no-script 10+ Ide Dekorasi Taman Minimalis dan Trik Mudah Mewujudkannya | Mitraruma

10+ Ide Dekorasi Taman Minimalis dan Trik Mudah Mewujudkannya

Artboard 1.png
Dekorasi taman minimalis akan sangat menguntungkan dan cocok digunakan pada gaya rumah yang juga minimalis. Meski begitu, bukan berarti rumah bergaya luas tidak cocok menggunakannya. Sebab, taman minimalis di ruang luas pun akan tetap tampil cantik dan terlihat seimbang.

Dikutip dari artikel GoGreenDrop, gaya hidup minimalis sangat bermanfaat dalam berbagai aspek. Beberapa manfaat tersebut antara lain seperti lebih hemat, meningkatkan fokus, pola pikir yang lebih bahagia, hemat tenaga untuk membersihkan, sampai pemikiran yang meninggikan kualitas daripada kuantitas.

Nah, pastinya Anda jadi tertarik untuk menerapkan tema minimalis pada taman, bukan? Simak ulasan berikut untuk mendapatkan berbagai ide serta inspirasi untuk dekorasi taman minimalis di rumah Anda!

Ide Dekorasi Taman Minimalis

Inspirasi dekorasi taman di lahan sempit memang sangat identik dengan pemanfaatan ruang yang super cerdas, sehingga bisa menjadi fungsional namun tak terkesan sumpek. Sebab itulah, banyak orang yang tertarik dengan ide ini, seperti di hunian kecil, sedang, hingga luas sekalipun.

Supaya makin mantap menggunakan gaya, inilah inspirasi penggunaan dekorasi dari kami.

1. Jadi Tempat Bersantai

Artboard 2.png
Banyak orang suka bersantai di taman, menikmati secangkir kopi atau teh, sembari membaca buku atau bercengkrama bersama orang tersayang. Hal ini bukannya tak bisa dilakukan di taman sempit yang minimalis, lho!

Desain rumah bergaya industrial low budget bisa jadi lebih menarik jika Anda dapat menambahkan tempat untuk bersantai. Buatlah taman yang penuh dengan tanaman yang Anda sukai, kemudian sisakan beberapa ruang untuk meletakkan kursi-kursi serta meja kecil sederhana sebagai tempat beristirahat. Bisa dibayangkan, betapa menyenangkannya melepas penat di taman pribadi Anda ini!

Bahkan, selain itu, Anda juga bisa menambah fungsi taman sebagai ruang untuk lesehan. Tak berbeda jauh dengan menggunakan kursi, Anda bisa menyisakan ruang di sudut atau tengah taman, sesuai selera, kemudian menambahkan karpet atau rumput sintetis.

2. Gunakan Pot di Dinding Taman

Artboard 3.png
Sedikit menyinggung gaya taman vertikal alias vertical garden, Anda bisa menambahkan beberapa pot di dinding taman. Caranya pun beragam, mulai dari meletakkan pot di atas penyangga, atau mendesain sendiri pot yang pas ditempel di dinding.

Tak cuma itu, Anda juga bisa menggunakan konsep tanaman yang digantung sehingga memakai ruang vertikal. Caranya, cukup menyediakan ruang di dinding dan siapkan beberapa kayu atau besi penyangga.

3. Cermin

Artboard 4.png
Sudah jadi rahasia umum bahwa cermin memiliki banyak fungsi, seperti untuk mengecek ulang penampilan hingga membuat ruangan tampak luas. Tak hanya taman. Penggunaan cermin untuk keluasan juga sering digunakan di kamar hingga ruang kantor, lho.

Sebagai inspirasi menarik, kami menyarankan untuk “mendandani” cermin di taman seperti halnya jendela. Siapkan bingkai berupa ruang yang lebih menjorok ke dalam di dinding, letakkan cermin yang pas, kemudian berilah teralis di depannya.

4. Tambahkan Bird Bath

Artboard 5.png
Ide yang satu ini masih cukup asing, lho, di tanah air tercinta. Anda bisa memakai dekorasi ini untuk menambahkan kesan unik, namun tetap fungsional. Seperti namanya, bird bath memanglah berguna sebagai tempat mandi burung-burung liar.

Tentu saja, dekorasi ini akan memancing burung liar untuk singgah, membuat taman terkesan alami dan segar, serta secara langsung memberi kesan indah dan variatif pada taman. Apalagi, Anda juga akan mendengar suara burung yang berkicau!

5. Jalan Setapak

Artboard 6.png
Kurang lengkap rasanya jika taman minimalis Anda tidak punya jalan setapak. Bukan bermaksud memakai tempat lebih banyak, dekorasi ini justru akan membuat taman terasa luas karena fitur jalan setapak untuk berjalan di tengah-tengahnya.

