no-script Jadi Luas, Intip Desain Dapur dan Tempat Cuci Baju Minimalis | Mitraruma

Jadi Luas, Intip Desain Dapur dan Tempat Cuci Baju Minimalis

Artboard 1.png
Desain dapur dan tempat cuci baju minimalis dapat membuat rumah terlihat lebih rapi dan luas. Dengan desain dan bentuk yang minimalis, Anda tak memerlukan banyak ruang untuk menyimpan barang-barang yang tidak penting atau tak terpakai. Dengan begitu, dapur serta ruangan untuk mencuci baju Anda akan terlihat lebih modern serta bersih dan minimalis.

Menurut Ourhousellc.com, salah satu ruangan paling sibuk di rumah adalah dapur. Sebab, ruangan yang satu ini menjadi pusat kehidupan manusia. Mengolah makanan dan menghidangkannya, hingga sekadar mengambil segelas air minum pun dilakukan di sana.

Sementara itu, tempat cuci baju juga tak kalah sibuk. Bukan tak mungkin tempat ini dipakai setiap hari mengingat banyaknya pakaian yang harus dibersihkan. Terlebih, di sana juga harus menerapkan kebersihan yang ekstra.
Lantas bagaimana jadinya jika dapur dan tempat cuci baju digabung? Apakah akan cocok dan tetap rapi? Simak inspirasi desain dapur dan tempat cuci baju minimalis di bawah ini!

Inspirasi Desain Dapur dan Tempat Cuci Baju Menyatu

1. Atap Terbuka atau Transparan

Artboard 2.png
Mengusung konsep minimalis, tentunya harus ada trik supaya ruangan terlihat luas dan pencahayaannya cukup. Salah satu cara menerapkannya di dapur sekaligus tempat cuci baju adalah dengan menggunakan atap transparan.

Cara ini bisa diterapkan jika Anda membangun ruangan tersebut di lantai atas atau halaman belakang. Bisa juga di salah satu sudut rumah. Selain menggunakan atap terbuka atau transparan, Anda juga bisa memakai jendela besar yang tembus pandang.
Konsep ini juga membantu pakaian yang dijemur jadi lebih cepat kering, lho.

2. Di ruang Sempit

Artboard 3.png
Hanya punya ruang yang sedikit sempit? Tak masalah. Anda bisa menyulapnya menjadi dapur yang terintegrasi dengan tempat cuci baju minimalis dengan menatanya sebaik mungkin.

Pada salah satu sisinya, Anda bisa menerapkan konsep dapur minimalis yang fungsional. Kemudian, letakkan mesin cuci dan jemuran di sisi lainnya. Pastikan, tetap ada ruang gerak yang cukup untuk bisa melakukan kegiatan masak dan mencuci, ya.

3. Tambahkan Tanaman Hias

Artboard 4.png
Menyatukan dapur dan tempat cuci baju pastilah akan memerlukan kesegaran ekstra. Salah satu cara alaminya, Anda bisa mencoba meletakkan tanaman hias di beberapa sudut yang tak terlalu sering dijangkau.

Jika tertarik, Anda juga bisa sekaligus menggunakan tema taman di ruangan ini. Misalnya, gunakan rumput sintetis di salah satu sisi lantai, letakkan tanaman hias, serta taman vertikal yang tegak atau taman gantung di langit-langit.

4. Inovasi Jemuran di Langit-langit

Artboard 5.png
Selain tanaman gantung, langit-langit ruangan juga bisa Anda manfaatkan sebagai tempat menjemur baju. Dengan begitu, ruangan jadi lebih luas. Pastikan pada bagian bawahnya tidak terdapat mesin cuci atau kompor, ya.

Jika ingin menyatukan dengan konsep taman, Anda bisa meletakkan jemuran langit-langit di atas rerumputan. Jadi, tanah akan langsung menyerap air dan tidak menimbulkan becek di seluruh ruangan.

Rekomendasi lain dari kami, cobalah menggunakan alas dari kayu untuk bagian bawah jemuran. Tampilan ini membuat ruangan jadi terkesan lebih alami dan segar, namun tetap hangat.

5. Minimalis di Halaman Belakang

Artboard 6.png
Desain dapur dan tempat cuci baju minimalis selanjutnya lebih kreatif, tidak ditempatkan di dalam rumah. Anda bisa memanfaatkan sebagian halaman belakang sebagai sarana memasak dan mencuci baju.

Selain lebih hemat tempat di dalam rumah, ruangan ini juga secara alami akan menyatu dengan alam di sekitar. Jadi, Anda tak perlu repot-repot mengatur taman terlalu banyak.

