no-script Tips Dekorasi Ruang Tamu Sederhana tapi Menarik, Tak akan Bingung Lagi! | Mitraruma

Tips Dekorasi Ruang Tamu Sederhana tapi Menarik, Tak akan Bingung Lagi!

Artboard 1.png

Dekorasi ruang tamu yang sederhana tetapi menarik banyak menjadi incaran pemilik rumah minimalis. memang, dekorasi ruang tamu sangatlah penting untuk mendukung gaya ruang pada hunian.

Baik konsep konvensional, modern, santai, hingga formal memerlukan dekorasi ruang tamu yang menarik. Mengingat hal itu, menentukan dekorasi pada dasarnya memanglah tidak mudah.

Meski begitu, kamu dapat menyimak inspirasi dekorasi ruang tamu sederhana yang menarik dari Mitrarumah di bawah ini.

Tips Dekorasi Ruang Tamu Sederhana tapi Menarik

Dekorasi ruang tamu yang baik pada dasarnya memiliki faktor-faktor pemengaruh tertentu. Beberapa di antaranya adalah tata letak dan ukuran furnitur hingga warna dinding ruangan.

Salah jika kamu lebih memperhatikan harga-harga dari setiap perabotan ruang tamu yang harus mahal. Sebab, menariknya suatu dekorasi tak hanya ditentukan dari harga perabotnya saja!

Berikut tips mendekorasi ruang tamu yang sederhana tapi menarik:

1. Pastikan Ruang Tamu Fungsional

Artboard 2.png

Ini adalah hal pertama yang harus bersama-sama kita ingat. Ruang tamu haruslah punya fungsi yang sesuai, tak hanya soal dekorasinya. Jangan sampai, dekorasi yang kamu gunakan malah mengikis fungsi ruang itu sendiri.

Justru, lebih baik ruang tamu yang tidak memiliki banyak perabotan, tetapi simpel, rapi, dan bisa digunakan untuk menjamu tamu dengan nyaman.

2. Gunakan Furnitur Multifungsi

Artboard 3.png

Salah satu ciri dekorasi ruang tamu yang sederhana dan minimalis ialah penggunaan furnitur yang multifungsi. Sebab, kamu bisa menghemat tempat sekaligus mempertahankan fungsi ruangan.

Beberapa jenis furnitur yang bisa jadi pilihan, di antaranya adalah sofa bed, meja lipat, hingga meja sekaligus tempat penyimpanan barang.

3. Gunakan Kertas Dinding atau Wall Art

Artboard 4.png

Meski tidak menggunakan furnitur atau perabotan mewah, kamu masih bisa membuat ruang tamu yang terkesan istimewa. Salah satu caranya adalah dengan menghias dinding ruang tamu.

Kamu bisa mendekornya dengan menggunakan wallpaper bermotif atau wall art. Jika hobi melukis, kamu juga bisa langsung memamerkan karyamu di dinding ruang tamu rumah, lho.

Hal ini bisa dilakukan karena satu saja sentuhan seni sudah cukup menampilkan kesan ruang tamu yang sederhana tetapi tetap elegan.

Oh ya, wallpaper atau lukisan tak hanya bisa dipajang untuk ruang tamu sederhana, lho. Mereka juga bisa dijadikan hiasan ala industrial. Cek inspirasi ruang tamu industrial lainnya.

4. Beri Ruang Kosong

Artboard 5.png

Jangan lupa untuk menyisakan ruang kosong di ruang tamu yang kamu dekorasi, ya. Hal ini bertujuan agar ruang tamu terlihat lebih luas. Usahakan menyisakan ruang di salah satu pojok ruangan.

Jika ruang tamu kamu terlalu penuh dengan furnitur dan perabotan, itu malah akan membuat ruangannya terasa sesak. Tamu pun ingin cepat-cepat pergi dari sana. Jadi, isilah ruang tamu dengan dekorasi berukuran kecil dan berbobot ringan.

5. Perhatikan Ukuran Furnitur

Artboard 6.png

Hal terakhir yang perlu diperhatikan saat mendekor ruang tamu adalah ukuran furnitur yang digunakan. Usahakan, cukup furnitur utama saja yang berukuran besar.

Untuk dekorasi lain seperti rak gantung, pajangan dinding, dan sebagainya, pilihlah yang berukuran kecil.

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Sederhana dan Menarik

Nah, setelah mengetahui tips dasar untuk mendekor rumah, kini saatnya untuk melongok inspirasi dekorasi ruang tamu yang sederhana tapi menarik. Yuk, simak di bawah ini!

1. Campur Warna Terang dan Gelap

Artboard 7.png

Terlalu banyak menggunakan satu warna tidak akan memberikan dampak menarik pada ruang tamu kamu. Misalnya, cat ruang tamu serbaputih. Warna putih yang secara keseluruhan terlalu banyak akan memberikan kesan membosankan karena terlalu “bersih”.

