no-script 15 Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Sempit, Dijamin Space Saving! | Mitraruma

15 Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Sempit, Dijamin Space Saving!

Artboard 35.png

Desain lemari pakaian untuk kamar sempit pastinya memerlukan pertimbangan khusus agar tidak salah. Lemari pakaian termasuk kedalam furniture yang cukup memakan ruang. Jika tak berhati-hati, bukan tidak mungkin kamar Anda akan terasa semakin sempit.

Penyebutan furniture muncul sejak tahun 1520. Kata furniture berasal dari Eropa atau tepatnya dari negara Prancis yaitu, Fourniture. Fourniture memiliki arti perabot rumah atau ruangan. Lemari, meja, tempat tidur, dan kursi termasuk di dalamnya.

Kamar tidur dengan area terbatas bisa Anda siasati dengan penggunaan desain yang space saving. Karena jika area kamar sempit pastinya Anda tak akan betah berlama-lama berada di dalamnya. Berikut adalah beberapa desain yang dapat menjadi referensi model desain lemari pakaian Anda di kamar tidur!

1. Bed with Storage

Artboard 36.png

Desain lemari pakaian untuk kamar sempit yang pertama yaitu, bed with storage. Desain ini cocok untuk Anda yang memiliki area kamar tidur terbatas. Dengan adanya storage bed, Anda tidak lagi memerlukan lemari tinggi dalam kamar.

Bed with storage dapat digunakan sebagai kasur dan juga tempat penyimpanan barang-barang di rumah Anda. Tidak perlu membuang space rumah anda untuk penyimpanan, cukup gunakan bed with storage. Dijamin, kamar akan terlihat semakin rapi dan luas.

2. Lemari Terbuka (Open Wardrobe)

Artboard 37.png

Untuk Anda yang menginginkan model lemari unik, maka model yang satu ini patut Anda coba. Dengan model lemari yang terbuka alias tanpa pintu tentunya akan menghemat tempat. Sangat cocok digunakan untuk kamar Anda yang sempit.

Tak hanya itu, lemari terbuka ini memungkinkan Anda untuk memajang pakaian terbaik Anda. Selain pakaian Anda juga bisa meletakkan tas atau sepatu koleksi kesayangan Anda.

Namun perlu diingat ya, Anda harus selalu menjaga kerapihannya. Tentunya Anda tak ingin kan jika kamar Anda terlihat berantakan karena pakaian yang tidak ditata dengan baik?

3. Lemari Menyatu dengan Headboard Tempat Tidur

Artboard 38.png

Desain lemari pakaian untuk kamar sempit yang satu ini akan membuat perabot serta pakaian Anda menjadi lebih rapi. Anda bisa memanfaatkan setiap jengkal kamar dengan menggunakan lemari multifungsi yang menyatu dengan headboard kasur.

Selain menghemat tempat, lemari yang satu ini juga akan membuat kamar Anda menjadi lebih estetik lho! Sangat menarik dan multifungsi sekali, bukan?

4. Lemari dengan Aksen Cermin

Artboard 39.png

Anda tahu nggak sih, jika cermin bisa membuat ilusi ruangan terkesan lebih luas lho! Eits, tapi jangan sembarangan ya dalam memilihnya. Anda tetap harus memperhatikan ukuran cermin dengan ruangan kamar Anda. Ukuran cermin yang ideal untuk memberikan kesan luas adalah sebesar tiga per empat dari luas bidang lemari tempat cermin dipasang.

Nah, untuk menyesuaikan kebutuhan Anda, Mitraruma dapat membantu Anda dalam menyediakan jasa custom lemari. Sehingga ukuran, bentuk hingga estetika ruangan dan bangunan dapat disesuaikan. Kelebihan dari lemari aksen cermin ini, Anda tidak perlu membeli cermin terpisah. Lebih multifungsi, bukan?

5. Lemari dengan Tirai

Artboard 40.png

Penggunaan tirai bisa menjadi alternatif saat Anda enggan menggunakan pintu, namun tetap ingin pakaian Anda terhindar dari debu maupun kotoran. Beragam motif dan warna tirai akan membuat kamu menjadi lebih bebas untuk berkreasi sesuai dengan keinginan.

