no-script 8 Inspirasi Desain Ruang Laundry Sederhana | Mitraruma

8 Inspirasi Desain Ruang Laundry Sederhana

Desain ruang laundry yang sederhana tentunya menjadi pilihan Anda yang memiliki hunian dengan area yang terbatas atau mungkin menyukai konsep minimalis. Meskipun sederhana, Anda bisa menyulap ruang laundry Anda tetap eye catching dan tidak membosankan. Yuk, simak beberapa inspirasinya berikut ini!

Apa Itu Ruang Laundry?

Laundry room di Indonesia sering disebut juga tempat cucian. Tempat atau ruangan ini merupakan bagian esensial yang sudah seharusnya ada di rumah. Laundry room adalah area yang memiliki fungsi untuk meletakkan pakaian kotor dan mencuci pakaian. Ruang laundry juga seringkali dipakai untuk menyetrika.

Apa Saja yang Ada di Ruang Laundry?

1. Mesin Cuci

Mesin cuci biasanya terdiri atas beberapa macam. Ada mesin cuci dengan bukaan depan dan mesin cuci bukaan atas. Mesin cuci juga ada yang memiliki satu atau dua tabung. Jenis bukaan mesin cuci memiliki pengaruh pada desain, misal dalam melayout ruangan atau menentukan sirkulasi di dalam ruang laundry. Mesin cuci juga membutuhkan aliran air bersih dan jalur air pembuangan sehingga peletakannya haruslah dipikirkan dengan seksama.

2. Mesin Pengering

Jika memiliki mesin pengering yang terpisah dari mesin cuci, peletakannya juga membutuhkan jalur air pembuangan. Letakkan mesin pengering berdekatan dengan mesin cuci sehingga memudahkan untuk memindahkan cucian.

3. Area Cuci Basah

Terkadang ada cucian yang tidak dapat dimasukkan ke mesin cuci seperti pakaian bayi dan lain-lain.

4. Area Menjemur

Area ini biasanya diletakkan di ruangan yang terbuka, sehingga memudahkan sinar matahari masuk. Mengeringkan pakaian dengan sinar matahari jauh lebih sehat dibanding dengan menggunakan mesin pengering.

5. Area Menyetrika

Setelah pakaian kering, hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menyetrikanya agar tidak lecek dan menjadi halus. Umumnya, pada area ini terdapat meja setrika, stop kontak listrik untuk setrika, tempat meletakkan pakaian yang telah disetrika, dan tempat menyimpan benda seperti pengharum pakaian.

8 Inspirasi Desain Ruang Laundry Sederhana

1. Ruang Laundry dalam Lemari

Artboard 2.png

Sekilas desain yang satu ini memang terdengar mengherankan. Namun, tahukah Anda? Desain ruang laundry seperti ini sekarang banyak juga diterapkan oleh orang-orang. Selain karena space saving, desain yang satu ini juga terlihat unik ya tentunya.

2. Ruang Laundry Sekaligus Kamar Mandi

Artboard 3.png

Dari namanya saja Anda pasti sudah bisa menebak bagaimana desain ruang laundry yang satu ini. Membuat satu ruangan menjadi multifungsi tentunya dapat menghemat lahan yang ada, apalagi jika Anda tinggal di hunian seperti apartemen.

3. Ruang Laundry Samping Dapur

Artboard 4.png

Cukup dengan menyediakan sedikit area kosong di dapur untuk menempatkan mesin cuci. Maka Anda sudah mendapat area laundry yang dapat meningkatkan efektivitas pekerjaan rumah tangga harian.

4. Ruang Laundry Beraksen Kayu

Artboard 5.png

Penggunaan aksen kayu untuk suatu bangunan memang tidak pernah mengecewakan. Selain menimbulkan kesan lebih alami dan natural, juga memiliki nilai estetika tersendiri bagi ruangan tersebut.

5. Ruang Laundry dalam Box Kaca

Artboard 6.png

Anda bisa membuat desain ruang laundry yang sederhana namun tetap terkesan modern dengan desain yang satu ini. Anda tidak perlu menambahkan gorden untuk ini, cukup gunakan pintu kaca geser saja agar lebih terlihat simpel.

6. Ruang Laundry di Teras Samping

Artboard 7.png

Untuk Anda yang tinggal di apartemen, Anda dapat memanfaatkan area kosong di teras samping ataupun teras kamar untuk meletakkan mesin cuci. Jangan lupa memasang dinding pembatas dari kaca untuk menghalau hujan dan angin.

7. Ruang Laundry Bernuansa Pastel

Artboard 8.png

Warna pastel memang tengah populer saat ini. Warnanya yang cerah dan kental akan nuansa feminim banyak dipilih oleh kaum wanita, termasuk dalam hal konsep ruangan.

Pemilihan warna pastel untuk ruang laundry akan memberikan efek psikologis yang membawa keceriaan sekaligus ketenangan bagi para penghuninya.

8. Ruang Laundry Menghadap ke Taman

Artboard 9.png

Menunggu cucian yang sedang digiling oleh mesin cuci memang terkadang terasa sangat membosankan. Nah, dengan desain yang satu ini Anda tak perlu takut bosan.

Saat menunggu cucian selesai digiling, Anda bisa sambil memandangi taman yang hijau dan asri. Anda juga bisa meletakkan kursi kecil untuk Anda bersantai sejenak sembari minum teh.

Desain-desain di atas sangat menarik sekali bukan? Nah, jika Anda ingin mewujudkannya, caranya mudah banget lho! Mitraruma hadir untuk menjadi mitra seumur hidup untuk rumah Anda dengan menyediakan produk dan layanan berkualitas terbaik.

Jangan khawatir, kami telah berkolaborasi dengan berbagai profesional yang mendukung kami untuk menyediakan produk dan layanan terbaik untuk Anda. Tak hanya itu, Anda juga bisa lho customize furniture disini.

Anda juga bisa bergabung dan mendaftar member untuk mendapatkan berbagai keuntungan, lho. Poin yang Anda dapatkan setiap habis berbelanja, nantinya bisa Anda tukarkan dengan berbagai hadiah yang telah kami sediakan. Menarik sekali, kan? Yuk, belanja di Mitraruma sekarang!

More content