no-script 5 Ide Desain Kantor Minimalis yang Nyaman dan Kekinian | Mitraruma
Mitraruma

5 Ide Desain Kantor Minimalis yang Nyaman dan Kekinian

desain kantor minimalis

Apakah Anda adalah seorang pekerja kantoran? Bekerja di kantor memang hal yang biasa. Namun, bekerja di sebuah kantor yang membuat nyaman, terlebih dengan desain kantor yang minimalis, seringkali diabaikan. Padahal, studi yang dilakukan Kamarulzaman et al. (2011) menyatakan bahwa konsentrasi serta produktivitas para pekerja kantoran sangat dipengaruhi oleh kondisi fisik yang ada di kantor seperti suhu, kualitas udara, pencahayaan, dan suara bising di sekitar.

Tak hanya itu, ternyata desain kantor seperti layout dan pemilihan warna juga berpengaruh dalam menciptakan kenyamanan dan tentunya meningkatkan kualitas performa dari para pekerja, lho. Alhasil, untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, diperlukan konsep dan desain interior yang baik salah satunya dengan desain kantor minimalis. Selain nyaman, desain ini juga bersifat timeless dan mudah dikawinkan dengan nilai-nilai modern atau kekinian.

##4 Alasan Mengapa Harus Memilih Desain Kantor Minimalis

Esensi dari sebuah desain yang minimalis berarti kesederhanaan. Maksudnya di sini adalah menjadikan sebuah tempat memiliki tata ruang yang lebih baik, termasuk dengan memaksimalkan fungsi dari ruang, perabotan, hingga perlengkapan lainnya.

Selain itu, bisa juga dengan menggunakan pendekatan warna yang seragam dan disisipkan elemen hijau alami dari tanaman. Hal inilah yang dapat Anda terapkan apabila Anda ingin membuat desain minimalis untuk kantor Anda.

Namun, sebelum mencari tahu seperti apa ide desain kantor minimalis yang bisa Anda jadikan inspirasi, simak terlebih dahulu alasan mengapa kantor memerlukan desain yang minimalis, yaitu:

1. Menciptakan kenyamanan

Desain kantor minimalis tentunya akan membuat kantor menjadi lebih nyaman bagi para pekerjanya. Rasa nyaman di sini berarti para pekerja merasa betah untuk melakukan berbagai aktivitas di kantor. Hal ini tentunya semakin didukung dengan perabotan dan furnitur yang secukupnya tetapi tepat guna.

2. Meningkatkan produktivitas para karyawan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, dengan suasana yang nyaman tentunya para pekerja akan lebih produktif dalam bekerja. Hal ini disebabkan dengan lebih mudahnya para pekerja mengumpulkan konsentrasi dan dedicated terhadap tugasnya.

3. Penggunaan ruang kantor yang maksimal

Berkat adanya penyusunan yang mengedepankan kesederhanaan dan fungsional di mana merupakan turunan dari nilai-nilai desain minimalis, tentunya penggunaan ruang kantor juga akan menjadi lebih maksimal. Masing-masing ruangan yang ada akan dimanfaatkan sesuai dengan fungsi yang semestinya.

4. Menciptakan citra baik di mata klien/tamu

Dengan kantor yang memiliki desain interior yang baik, terlebih desain yang minimalis, tentunya akan memberikan nilai tambah perusahaan di mata klien atau tamu yang mengunjungi kantor.

##5 Ide Desain Kantor Minimalis yang Nyaman dan Kekinian

Tertarik untuk merancang kantor dengan desain yang minimalis? Berikut ini 5 ide desain minimalis untuk kantor Anda yang pastinya bisa membuat nyaman juga kekinian, yaitu:

1. Open Office

Desain kantor yang satu ini adalah desain yang banyak diadaptasi khususnya oleh startup. Sesuai dengan namanya, desain ini mengutamakan ruang kantor yang terbuka tanpa sekat dan mengedepankan fungsi. Biasanya para pekerja bisa memilih sesuka hati tempat bekerja yang diinginkan. Selain itu, komunikasi juga cenderung lebih mengalir karena satu ruangan besar digunakan oleh hampir seluruh pekerja.

2. Monokromatik

Ide desain kantor minimalis selanjutnya adalah dengan merancang kantor menggunakan warna-warna yang bernuansa monokrom. Dengan nuansa monokrom, kantor akan terasa lebih elegan dan enak dipandang, sehingga menciptakan rasa nyaman. Agar tidak terlalu kaku dan monoton tetapi masih memiliki kesan minimalis, Anda juga bisa melengkapinya dengan tanaman hijau.

3. Paduan Industrial

Selanjutnya ada desain minimalis dengan paduan industrial yang mana tidak kalah populer dalam beberapa waktu ke belakang. Desain industrial banyak dikawinkan dengan desain minimalis agar menghasilkan nuansa vintage tetapi bebas. Material yang digunakan umumnya masih dalam keadaan ‘mentah’ dan didominasi oleh besi hingga kaca.

4. Letter-U

Desain minimalis juga cocok untuk diterapkan bersama dengan layout berbentuk huruf U, yang mana merupakan hal umum untuk kantor dengan sedikit pekerja. Selain membuat ruangan menjadi lebih fungsional, para pekerja juga dapat lebih mudah berkomunikasi. Tak hanya itu, nilai minimalis pun bisa diterapkan dengan hanya menaruh furnitur dan aksesoris secukupnya.

5. Simple Modern Office

Terakhir ada desain minimalis nan modern, biasanya digunakan pada kantor yang sangat memanfaatkan fungsi dari setiap ruangan dan furnitur. Alhasil, nilai-nilai minimalis sangat bisa diterapkan di desain kantor yang satu ini. Penggunaan furnitur sangat minim dan hanya disesuaikan dengan kebutuhan saja, karena mengutamakan faktor kerapian dan estetika.

Itulah 5 desain kantor minimalis tetapi masih kekinian yang bisa jadi inspirasi Anda. Tertarik untuk menerapkannya? Eits, sebelum itu pastikan Anda telah memiliki rencana dan strategi yang matang, ya. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa Anda memilih jasa renovasi dan bahan bangunan yang tepat seperti yang ditawarkan oleh Mitraruma, termasuk untuk mewujudkan desain kantor impian Anda. Tunggu apa lagi? Wujudkan kantor idaman nan nyaman bersama Mitraruma sekarang!

More content