Begitu juga dengan warna gelap yang terlalu banyak. Oleh sebab itu, kamu bisa menggabungkan penggunaan keduanya sebagai solusi. Selain terkesan dinamis, penggabungan dua atau lebih warna juga menimbulkan keseimbangan dalam ruangan.

2. Tonjolkan Warna Netral

Artboard 8.png

Tak cuma menambahkan warna terang dan gelap seperti putih dan hitam, kamu juga bisa mendekorasi ruang tamu dengan berbagai warna netral lainnya. Sebab, ini merupakan salah satu cara sempurna untuk mempercantik ruangan.

Contohnya, kamu bisa menggunakan dinding berwarna putih, dekorasi rumah dengan kuningan atau perak, sofa berwarna abu-abu, dan sarung bantal sofa yang saling kontras satu sama lainnya.

3. Mainkan Tekstur dan Motif Dekorasi

Artboard 9.png

Salah satu hal lain yang bisa kamu lakukan dalam mendekorasi ruang tamu adalah memainkan tekstur dan motif perabot dekorasinya. Pasalnya, tekstur bisa memberi tampilan ruang yang terasa lebih nyaman dan menambah kontras.

Sayangnya, banyak yang mengabaikan tekstur saat mendekorasi ruang tamu. Alasannya, mereka belum familiar dan merasa sulit dalam pengaplikasiannya. Sebab itu, sebagai langkah awal, cobalah melengkapi ruangan dengan bahan kulit, logam, wol, logam, kaca, batu, sampai tanaman yang sesuai dengan konsep rumah.

4. Gunakan Bantal sebagai Tambahan Dekorasi

Artboard 10.png

Bantal pada ruang tamu berfungsi untuk memberi kenyamanan sekaligus sebagai aksesori untuk menambah warna pada ruangan. Jadi, ruang tamu kamu akan semakin terlihat cantik dengan bantal-bantal ini, meskipun anggarannya minim.

Pakailah bantal yang dekoratif dan cocok untuk mempercantik ruang tamu minimalis.

5. Tambahkan Unsur Kayu

Artboard 11.png

Bicara soal tekstur, rasanya kurang sempurna jika tidak melibatkan kayu di dalamnya. Kayu memang terkenal sangat dekoratif dari segi warna maupun teksturnya. Sebab, mereka bisa menghadirkan rasa hangat dalam desain ruangan.

Terdapat berbagai cara untuk menambahkan unsur kayu dalam ruang tamu. Salah satunya, yaitu dengan menggunakan rak dinding, meja, bangku ayun, hingga ukiran atau bingkai foto yang berbahan kayu.

Dengan begitu, ruangan pun terasa menonjol dan berkesan baik bagi para tamu yang berkunjung.

6. Pilih Alas Lantai yang Tepat

Artboard 12.png

Jika kamu memiliki ruang tamu yang luas, salah satu trik yang bisa digunakan adalah menggunakan alas lantai dari kayu, ubin, dan keramik. Sebab, mereka bisa terlihat sempurna tanpa berlebihan dengan cara yang sederhana.

Meski tampak mudah, cara ini bisa menambahkan kesan teratur dan rapi. Alas lantai yang sesuai juga dapat membuat ruang tamu terasa lebih nyaman dengan instan.

7. Pakai Ragam Warna Interior dan Perabot

Artboard 13.png

Tak hanya warna dasar pada dinding, kamu juga perlu memainkan ragam warna pada interior ruang tamu. Terkadang, bisa saja Anda lebih menyukai ruang yang indah tanpa warna cerah. Namun, tak ada salahnya memberikan sedikit kesan santai dan hidup di ruang tamu.

Kini, terdapat banyak pilihan warna seperti hijau, oranye, biru, kuning, hingga merah muda yang populer dan banyak digandrungi orang. Sebab, warna kontras seperti itu memang cocok dipadukan dengan berbagai elemen kulit dan kayu.

Mereka juga masih cukup netral, lho, untuk dipadukan dengan warna netral lainnya. Jadi, ruang tamu kamu akan semakin cantik. Apalagi, jika kamu juga menambahkan lampu dekoratif yang bisa menyempurnakan desain hunian.

8. Tambahkan Karpet Bermotif

Artboard 14.png

Selain kiat di atas, kamu juga bisa mencoba menambahkan karpet motif untuk dekorasi sekaligus penyekat ruang tamu. Tak hanya itu, karpet juga bisa memberikan energi lebih pada ruang tamu sekaligus menjaga lantai tetap cantik.

Gunakan Berbagai Dekorasi yang Indah dan Berkualitas dari Mitraruma!

Mitraruma berkomitmen untuk menyediakan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan agar kebutuhan kamu makin mudah diakses dan berkualitas tinggi.

Merancang dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik pun jadi makin mudah dan asyik bersama Promo Bulanan Mitraruma. Kualitasnya selalu terpercaya, jangan ragu untuk mengunjungi situsnya, ya!

More content