no-script Sederhana dan Terjangkau, 7 Tips Desain Dapur yang Bisa Dijadikan Inspirasi! | Mitraruma
Mitraruma

Sederhana dan Terjangkau, 7 Tips Desain Dapur yang Bisa Dijadikan Inspirasi!

Desain Dapur Kecil Sederhana Murah

Dapur merupakan salah satu ruangan yang cukup vital di dalam rumah, terutama untuk kamu para ibu rumah tangga. Tentunya kamu akan merasa lebih nyaman dan betah berlama-lama di dapur jika desain dan interiornya menarik, kan?

Nah, untuk mewujudkan hal tersebut ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Meskipun kamu memiliki area yang terbatas, dengan desain dan interior yang tepat tentu akan membuat dapurmu menjadi lebih nyaman dan enak dipandang.

Desain Dapur Kecil Sederhana dan Terjangkau

Berikut kami sajikan beberapa tips desain dapur kecil sederhana yang bisa kamu jadikan inspirasi. Kamu bisa menentukan sendiri desain apa yang cocok dengan keinginan dan tentunya budget yang kamu miliki. Yuk langsung simak saja beberapa tips dapur kecil yang sederhana dan terjangkau ini!

Dapur dengan Meja Bar

Artikel November 4 - Desain Dapur Kecil Sederhana dan Murah-02.png

Ruang makan seringkali menyatu dengan ruang dapur. Masalah yang kemudian muncul adalah dapur berukuran kecil seringkali akan terasa semakin sesak jika ditambahkan meja makan. Bagi kamu yang tengah mengalami masalah seperti ini, kamu harus menyingkirkan meja makan dan menggantinya dengan meja bar minimalis.

Meja bar bisa diartikan sebagai meja dengan desain minimalis. Ukurannya dibuat tidak terlalu besar atau relatif sedang.
Meja bar ini ukurannya lebih kecil dari meja makan biasa sehingga cocok diletakkan di dapur kecil. Meja bar ini seringkali digunakan juga sebagai meja dapur untuk menata makanan. Cukup multifungsi dan menghemat tempat, bukan?

Menggunakan Warna-Warna yang Tepat

Artikel November 4 - Desain Dapur Kecil Sederhana dan Murah-03.png

Pernahkah kamu merasa jenuh dan bosan ketika memasak? Apalagi jika makanan yang kamu masak membutuhkan waktu lama, sehingga memaksamu untuk berlama-lama di dapur. Hal tersebut bisa kamu siasati dengan pemilihan warna dapurmu, lho!
Penelitian mengenai psikologi warna mengungkap bahwa warna-warna tertentu dapat memberikan implikasi yang berbeda secara emosional. Beberapa warna dapat membahagiakan suasana hati, sebagian lainnya memberikan efek menenangkan bagi pikiran.

Dapur merupakan ruangan yang paling intens penggunaanya di rumah. Oleh karena itu, psikologi warna yang dihasilkan di area dapur haruslah dapat meningkatkan aspek kenyaman. Warna-warna yang diaplikasikan di dapur harus disesuaikan dengan ukuran, fungsi tambahan yang dimiliki dapur, dan kesan yang ingin dihadirkan.

Kitchen Set Sederhana untuk Dapur Kecil

Artikel November 4 - Desain Dapur Kecil Sederhana dan Murah-04.png

Meskipun memiliki area ruangan dapur yang terbatas, dengan pemilihan kitchen set minimalis dapur yang tepat, ruangan akan terlihat rapi dan nyaman.

Kitchen set dengan kabinet yang memadai akan membuat perlengkapan dapur tertata rapi dan mudah ditemukan saat ingin digunakan. Penataan yang rapi dan sesuai dengan kondisi ruangan dapat menjadikan fungsi peralatan dapur menjadi optimal.

Untuk memilih kitchen set, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • Memperkirakan penggunaan dapur. Apakah kamu sering memasak atau tidak, menggunakan dapur sekaligus ruang makan atau hanya sebagai tempat pembuatan makanan saja akan menentukan desain kitchen set kamu.
  • Menentukan model. Kitchen set harus sesuai dengan kondisi ruangan yang sempit, tetapi harus tetap memberikan kenyamanan ketika kamu memasak, mencuci, atau pun menyimpan peralatan masak.

Gantungan Sederhana untuk Peralatan Masak

Artikel November 4 - Desain Dapur Kecil Sederhana dan Murah-05.png

Banyaknya peralatan masak yang ada di dapur seringkali membuat kamu bingung untuk menaruhnya, bahkan tidak jarang kamu menaruhnya sembarangan saja. Padahal, hal ini bisa bikin dapur kamu jadi terlihat berantakan dan ga nyaman.

Yah, terus gimana dong solusinya? Tenang, untuk kamu yang memiliki area dapur kecil, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan gantungan sederhana yang ditempel atau dipaku ke dinding.

Ini sekaligus untuk memanfaatkan semaksimal mungkin ruangan yang ada. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin menaruh kembali peralatan masakmu.

Menggabungkan Dapur dan Tempat Makan

Artikel November 4 - Desain Dapur Kecil Sederhana dan Murah-06.png

Rumah berukuran kecil terkadang memaksa kamu untuk menggabungkan ruang makan dengan dapur. Kebanyakan rumah berukuran mungil ataupun unit apartemen tipe studio memang tidak dilengkapi ruang makan khusus, sehingga meja makan terpaksa harus disatukan dengan ruangan lain. Dengan area yang terbatas, tentu kamu harus menyiasatinya agar bisa lebih fungsional.

Menggunakan Meja atau Kursi Dapur yang Bisa Dilipat

Pemilihan warna klasik dan ada fitur berupa meja dan kursi dapur yang bisa dilipat atau disimpan bisa kamu jadikan inspirasi. Hal ini dilakukan untuk menyiasati desain dapur kecil sederhana.

Untuk menggunakan fitur ini, ada baiknya kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya. Tentunya agar kamu juga tidak keribetan nantinya saat harus menggunakan fitur lipat ini.
Banyak pilihan untuk desain dapur kecil atau inspirasi dapur kecil, kamu tinggal menentukan mana yang cocok untuk tempat tinggalmu. Kamu bisa memilih dapur minimalis, dapur sederhana, hingga desain dapur kecil tanpa kitchen set.

Dapur Tanpa Penyekat

Artikel November 4 - Desain Dapur Kecil Sederhana dan Murah-07.png

Desain untuk dapur yang satu ini biasanya digunakan dengan tujuan untuk mempermudah kamu untuk melakukan satu aktivitas ke aktivitas lainnya.

Misalnya saja jika kamu seorang ibu rumah tangga, maka penggunaan desain ini dibuat tanpa ada penyekat untuk membuat kamu merasa aman saat masak sambil mengawasi buah hati.

Selain itu, dapur tanpa dinding pemisah ini memiliki ilusi ruangan lebih luas. Sangat cocok untuk penerapan rumah minimalis masa kini.

Menarik, kan? Tapi, Bagaimana Cara untuk Mewujudkan Desain Tersebut?

Kamu tidak perlu khawatir, karena Mitraruma hadir untuk membantu kamu mewujudkan desain dapur yang kamu impikan. Baca juga Mitraruma Dapur (Kitchen) untuk menemukan berbagai macam furniture untuk dapur impian kamu tersebut.

Disini kamu bisa menentukan berbagai macam furniture yang akan membuat dapurmu lebih menarik dan tentunya dengan harga yang terjangkau, lho!

More content