Untuk ruangan yang terkesan lebih luas, Anda sebaiknya tidak menggunakan tirai dengan corak yang terlalu mencolok. Hal ini untuk memberikan kesan luas pada kamar. Perlu diingat ya, lemari dengan tirai bisa saja terlihat berantakan jika Anda tidak apik dalam menyusun pakaian.

6. Lemari dengan Sliding Door

Artboard 41.png

Penggunaan pintu geser atau sliding door memang tengah naik daun. Hal ini karena modelnya yang menciptakan kesan modern juga menghemat ruang. Konsep ini cocok digunakan untuk Anda memiliki ukuran kamar yang tidak terlalu besar.

Lemari pakaian dengan pintu geser tidak akan membuat kamar Anda terasa sempit ketika sedang terbuka. Apabila Anda ingin mendapatkan keuntungan lebih, sebaiknya pilih lemari pintu geser yang sudah dilengkapi dengan cermin yang bisa Anda gunakan untuk melakukan mix and match pakaian.

7. Lemari Sudut

Artboard 42.png

Salah satu cara untuk menyiasati ruangan yang sempit adalah dengan memanfaatkan sudut ruangan. Sudut banyak dijadikan pilihan karena bisa memanfaatkan dua sisi dinding sekaligus. Lemari pakaian sudut adalah contoh apik bagaimana desainer memanfaatkan ruang seminimal mungkin untuk meletakkan lemari pakaian di dalam kamar.

8. Lemari Vertikal

Artboard 43.png

Jika Anda memiliki kamar yang sempit, tentunya Anda harus menghindari penggunaan furniture ataupun dekorasi yang bentuknya horizontal. Hal ini tentu saja untuk menciptakan kesan yang lebih luas pada ruangan.

Pilihlah desain lemari pakaian yang tipis dan tidak terlalu lebar, namun tinggi dari lantai hingga ke langit-langit. Dengan lemari ini Anda tetap bisa menyimpan banyak koleksi pakaian tanpa harus membuat kamar terasa sempit.

9. Lemari dengan Konsep Klasik

Artboard 44.png

Buat Anda yang menginginkan lemari pakaian dengan konsep sederhana namun tetap elegan, cobalah lemari dengan palet warna gelap yang satu ini. Pemilihan warna hitam bisa Anda gunakan jika ingin menghindari kesan kotor saat lemari sudah lama digunakan.

10. Lemari dengan Rak dan Gantungan

Artboard 45.png

Desain lemari pakaian untuk kamar yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat budget. Dengan mencoba berkreasi menggunakan rak dan gantungan baju, Anda bisa menciptakan lemari yang simpel dan unik.

Untuk membuat desain lemari pakaian seperti ini juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu membeli rak, tempat gantungan baju, dan kotak-kotak penyimpanan. Tampilan dari pakaian yang menggantung dengan teratur juga sekaligus dapat menjadi elemen dekorasi untuk kamar tidur Anda.

11. Lemari dengan Warna Terang

Artboard 46.png

Penggunaan warna terang seperti putih dan warna-warna pastel dapat memantulkan cahaya pada ruangan. Selain membuat ruangan lebih terang, warna tersebut juga bisa menciptakan kesan menyejukkan dan kesan ruangan lebih luas.

12. Lemari Multifungsi

Artboard 47.png

Lemari yang satu ini tak hanya bisa dijadikan tempat untuk menyimpan pakaian. Anda juga bisa menggunakannya untuk memajang koleksi miniatur kesayangan Anda. Dengan begitu akan menghemat tempat dan koleksi Anda dapat terjaga dan tertata dengan rapi.

13. Lemari Minimalis 1 Pintu

Artboard 48.png

Lemari pakaian minimalis 1 pintu tentu akan sangat menghemat tempat. Ukurannya yang jauh lebih kecil dari desain lemari lainnya sangat cocok untuk Anda yang memiliki kamar sempit. Untuk itu penting bagi Anda menyortir pakaian yang akan Anda simpan agar tidak kepenuhan dan berantakan.

