no-script Desain Interior Ala Jepang dengan Unsur yang Khas | Mitraruma
Mitraruma

Desain Interior Ala Jepang dengan Unsur yang Khas

Desain interior ala Jepang banyak diminati karena kesannya yang alami, minimalis, dan sangat fungsional. Arsitekturnya juga tampak berkarakter dan sederhana, tetapi tetap elegan dilihat.

Untuk kamu yang tertarik dengan interior Jepang, ada satu hal yang mesti kamu perhatikan: Interior jepang sangat mengutamakan privasi dan terkait dengan alam bebas.

Unsur Khas Pada Interior Ala Jepang

Apa saja, sih, elemen khas pada desain interior ala Jepang? Benarkah sama seperti yang ada pada anime, drama, atau film-film? Berikut Mitaruma sajikan informasinya khusus untukmu.

Ruang Terbuka

Artboard 2.png
Salah satu unsur paling mencolok pada interior ala Jepang adalah ruang terbuka yang dimiliki. dengan cahaya alami, tentunya rumah kamu akan tampak lebih luas dan cerah. Gunakanlah jendela yang besar dan juga instalasi jendela di atap.

Efek terang alami dan bersih dari pencahayaan alami memberi peran besar terhadap interior gaya Jepang. Selain itu, sirkulasi udara juga terus lancar jika jendela sering dibuka.

Satu hal yang terbilang jarang terlihat dalam desain rumah ala Jepang adalah tirai yang tebal. Sebab, jenis tirai ini dinilai bisa menghalangi jalan masuk cahaya alami dari luar. Sangat tak sesuai dengan gaya rumah Jepang.

Desain Minimalis dan Elemen Kayu atau Bambu

Artboard 3.png
Konsep minimalis yang juga harus fungsional menjadi prinsip penting dalam desain rumah bergaya Jepang. Biasanya, perabotan yang ada dalam ruangan sangat terbatas.

Misalnya di ruang tamu. Jangan terkejut bila kamu hanya melihat meja pendek dan karpet. Sebab, meski demikian, ruangan tersebut sudah mampu berfungsi sebagai ruang tamu yang nyaman.

Furnitur-furnitur lain juga kerap memiliki ukuran kecil. Hal ini bermaksud untuk memberikan keleluasan ekstra dalam ruangan. Pasalnya, desain Jepang sangat memperhatikan sirkulasi ruangan.

Selain itu, sebagian struktur rumah Jepang juga menggunakan material alami, seperti kayu dan bambu. Pintu, jendela, hingga plafon banyak memanfaatkan kayu atau bambu sebagai material utamanya.

Sebab itu, elemen ini bisa kamu aplikasikan pada rumah yang ingin menerapkan desain ala jepang.

Furnitur yang Autentik dan Sederhana

Artboard 4.png
Di Jepang, tak aneh kalau memiliki furnitur yang khas, baik dalam interior maupun eksterior rumah. Bergaya tradisional atau modern, furnitur yang digunakan umumnya memang memiliki bentuk yang tidak terlalu tinggi dengan garis yang tegas.

Desainnya sengaja dibuat rendah untuk mendukung setiap aktivitas saat duduk di atas lantai. Bahkan, furnitur sofa dan kursi lesehan juga kerap dipakai.

Hal ini menonjolkan kesan alami yang tampak menyatu dengan sekitar. Desain rumah ala Jepang juga kerap menggunakan elemen batu, tumbuhan, dan air di bagian luar. Dengan begitu, rumah terkesan lebih alami.

Warna Khas Ala Jepang

Artboard 5.png
Sangat jarang ditemukan elemen desain interior rumah ala jepang yang mencolok. Sekalipun ada kombinasi warna, biasanya hanya memakai warna dasar seperti hitam dan putih.

Warna cat yang dipakai pada rumah dengan desain interior Jepang sangat simpel. Warnanya kalem seperti putih, coklat, atau abu-abu. Warna itu menciptakan nuansa lembut dan tenang. Kamu juga bisa menambahkan sedikit warna hijau agar menyatu dengan taman.

Kemudian, jika ingin menambahkan sedikit warna lagi, pilihlah warna merah yang menampilkan visualisasi yang manis dan minimalis.

Hadirkan Unsur Alam

Artboard 6.png
Desain rumah jepang memiliki nilai utama berupa kedekatan dan keterikatan dengan alam. Sebab itu, konsep rumah yang banyak menghadirkan unsur alam akan sangat cocok dengan gaya ala Jepang.

Salah satu elemen alam yang sering ditonjolkan adalah air. Biasanya, kolam ikan di area taman indoor cukup untuk menunjukkan elemen alam di rumah khas Jepang.

Selain air, banyak juga dekorasi dengan tanaman di halaman rumah. Biasanya, tanaman yang digunakan adalah bonsai yang cenderung mudah dirawat. Tanaman ini juga dianggap mewakili prinsip sederhana dan alami.

Jika kamu mencari furnitur atau perabotan berbahan kayu untuk diletakkan di rumah bergaya ala Jepang, Mitraruma punya koleksi yang bisa kamu pilih. Mulai dari lantai, pintu, hingga wall decor.

More content