no-script Intip Desain dan Gaya Rumah Minimalis 2 Lantai, Keren dan Fungsional! | Mitraruma
Mitraruma

Intip Desain dan Gaya Rumah Minimalis 2 Lantai, Keren dan Fungsional!

Desain rumah minimalis lantai 2 yang akan dibahas di artikel kali ini bisa jadi referensi untuk Anda yang hendak membangun rumah. Terlebih, banyak keluarga baru yang menaruh minat terhadap rumah dengan gaya minimalis karena bisa memberikan kesan yang lebih luas.

Semakin bertambahnya anggota keluarga, ruang privasi pun menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan. Mengutip dari Bensonwood.com, memiliki rumah dengan 2 lantai akan dapat membantu memaksimalkan ruang pribadi.

Dengan memiliki rumah 2 lantai, Anda juga bisa sekaligus menghemat biaya pembangunan sampai mendapatkan pemandangan lebih baik dari tempat yang lebih tinggi, lho!

Keuntungan Punya Rumah Minimalis 2 Lantai

Artboard 2.png
Sebelum melihat-lihat inspirasi desain rumah minimalis lantai 2, ada baiknya mengenal berbagai keuntungannya terlebih dahulu. Sebab, selain yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada kelebihan lain yang penting diketahui.

Dengan menghuni rumah 2 lantai. Anda akan mempunyai area depan atau teras yang bisa menjadi tempat bersantai bersama keluarga. Hal ini karena ruang-ruang dibagi dalam 2 lantai sehingga ada banyak tempat luar ruangan untuk dipakai.

Dari segi interior, Anda juga makin bisa bereksperimen dengan berbagai tema dan ornamen. Dengan ide yang tepat, hunian juga berpotensi tampak lebih luas meskipun minimalis, lho. Jadi, akan sangat cocok untuk dihuni lebih banyak anggota keluarga.

Inspirasi Desain Rumah 2 Lantai untuk Berbagai Kebutuhan

Tentunya, perlu disesuaikan kembali desain rumah minimalis dengan kebutuhan dan jumlah anggota keluarga Anda. Berikut kami rangkum desain tersebut untuk 1, 3, hingga 5 kamar tidur!

- Untuk 1 Master Bedroom

Artboard 3.png
Meski bisa dihuni banyak orang, bukan berarti tidak boleh jika rumah 2 lantai hanya akan ditempati pasangan baru yang hanya memerlukan 1 tempat tidur dan banyak ruang santai hingga workspace.

Desain yang pas adalah mengutamakan 1 kamar tidur besar yang berada di salah satu lantai atau lantai 2, sedangkan sisanya difokuskan untuk ruang santai dan bekerja, ruang tamu, serta dapur di lantai 1.

- Untuk 3 Kamar Tidur

Artboard 4.png
Jika Anda memerlukan 3 kamar tidur, cobalah menggunakan desain di mana ketiga kamar tersebut diletakkan di lantai 2 hunian. Tak berbeda jauh dengan konsep untuk 1 kamar tidur di atas, lantai bawah difokuskan untuk ruang yang lebih luas.
Misalnya, Anda bisa fokus memfungsikan ruang makan dan dapur yang lebih luas jika paling suka memasak. Bahkan, masih akan ada sisa untuk ruang keluarga yang memadai untuk berkumpul bersama.

- Untuk 5 Kamar Tidur

Artboard 5.png
Nah, makin banyak yang diperlukan, Anda mesti makin cerdas mengatur ruang. Terlebih, jika masih diperlukan lahan yang luas untuk parkiran dua mobil.

Seperti ide sebelumnya, konsep ini banyak menggunakan lantai atas untuk 4 kamar. Sementara itu, 1 kamar lainnya dibangun di lantai dasar, bersama ruang tamu, meja makan, dapur, serta kamar mandi utama.

Hal ini membuat lantai bawah jadi lebih lowong dan ada ruang untuk digunakan sebagai parkiran di depan hunian.
Di lantai atas, Anda bisa membangun kamar-kamar dengan balkon serta kamar mandi. Meski lebih padat, konsep ini masih terbilang rapi, lho.

- Desain dengan Gudang dan Mushola

Artboard 6.png
Bagi Anda yang beragama Islam, salah satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan tentunya adalah ruang mushola pribadi di rumah. Pasalnya, ini akan berguna untuk membiasakan ibadah bersama dalam lingkungan keluarga.

