no-script 10 Desain Tangga Rumah Unik, Buat Hunian Semakin Estetik! | Mitraruma

10 Desain Tangga Rumah Unik, Buat Hunian Semakin Estetik!

Apakah kamu sedang berencana merenovasi rumah atau membeli rumah bertingkat? Jangan lupa memperhatikan pemilihan jenis dan desain tangga rumah, ya! Tangga adalah salah satu bagian yang sangat penting dari keseluruhan elemen desain interior.

Nah, buat kamu yang tinggal di rumah bertingkat, fungsi utama tangga bukan saja sebagai penghubung dari lantai dasar dengan lantai atas, tetapi juga banyak berpengaruh pada estetika rumah secara keseluruhan. Pastinya kamu tak ingin kan jika rumahmu terkesan monoton?

Kabar baiknya, sekarang sudah tersedia berbagai macam desain tangga rumah yang bisa kamu pilih, lho. Namun, untuk memaksimalkan penampilan tangga, kamu harus menyesuaikannya dengan tipe atau gaya perumahan yang kamu tempati. Yuk, simak beberapa inspirasi desain berikut ini!

1. Tangga Kayu Trippy

Artikel 30 - 2.png

Baru dengar desain yang satu ini? Ya, desain kayu trippy bisa dibilang sangatlah unik dan masih jarang dipakai. Jika biasanya desain tangga yang menggunakan material kayu semua terbilang kaku, nah tangga trippy akan menggunakan efek visual dengan hasil dari ornamen pada desain tangga kayu tersebut menyerupai efek halusinasi saat melihatnya.

2. Tangga Kayu Zig-zag

Artikel 30 - 3.png

Bosan dengan tangga kayu yang hanya lurus atau spiral? Desain zig-zag tangga di rumahmu akan membuat tampilan rumah menjadi lebih kekinian. Tanggal model ini sangat unik karena anak tangganya dibuat dengan posisi selang-seling untuk pijakan kaki kanan dan kiri.

3. Floating Stairs

Artikel 30 - 4.png

Tangga yang satu ini sering juga disebut cantilever stairs. Nah untuk desainnya sendiri, tangga pada floating stairs menggunakan konsep ilusi agar anak tangga seolah-olah seperti melayang. Terdiri dari balok-balok yang disusun layaknya tangga dan diberi penahan pada sisi bawah sisi-sisinya.

Perlu diperhatikan ya, bahwa desain tangga rumah yang satu ini kurang ramah anak. Hal itu karena terkadang, desain floating stairs tidak menggunakan handrailing. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk membangun rumah dengan floating stairs, kamu sebaiknya melihat kebutuhan keluarga.

Namun, jika kamu tetap menginginkan desain yang satu ini, kamu bisa memilih jalan alternatif. Kamu bisa memasang kaca menyerupai dinding parapet tambahan di sisi tangga. Kaca tetap memberikan efek melayang, tetapi lebih aman karena tangga tidak terbuka secara lebar. Nah, ide bagus bukan?

4. Tangga Spiral Retro

Artikel 30 - 5.png

Desain tangga spiral bisa menjadi inspirasi jenis tangga yang memiliki rumah bergaya klasik atau desain interior dengan gaya Eropa. Penggunaan tangga ini akan memberi kesan seolah-olah berada di tahun 70an atau yang biasa disebut retro.

Saat membuat tangga spiral, perhatikan pula railing yang kamu gunakan. Handrailing setidaknya menyesuaikan desain pada tangga sehingga akan tampak seperti satu kesatuan.

5. Tangga Cubism

Artikel 30 - 6.png

Bentuk tangga yang satu ini juga cukup unik, lho. Adanya kubus-kubus ‘rahasia’ pada setiap bagian sudutnya akan menampilkan kesan anti mainstream. Kamu bisa memadukan warna kayu yang coklat terang dan rangka yang minimalis jika ingin mengaplikasikannya.