14. Lemari Kain

Artboard 49.png

Lemari pakaian yang satu ini terbilang sangat berbeda dibanding model lemari yang telah dijelaskan sebelumnya. Bukan dari segi desain, melainkan material pembuatnya. Lemari yang satu ini terbuat dari bahan kain dengan resleting di tengahnya.

Desain lemari pakaian ini juga terbilang portable alias mudah untuk dibongkar pasang. Ragam warna dan motif yang ditawarkan pun sangat bervariasi. Karakter tokoh animasi seringkali menghiasi lemari yang satu ini.

15. Lemari Tanam yang Unik

Artboard 50.png

Desain lemari pakaian untuk kamar sempit yang terakhir adalah desain tanam (built-in storage). Tak hanya membuat kamar Anda terlihat modern, namun juga luas. Hal ini karena lemari tanam akan menyesuaikan kedalaman dengan dinding kamar.

Penasaran dan Ingin Mencoba? Simak Tips Berikut!

Artboard 51.png

1. Lakukan Pengukuran

Dalam melakukan pemasangan lemari tanam, ada baiknya Anda menggunakan tenaga ahli atau tukang. Hal ini tentunya untuk membuat pengukuran menjadi lebih tepat dan akurat.

2. Perhatikan Tinggi Rak atau Ambalan

Posisikan tinggi antar rak atau ambalan sesuai kebutuhan Anda dan infokan kepada pembuatnya agar menggunakan pin khusus ambalan serta tidak mematikan ambalan pada posisi tertentu. Hal ini bertujuan agar suatu saat rak atau ambalan dapat Anda rubah tinggi-rendahnya sesuai keinginan.

Nah untuk membuat lemari yang lebih space saving dan multifungsi, jangan lupa membuat laci di dalamnya untuk menyimpan pakaian dan barang-barang berharga.

3. Perhatikan Penggunaan Pintu dan Cermin

Meskipun desainnya yang tertanam dalam dinding, bukan berarti Anda tidak bisa menambahkan ornamen pendukung seperti kaca. Anda bisa menambahkan kaca pada pintu lemari untuk membuat ruangan terkesan lebih luas.

Untuk pemilihan pintunya sendiri Anda bisa menggunakan model pintu geser atau sliding untuk memudahkan Anda dalam membuka lemari. Namun perlu diingat ya, Anda harus memilih pintu sliding dengan material yang terjamin agar pintu bisa lebih awet dan tidak mudah rusak.

4. Gunakan Lighting

Karena letaknya yang tertanam dalam dinding, tentu akan membuat lemari dengan model ini menjadi lebih minim penerangan. Akibatnya, Anda bisa saja kesulitan saat akan memilih pakaian yang akan Anda kenakan.

Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda menambahkan sedikit lighting pada bagian-bagian dengan kompartemen yang besar seperti tempat gantungan baju atau rak tertentu dengan ukuran yang cukup besar.

Tips Memilih Lemari Pakaian yang Tepat

  • Menyesuaikan ukuran lemari dengan ukuran area kamar.
  • Sesuaikan ukuran lemari dengan jumlah penghuni kamar.
  • Perhatikan keserasian antara lemari dengan konsep kamar yang Anda usung.
  • Manfaatkan ruang vertikal.
  • Perhatikan dinding kamar untuk memaksimalkan fungsi lemari pakaian.
  • Sesuaikan lemari dengan bentuk kamar.
  • Perhatikan pemilihan warna.
  • Perhatikan material lemari pakaian.

Bingung Menentukan Desain Lemari Pakaian yang Tepat?

Desain lemari pakaian untuk kamar sempit memang dibutuhkan keahlian dalam melihat susunan ruangan. Jika tidak, kehadiran seluruh furniture di dalamnya justru akan membuat kamar Anda terlihat sempit. Nah, sama halnya dengan bentuk hingga pemilihan warna lemari yang juga patut dipertimbangkan, ya!

Mitraruma adalah platform e-commerce dimana Anda dapat melakukan konsultasi terkait Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan. Dapatkan hunian hingga kamar tidur yang nyaman, agar hari-hari Anda lebih menyenangkan dan produktif! Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Mitraruma dan dapatkan khusus promo bulanan!

More content