Ditambah gudang, Anda masih bisa mengaturnya dalam desain rumah minimalis lantai 2. Kedua ruangan ini bisa diletakkan di lantai atas bersama kamar tidur kecil untuk Anak dan ruang jemur.

Sementara itu, lantai dasar difokuskan untuk dapur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi utama, bahkan taman dan teras. Menerapkan desain ini, Anda bisa memanfaatkan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan yang terjamin kualitasnya.

- Desain Rumah 2 Lantai dengan Kolam Renang

Artboard 7.png
Rumah minimalis 2 lantai bisa punya kolam renang pribadi? Tentu saja. Anda hanya perlu mengatur desainnya dengan cermat, seperti meletakkan kolam renang pribadi di lantai bawah dengan lantai atas yang lebih kecil sehingga tak menutupi kolam itu.

Posisi tepatnya, Anda bisa membangun kolam renang di belakang garasi rumah. Meski ukurannya tak terlalu besar, kolam ini masih sangat cukup untuk jadi sarana berkumpul keluarga yang menyenangkan dan bikin betah.

Selain kolam, lantai satu bisa dimanfaatkan untuk ruang makan, dapur, ruang keluarga yang cukup luas, ruang tamu, serta toilet.
Di lantai atas, Anda bisa membangun ruang tiga ruang kamar, yaitu dua kamar biasa dan satu master bedroom. Terlebih, bisa juga dibangun walk-in closet yang cukup besar, lho!

Gaya Rumah Minimalis Paling Cocok untuk 2 Lantai

Usai membahas desain yang cocok, saatnya beralih ke gaya. Sebenarnya, rumah dua lantai dengan nuansa tertentu tak harus memiliki luas yang besar. Terlebih, tentunya Anda akan mendahulukan fungsionalitas dan kemampuannya menaungi banyak orang.

Kira-kira, nuansa seperti apa yang tepat dipakai untuk rumah minimalis 2 lantai? Berikut rekomendasinya!

1. Terbuka

Artboard 8.png
Rumah minimalis pastinya akan tampak sumpek jika tak dicermati desainnya. Nah, gaya terbuka akan jadi kebalikannya, alias membuat rumah minimalis terlihat luas dan banyak terpapar cahaya matahari.

Gaya ini bisa diterapkan pada desain sekaligus interior yang digunakan. Caranya, gunakanlah banyak jendela dengan warna netral seperti putih - krem. Nuansa natural dari luar pun akan masuk ke dalam rumah dan membuat hunian kesayangan jadi tampak luas.

2. Klasik yang Menawan

Artboard 9.png
Desain rumah minimalis lantai 2 juga bisa menggunakan nuansa klasik seperti dalam dongeng. Meski identik dengan rumah super luas dan lebar, bukan berarti Anda tak bisa mencoba gaya ini di hunian minimalis.

Anda bisa menggunakan pintu, balkon, hingga lampu bernuansa klasik dengan banyak tanaman dan batu alam pada eksterior rumah.

3. Dengan Sentuhan Kekinian

Artboard 10.png
Jadi yang paling update, cobalah gaya rumah minimalis yang kekinian dengan instalasi interior dan eksterior kekinian bernuansa kontemporer. Misalnya, gunakanlah warna cat putih dan abu-abu. Tambahkan juga lantai yang berbeda dari sekadar kotak polos.

Anda bisa memanfaatkan Promo Bulanan Mitraruma untuk merenovasi rumah dan menambahkan lantai, kanopi, hingga batu alam.

4. Futuristik

Artboard 11.png
Melangkah sedikit lebih jauh dari masa kini, Anda bisa menerapkan gaya futuristik di rumah minimalis. Dengan begitu, hunian dengan lahan terbatas pun akan tampak lebih keren dengan sentuhan struktur simetris tegas serta material yang mengkilap seperti baja.

Wujudkan Desain Rumah Minimalis Lantai 2

Memiliki rumah minimalis 2 lantai pastinya akan terasa nyaman dan menyenangkan apalagi jika rumah yang Anda bangun menggunakan desain-desain yang unik dan menyegarkan mata.

Temukan berbagai inspirasi desain rumah kekinian lainnya di Mitraruma! Mitraruma juga menyediakan jasa renovasi rumah terpercaya untuk tipe hunian impian Anda! Yuk, segera jadi anggota Mitraruma dan dapatkan berbagai bonus serta promonya!

More content