no-script Intip Desain Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit Berikut Ini | Mitraruma
Mitraruma

Intip Desain Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit Berikut Ini

Artboard 1.png

Taman depan rumah minimalis lahan sempit memerlukan kreatifitas agar bisa diwujudkan. Anda harus cermat dalam memilih tanaman, serta dekorasi pendukung lainnya. Jika tidak tepat, rumah Anda bukannya terlihat asri tapi malah terasa sesak.

Salah satu organisasi penelitian di Australia, yaitu CSIRO (Sustainable Ecosystem Canberra), melakukan penelitian mengenai ruang terbuka hijau. Hasilnya, dari 472 penduduk ditemukan fakta bahwa 93% orang senang tinggal di dekat lingkungan alami dan 86% biasa menggunakan ruang terbuka berupa taman kota.

Kehadiran taman di rumah sebagai ruang terbuka hijau sudah seharusnya membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk dan asri. Tak hanya itu, keberadaan taman juga dapat menambah nilai estetik rumah Anda. Beragam desain kian inspiratif. Nah daripada Anda bingung, langsung disimak saja yuk desain-desain inspiratif berikut ini!

Pengertian Taman

Artboard 2.png

Menurut Djamal (2005), taman merupakan sebidang tanah terbuka yang memiliki luas tertentu dan di dalamnya ditanam pepohonan, perdu, semak dan rerumputan yang dapat dikombinasikan dengan kreasi dari bahan lainnya. Umumnya dipergunakan untuk olahraga, bersantai, bermain dan sebagainya.

10 Inspirasi Taman Depan Rumah

1. Area Hijau Depan Rumah

Artboard 3.png

Taman kecil yang asri ini merupakan tempat yang nyaman untuk dijadikan area bersantai, baik itu bersama keluarga maupun sanak saudara. Anda juga bisa sarapan pagi di area hijau yang pastinya terasa sejuk, karena adanya sejumlah tanaman hias outdoor. Wah, menyenangkan sekali ya sepertinya?

2. Taman Minimalis dengan Hammock untuk Bersantai

Artboard 4.png

Anda ingin menikmati kesejukan sambil merasakan sensasi seperti diayun? Nah, ini dia solusinya. Selain membuat area bersantai, Anda bisa menghadirkan hammock di area taman depan. Hammock juga menjadi solusi jika taman depan rumah Anda berukuran kecil dan memanjang. Dengan menghadirkan hammock di sana, area bersantai sederhana bisa Anda miliki.

3. Taman dari Rak

Artboard 5.png

Rak sederhana dapat dirancang ulang dengan memasukan beraneka ragam tanaman, termasuk pot yang tergantung dari batang dan diletakkan di atas rak tersebut. Selain hemat tempat, taman yang satu ini juga akan membuat tanaman Anda selalu rapi dan terjaga.

4. Living Wall

Artboard 6.png

Living wall atau taman vertikal ini merupakan sebuah solusi bagi Anda yang ingin memiliki taman, namun dengan area terbatas. Untuk membuat taman sederhana ini, Anda bisa menjadikan taman vertikal yang pastinya tak akan kalah cantik dari taman-taman dengan ukuran luas. Anda bisa menempatkan taman vertikal di dinding di berbagai sudut rumah Anda.

Dengan menggunakan taman vertikal, Anda juga akan menghemat tempat sehingga akan memudahkan Anda dalam mengatur desain di lahan sempit. Desain taman rumah sederhana dan cantik tidak sulit untuk diwujudkan jika Anda bisa memanfaatkan berbagai sudut rumah.

5. Taman Kaktus

Artboard 7.png

Buat Anda yang ingin punya taman namun malas mengurus tanaman tersebut, Anda bisa mempertimbangkan untuk menanam kaktus saja.

Kaktus menjadi salah satu tanaman hias yang digandrungi oleh banyak orang. Tumbuhan berduri ini tersedia dalam berbagai warna, bentuk, serta memiliki bunga kaktus yang cantik. Kaktus memiliki pertahanan hidup yang kuat. Kaktus tersebut bisa Anda tanam di tepian depan dinding rumah Anda. Sungguh menghemat tempat sekali, kan?

6. Taman Minimalis Depan Teras

Artboard 8.png

Lahan yang terbatas tidak lagi jadi penghalang untuk membuat taman rumah minimalis yang cantik. Anda bisa meletakan beberapa pot tanaman hias secara paralel atau digantung di teras rumah untuk memaksimalkan ruangan yang tersedia.

7. Taman Jalan Setapak

Artboard 9.png

Taman yang satu ini terlihat sangat manis dengan model rumah di baliknya. Tepat di depan rumah dibangun jalan setapak memanjang dengan taman batu kerikil di sampingnya. Taman kerikil ini juga hanya ditumbuhi sedikit tanaman saja.

