no-script Desain Restoran Industrial dengan Konsep yang Unik | Mitraruma

Desain Restoran Industrial dengan Konsep yang Unik

Artboard 1.png
Desain restoran ala industrial dewasa ini banyak dipakai pengusaha untuk menarik perhatian pelanggan. Meski begitu, tak jarang konsep yang digunakan tak tepat sehingga memberikan kesan “jomplang” pada interior restoran.

Nah, apa saja, sih, yang harus diperhatikan untuk menerapkan konsep restoran industrial secara utuh?

Trik Dekorasi Konsep Industrial pada Restoran

Mengusung konsep industrial benar-benar harus diperhatikan dari berbagai sisi. Sebab, meski konsep industrial terkesan “mentah”, jika desainnya dibuat serampangan, maka bisa terlihat berantakan dan tak berkesan sama sekali.

Oh iya, konsep industrial ini juga bisa digunakan untuk kafe, lho. Yuk, simak triknya di bawah!

Bernuansa Abu-Abu

Artboard 2.png
Dalam konsep industrial, warna yang paling umum digunakan adalah abu-abu. Sebab, warna ini cocok menggambarkan konsep raw pada desain industrial. Mulai dari furnitur hingga material beton yang dibiarkan terekspos.

Tempat duduknya pun cocok menggunakan sofa empuk atau kursi berwarna senada. Kamu juga bisa membiarkan permukaan dinding seolah-olah tak sempat diselesaikan. Jangan lupakan juga lampu gantung khas industrial berukuran besar di langit-langit restoran.

Campur dengan Konsep Minimalis

Artboard 3.png
Tak cuma konsep industrial sederhana, kamu juga bisa menggabungkannya dengan desain minimalis. Dengan konsep ini, restoran kamu akan menonjolkan sisi nyaman sekaligus sederhana.

Desain resto-mu juga bisa dibuat lebih cerah dengan konsep gabungan ini. Gunakan warna yang lebih cerah, seperti putih dan coklat. Pada bagian lantai, hias sebagian menggunakan keramik putih berbentuk segi enam, sisanya biarkan menjadi lantai semen.

Gunakan Tembok Bata yang Terekspos

Artboard 4.png
Tak hanya sampai lantai semen dan beton yang diekspos, kamu juga bisa menggunakan tembok bata yang sepenuhnya terlihat tanpa semen. Bisa juga kamu hias dengan cat putih agar sedikit tampak lebih rapi.

Tutup plafon dengan tiang-tiang kayu berwarna natural. Suasananya akan menjadi cukup nyaman dan hangat. Bisa juga, lho, kamu tambahkan jendela berukuran besar. Ini akan membantu menghasilkan pencahayaan terbaik buat para selebgram!

Pakai Konsep Aksen Besi

Artboard 5.png
Sudah pernah liat restoran dengan aksen khas besi? Kalau belum, kamu bisa coba buat sendiri! Konsep ini akan menghadirkan kesan industrial yang lebih kental pada restoranmu. Gunakan kerangka besi pada kursi, kaki meja, tiang lampu, dan teralis besi.

Coba juga biarkan bagian dinding dan lantai tampil dingin dengan lapisan beton. Jangan lupa, gunakan plafon kayu jika meja restoranmu menggunakan permukaan kayu, agar serasi.

Industrial Sekaligus Asri

Artboard 6.png
Konsep restoran industrial juga bisa dikombinasikan dengan nuansa asri, lho. Terutama di luar ruangan. Gunakan meja panjang yang biasa menjadi spot nongkrong yang asik bagi anak-anak muda.

Di sekitar pintu, letakkan elemen tanaman untuk menambah kesan hijau. Gantungkan juga lampu bernuansa jadul yang akan tampak vintage banget! Konsep ini akan tampak seimbang dengan aksen industrial sekaligus alami yang menyatu dengan alam.

Dijamin, nuansanya mirip seperti resto atau kafe-kafe pinggir kota yang tampak unik tetapi tak murahan.

Elemen yang perlu Diperhatikan

Artboard 7.png
Nah, untuk menerapkan ide-ide di atas, terdapat beberapa elemen yang mesti kamu perhatikan untuk dibuat bergaya industrial. Bagian-bagian itu, termasuk dinding, lantai, plafon, hingga furnitur. Perhatikan ulasan inspiratif di bawah ini agar paham, ya.

1. Dekorasi Dinding

Gunakan material bata pada sebagian dinding dan kaca pada sisi lainnya. Cara ini bisa memaksimalkan cahaya alami dari matahari saat siang hari dan memperluas pandangan pengunjung akan pemandangan luar di malam hari.

2. Lantai

Kamu bisa menggunakan lantai semen untuk menambah kesan “mentahan” di restoranmu. Dengan begitu, ruangan juga makin terasa klasik tetapi tetap elegan. Biayanya juga lebih terjangkau karena tidak perlu ada keramik tambahan.

3. Jenis Plafon

Langit-langit pada restoran industrial biasanya tampil terbuka tanpa penutup mendatar seperti langit-langit pada umumnya. Tak jarang juga pemilik restoran menggunakan saluran kabel-kabel dan pipa yang berada di langit-langit sebagai hiasan.

4. Furnitur

Furnitur yang digunakan pun harus bernuansa industrial. Misalnya seperti kursi besi atau sofa berwarna abu-abu yang nyaman untuk pelanggan.

Tertarik dengan Konsep Industrial?

Jika kamu tertarik dengan konsep industrial, kamu bisa menggunakan furnitur dan material bangunan dari Mitraruma. Harganya terjangkau dan desainnya beragam!

More content