Anda bisa membentangkan jalan-jalan setapak dari pagar menuju pintu rumah. Di sisi-sisinya, Anda bisa menonjolkan rumput-rumput dengan lebih sedikit tanaman agar tak terkesan sumpek.

6. Trik Penampilan

Artboard 7.png
Meski bertujuan untuk memberi kesan asri di mata orang lain, taman yang jadi bagian dari rumah juga harus memiliki privasi. Namun, Anda harus pintar-pintar mengaturnya agar tidak terkesan terlalu tertutup atau tidak alami.

Tips terakhir yang bisa Anda pertimbangkan adalah menggunakan dekorasi air sebagai pusat di taman Anda. Pastikan cara kerja dekorasi ini tersembunyi agar tak mengganggu estetika taman, ya. Gunakan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan untuk Dekorasi Taman Minimalis.

7. Kursi Gantung

Artboard 8.png
Salah satu ide brilian dalam membuat taman minimalis adalah ilusi bahwa lantai terlihat lebih kosong dan luas. Cara yang bisa Anda pilih adalah memakai kursi gantung. Sebab, kursi ini memungkinkan lantai untuk tetap terlihat.

Alhasil, kesan luas pun akan timbul dan pandangan tidak terhalang apa pun. Di sekeliling kursi gantung, Anda bisa meletakkan beberapa tanaman dalam pot. Ingat untuk menyisakan tempat untuk lewat, ya.

8. Pohon Berukuran Sedang

Artboard 9.png
Menempatkan pohon di taman minimalis mungkin terkesan kurang bijak karena akan memakan tempat. Namun, hal itu tak akan jadi masalah jika pohon yang digunakan berukuran sedang.

Padukan sejumlah pohon sedang untuk mengisi taman. Anda pun bisa menyiasati sisanya dengan menaruh rumput atau tanaman kecil.

9. Wall Painting

Artboard 10.png
Dekorasi yang satu ini akan menyenangkan, khususnya bagi Anda yang senang akan seni. Anda bisa berkarya pada dinding halaman rumah yang kosong selayaknya kanvas. Usai melukis, tambahkanlah beberapa tanaman untuk efek 3D.

10. Roof Gardening

Artboard 11.png
Salah satu ide unik mendekorasi taman minimalis adalah menggunakan lahan rooftop sebagai taman. Anda bisa menikmati waktu senggang di taman yang sekaligus menyuguhkan ketinggian ini. Dekorasinya sederhana saja, menggunakan pot minimalis.

11. Minimalis Ala Jepang

Artboard 12.png
Taman ala jepang identik dengan pohon, semak-semak, rumput, dan bebatuan. Elemen ini juga cukup minimalis dan sangat asri untuk diterapkan. Anda cukup menyatukan unsur-unsur tersebut dan menatanya dengan rapi.

Tips dan Trik

Artboard 13.png
Meski telah menggunakan dekorasi taman minimalis yang tepat, Bisa saja Anda gagal menciptakan taman minimalis yang cantik jika tidak mengaturnya dengan pas. Oleh sebab itu, kini saatnya kami membeberkan tips dan trik untuk dipertimbangkan sebelum membangun taman minimalis!

Pada dasarnya, Anda bisa menerapkan trik hardscaping pada taman. Ini adalah penggunaan elemen tak hidup seperti beton, kayu, batu, hingga bata. Maksudnya, Anda justru tak disarankan menggunakan skema rimbun dalam taman minimalis.
Mengapa? Sebab, taman jadi tak punya struktur dan rancangan yang jelas. Ini membuat taman jadi terkesan sumpek. Dengan hardscaping, Anda bisa merancang struktur taman, seperti jalan setapak, hingga bidang bata untuk bersantai.

Selain hardscaping, trik lain yang bisa menegaskan konsep minimalis pada taman adalah mengkotakkan bidang tertentu yang akan ditanami tumbuhan. Ini akan menciptakan ilusi pengelompokan pada mata yang akan menciptakan daya tarik tersendiri.

Estetika Memang Kunci Untuk Hunian yang Nyaman!

Mitraruma percaya, rumah yang indah tak terlepas dari dekorasi taman minimalis yang tertata rapi dan sesuai dengan kebutuhan. Ternyata, keberadaan taman tak selalu memerlukan lahan yang luas, lho! Dengan menggunakan jasa dari Mitraruma, Anda bisa mendapatkan taman yang indah dan menawan meskipun lahan yang dimiliki terbatas.

Bersama dengan Mitraruma, Anda dapat memanfaatkan Promo Bulanan Mitraruma untuk instalasi serta renovasi berbagai bagian rumah agar tampak lebih rapi, indah, dan pastinya kuat. Segera daftarkan diri Anda untuk menjadi anggota kami!

More content