Hal itu untuk menambah kesan minimalis dan juga space saving yang tidak terlalu banyak komponen atau tanaman. Selain di depan rumah, Anda juga bisa membuat taman mini di belakang rumah. Anda bisa memanfaatkan jalan setapak menuju tempat menjemur pakaian untuk memaksimalkan lahan.

8. Taman Kotak Minimalis

Artboard 10.png

Taman yang satu ini cukup sederhana. Bentuknya yang kecil dengan rumput jepang hijau tumbuh di atasnya. Kemudian, pada keempat sudut taman terdapat tanaman daun hijau yang ditata berbentuk kotak menggunakan pot semen minimalis. Sementara untuk bagian tengah, Anda bisa menambahkan pohon dengan ketinggian sedang yang akan menambah kesan asri ya!

9. Taman Minimalis dengan Kolam Ikan

Artboard 11.png

Taman dalam rumah mungil juga bisa dilengkapi dengan kolam ikan bernuansa alami, seperti pada gambar ini. Hadirnya kolam ikan minimalis, pastinya bikin area hijau di rumah Anda terasa semakin menarik dan asri.

Jenis ikan yang bisa Anda masukan ke dalam kolam adalah ikan koi, ikan kumpai, ikan platy swordtail, ikan palmas, ikan mas koki, dan berbagai jenis lainnya yang memang bisa hidup di kolam ikan terbuka.

10. Penggunaan Dekorasi Pot Gantung

Artboard 12.png

Penggunaan pot gantung bisa menjadi alternatif Anda yang memiliki hunian terbatas, namun tetap ingin berkreasi melalui tanaman. Anda bisa menggantungkan pot-pot tersebut di area depan rumah Anda, sehingga terciptalah taman depan rumah yang sederhana.

Untuk ukuran potnya, sebaiknya Anda memilih pot berukuran kecil dan rantai besi sebagai penggantungnya supaya pot-pot tersebut tidak mudah jatuh dan melukai penghuni rumah.

11. Memanfaatkan Pagar untuk Menanam Tanaman

Artboard 13.png

Bosan dengan model pagar yang monoton? Cobalah taman depan rumah yang satu ini! Selain bisa menghemat tempat, Anda juga bisa membuat pagar Anda menjadi lebih hidup dengan adanya tanaman vertikal garden atau tanaman hias yang berwarna-warni.

12. Taman Minimalis Batu Koral

Artboard 14.png

Untuk Anda yang memiliki banyak kegiatan dan jarang memiliki waktu untuk mengurus taman, desain taman minimalis di lahan sempit berikut ini bisa Anda coba. Jika umumnya taman menggunakan rumput, area bawah taman bisa Anda isi dengan batu koral.

Saat ini sudah banyak rumah berkonsep minimalis yang menerapkan desain taman minimalis di lahan sempit yang satu ini karena sangat mudah dalam perawatannya. Meski demikian, Anda bisa menambahkan beberapa dekorasi atau furniture pendukung seperti sofa untuk bersantai.

Tips Mendesain Taman Minimalis

Artboard 15.png

Taman depan rumah minimalis lahan sempit dapat tampil lebih menawan jika Anda memilih konsep minimalis untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mendesain. Berikut adalah beberapa tips dalam mendesain taman minimalis:

  • Menentukan dan mengukur lahan yang akan dibangun taman.
  • Tentukan konsep yang Anda inginkan.
  • Pilih elemen dan dekorasi yang akan dihadirkan.

Cara Merawat Taman Minimalis

Artboard 16.png

Pada dasarnya setiap taman memerlukan perawatan. Baik itu yang berukuran minimalis maupun taman dengan area yang luas. Nah berikut ini adalah beberapa poin penting untuk merawat taman Anda agar tetap terjaga dan cantik.

  • Melakukan penyiraman secara rutin.
  • Berikan pupuk.
  • Rutin memotong ranting dan daun.
  • Berikan obat pembasmi hama.

Tertarik Membuat Taman Minimalis, Namun Masih Bingung? Jangan Khawatir!

Memiliki hunian dengan lahan sempit seringkali membatasi penghuninya dalam membuat taman. Padahal jika mau menyiasatinya, tentu membuat taman depan rumah minimalis bisa Anda wujudkan.

Jika masih menemui kesulitan, Anda bisa menggunakan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bangunan. Mitraruma akan membantu Anda memaksimalkan budget dan lahan yang Anda miliki. Mitraruma juga menyediakan berbagai macam paket promo yang menarik lho!

Jika masih ragu, Anda bisa menonton beberapa video renovasi berikut ini untuk menambah referensi. Jangan khawatir akan menguras kantong ya, karena Mitraruma menyediakan berbagai macam produk dan bahan bangunan yang sangat terjangkau, dan tentunya berkualitas! Yuk, buat taman minimalis Anda sekarang juga!

More content