6. Tangga dengan Dinding Parapet

Artikel 30 - 7.png

Desain tangga rumah tidak hanya anak tangga saja, tetapi juga adanya dinding parapet atau dinding tambahan sebagai pembatas tangga. Apabila ada anak kecil atau orang tua lanjut usia di rumah kamu, dinding parapet sangat membantu agar tangga lebih aman.

Dinding parapet juga membentuk batasan privasi, terutama jika letak tangga dekat dengan ruang tamu. Gunakan dinding parapet yang terbuat dari kayu berongga, kayu bercelah celah, serta kaca bening apabila kamu tidak ingin terlalu tertutup.

7. Tangga Kayu dengan Perosotan

Artikel 30 - 8.png

Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa membayangkan bukan, bagaimana uniknya desain yang satu ini? Desain tangga yang satu ini selain menambah kesan estetik juga bisa banget digunakan untuk anak-anak bermain.

Jadi, tidak perlu jauh-jauh pergi ke taman bermain, cukup temani sang buah hati bermain perosotan melalui railing ini. Kamu pun bisa mencobanya, karena selain menghemat waktu, turun melalui perosotan juga pasti menyenangkan.

8. Tangga Warna-Warni

Artikel 30 - 9.png

Siapa bilang tangga minimalis harus selalu polos dan monoton? Kamu tetap bisa punya tangga minimalis dengan gaya pelangi yang cheerful.

Desain tangga ini sangat menarik karena pemilihan warnanya yang terang dan berani. Warna-warna yang digunakan juga sangat eye-catching, walaupun bentuknya sederhana saja tanpa banyak ornamen. Ditambah dengan pegangan tangga berupa tali tambang berwarna putih yang dikaitkan secara strategis, jadilah sebuah tangga pelangi yang keren.

9. Tangga Emmental

Artikel 30 - 10.png

Untuk kamu yang memiliki kreativitas dan jiwa seni yang tinggi, desain tangga ini wajib banget kamu coba! Kamu bisa memaksimalkan pegangan tangga kemudian memberikan motif unik seperti bulatan-bulatan simetris yang bisa berfungsi menjadi pegangan. Selain menonjolkan kesan berbeda, desain yang satu ini juga memiliki nilai estetik yang membuatmu nyaman di rumah.

10. Tangga Multifungsi

Artikel 30 - 11.png

Selain berfungsi sebagai penghubungan dari lantai satu dengan lantai lainnya, tangga juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan, lho. Apalagi, untuk kamu yang memiliki hunian dengan luas yang terbatas, furniture multifungsi akan sangat berguna karena bisa membuat ruangan tampak lebih luas.

Kamu bisa memanfaatkan anak tangga sebagai loker untuk penyimpanan barang-barang. Di bawah tangga juga bisa dimanfaatkan untuk ruangan kecil, seperti gudang maupun lemari. Kreasikan pula bawah tangga sebagai tempat bersantai dilengkapi dengan sofa serta rak buku.

Wah, sangat unik sekali ya desain-desain tangga di atas? Desain-desain tersebut akan membuat rumahmu terlihat sangat unik dan juga memiliki nilai estetiknya tersendiri, lho. Tentu kamu sudah tidak sabar kan mendengar pujian setiap orang yang mampir ke rumahmu?

Ingat ya, kamu juga harus menyesuaikan desain tangga rumah dengan konsep interior yang ada di rumahmu! Pastikan jenis tangga yang kamu pilih juga space-saving supaya area di bagian bawahnya tidak tampak sesak.

Jika kamu masih bingung dan ragu untuk menentukannya, kamu bisa banget lho menghubungi Mitraruma atau bisa juga WhatsApp kesini. Kami juga menyediakan layanan konsultasi daring yang bisa kamu manfaatkan. Jangan ragu lagi, ayo hubungi kami sekarang juga dan wujudkan hunian impianmu!

More content