Anda bisa menerapkan konsep full outdoor atau sekadar semi-outdoor untuk ruangan dapur dan tempat cuci baju ini. Misalnya, konsep semi-outdoor dengan atap yang menaungi dapur, sedangkan ruang terbuka sisanya untuk fokus mencuci dan menjemur.

Memasak dan mencuci baju pun jadi terasa lebih segar ditemani udara sekitar, serta aroma masakan yang tidak menyebar ke seluruh rumah.

Nuansa Bagus Desain Dapur dan Tempat Cuci Baju Minimalis

Menggabungkan dua fungsi dalam satu ruangan mungkin bisa dilakukan. Namun, perlu diperhatikan pula gaya atau nuansa yang cocok untuk keduanya. Menilik dari kebersihan, nuansa yang cocok untuk ruangan gabungan ini lebih condong ke tempat cuci baju.

Dengan begitu, ruangan akan terasa luas, bersih, dan rapi. Dapur pun bisa tetap fungsional dengan tatanan yang terus Anda jaga demi mempertahankan suasana rapi dan bersih.
Berikut rekomendasi nuansa dan gaya yang cocok digunakan di dapur sekaligus tempat cuci baju:

- Monokrom

Artboard 7.png
Salah satu gaya yang pas adalah nuansa monokrom yang kalem. Gunakan warna abu-abu, hitam, dan sedikit sentuhan warna putih pada cat dinding, furnitur, hingga peralatan masak di dapur.

Gaya ini akan menimbulkan suasana yang keren tapi tetap hangat. Jadi, keseluruhan ruangan akan terlihat indah. Apalagi, jika Anda menambahkan ornamen dekorasi lain seperti bingkai berisi quotes berwarna senada.

- Hangat, Paduan Aksen Kayu dan Krem

Artboard 8.png
Bayangkan, bagaimana jika dapur dan ruang cuci sama-sama berkesan hangat? Anda bisa makin semangat sekaligus tenang saat mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Kesan artistik juga akan menguar karena warna-warna yang digunakan.

Anda bisa mencoba furnitur kayu untuk peralatan di dapur, serta beberapa perabotan mencuci baju seperti keranjang, rangka jemuran, hingga gantungan-gantungan kecil. Jangan lupa untuk tetap menata perlengkapan mencuci dan alat masak agar rapi.

- Makin Tampak Bersih, Nuansa Serba Putih

Artboard 9.png
Selain gaya hangat beraksen kayu, Anda juga bisa menerapkan desain dapur dan tempat cuci baju minimalis bertema serba putih. Ini akan membuat ruangan tampak bersih dan luas. Asalkan Anda rajin membersihkannya.

Cobalah menggunakan rak, kabinet, putih polos, senada dengan dinding dan bingkai jendela. Kemudian, Anda bisa menggunakan alat masak dengan sedikit warna netral lain. Untuk peralatan cuci, pilihlah mesin berwarna putih atau silver sebagai alternatif.

Gunakan pula tempat gantungan berwarna putih cemerlang atau agak kelabu, dengan tempat setrika putih polos. Agar lebih maksimal, Anda juga bisa memakai setrika berwarna putih.

- Sangat Alami Bersama Kehijauan Natural

Artboard 10.png
Lebih niat dari sekadar menggabungkan dapur, tempat cuci baju, dengan taman, Anda bisa dengan matang menggunakan nuansa serba hijau atau natural di ruangan ini. Caranya, gunakanlah cat dinding berwarna hijau atau coklat dengan tanaman rambat hias.

Tatalah beberapa tanaman di sudut, dikelilingi bebatuan koral serta batu lempeng sebagai pijakan Anda selama menjemur atau memasak. Untuk berbagai perlengkapan memasak dan mencuci, Anda bisa menggunakan perabot bermaterial kayu.

Dalam menggabungkan fungsi dapur dan tempat cuci baju, Anda akan memerlukan konsistensi dalam membersihkan dan menjaga ruangan tetap higienis dan wangi. Anda bisa memanfaatkan Promo Bulanan Mitraruma untuk mendapatkan layanan home cleaning!

Nikmati Dapur dan Tempat Cuci Baju yang Nyaman

Dengan mencoba berbagai desain dapur dan tempat cuci baju minimalis diatas, Anda akan mendapatkan ruangan yang bersih dan tertata rapi sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin melakukan renovasi dapur serta tempat cuci baju, Mitraruma dapat menjadi pilihan yang tepat!

Mitraruma menyediakan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan yang siap melayani kebutuhan renovasi dapur serta tempat cuci baju di rumah Anda! Tak perlu ragu, segera daftar untuk menjadi member dan mulai renovasi Anda bersama Mitraruma!

More content