoton.

Fasad Rumah Minimalis Dengan Taman Di Lantai 2

fasad-rumah-minimais-lantai-2.png

Jika kamu memiliki rumah dengan bangunan bertingkat 2, desain yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa memanfaatkan bagian lantai 2 rumahmu untuk membuat mini garden. Dengan begitu, rumahmu bukan hanya akan terlihat asri, namun juga unik dan nyaman.

Untuk bagian pintunya, kamu bisa menggunakan pintu dengan material kayu dengan model sliding agar bisa menghemat area ruangan yang sempit. Atap dan dinding berongga juga mampu memberikan cahaya sinar matahari, jadi kamu tidak perlu takut terkena sinar matahari yang terlalu menyengat.

Rumah dengan fasad ini cenderung memiliki bentuk asimetris dan langit-langit yang datar. Bagian depan rumah biasanya juga menyatu dengan bagian dalam rumah dan menggunakan full kaca untuk pintu dan jendelanya. Model rumah seperti ini cocok di daerah pertengahan kota.

Desain Rumah Minimalis Perpaduan Warna Putih dan Coklat Tua

fasad-rumah-warna-putih-hitam.png

Konsep rumah minimalis memang identik dengan pemilihan warna-warna yang natural. Natural merupakan dasar dari konsep desain minimalis. Perpaduan warna putih tulang dan coklat tua ini membuat rumah tampak sederhana namun elegan. Dengan menggunakan entrance sederhana, desain ini dipastikan tidak memerlukan lahan yang luas.

Tips penting untuk mendekor rumah minimalis itu sendiri adalah memilih warna utama untuk dijadikan turunan untuk beberapa warna lainnya. Dengan memilih partisi rumah minimalis yang memiliki warna yang senada dengan keseluruhan warna rumah. Jangan ketinggalan dan lupa untuk melihat beberapa inspirasi desain rumah kekinian.

Desain Rumah Minimalis Dengan Garasi Lebar

fasad-rumah-garasi-lebar.png

Konsep desain minimalis merupakan konsep yang menghargai ruang. Oleh karena itu, konsep ini mengutamakan space dibandingkan dengan detail untuk keindahan. Penggabungan garasi dengan area lainnya di rumah tentu bisa menghemat ruang. Garasi adalah elemen rumah yang tak kalah penting. Jika kamu memiliki rumah dengan garasi yang luas, kamu bisa coba untuk menggabungkannya dengan area gym atau area lainnya yang cocok.

Fasad Rumah Minimalis Dengan Material Kayu

fasar-rumah-minimalis-berbahan-kayu.png

Fasad rumah gaya minimalis dengan aksen kayu seringkali kita jumpai dengan mudah saat ini. Jika kamu bosan dengan perpaduan warna yang monoton, kamu bisa mencoba fasad rumah jenis ini.

Penggunaan aksen kayu yang cenderung berwarna kontras dengan palet warna konsep minimalis bisa membuat rumah menjadi lebih berwarna. Beberapa jenis kayu yang sering digunakan dalam desain fasad rumah adalah jati, pinus, dan kayu ek. Selain menimbulkan kesan sederhana, aksen kayu juga bisa memunculkan nilai modern dan alami dari tempat tinggal kamu. Dapatkan Desain Rumah Minimalis Terbaik di Mitraruma

Nah, ternyata fasad rumah bisa memberikan kesan yang berbeda kan pada rumahmu. Fasad mana yang jadi favoritmu? Yuk, temukan juga artikel menarik lainnya di Mitraruma! Disini kamu bisa menentukan berbagai macam furniture hingga dekorasi yang akan membuat rumahmu lebih nyaman. Tim Mitraruma tentu akan membantu Anda untuk memiliki rumah idaman yang menarik dan nyaman. Tertarik? Hubungi customer service Mitraruma sekarang juga!

More content