no-script Dekorasi Lebaran di Rumah yang Anti Mainstream | Mitraruma
Mitraruma

Dekorasi Lebaran di Rumah yang Anti Mainstream

Dekorasi lebaran di rumah sudah menjadi tradisi sejak lama. Meski begitu, tahukah kamu cara-cara antimainstream yang asyik banget untuk membuat lebaran di rumah jadi lebih bermakna bersama keluarga?

Yap, salah satunya adalah dengan mendekorasi rumah dengan nuansa hari raya yang elegan. Selain mempercantik rumah, dekorasi-dekorasi ini juga bisa meningkatkan kemeriahan lebaran bersama keluarga di rumah.

Sambut Lebaran dengan Rumah Cantik

Supaya rumah kamu makin menarik, berciri, dan kental akan suasana lebaran di hari raya, yuk, intip inspirasi dekor rumah khas lebaran dari Mitraruma di bawah!

Gunakan Balon Foil

Artboard 2.png
Balon foil bukannya hanya biasa dipakai dalam pesta ulang tahun, ya? Tidak juga, kok, kamu bisa menggunakan balon ini untuk dekorasi lebaran. Bentuknya yang dibuat satuan per huruf membuatmu lebih fleksibel mengatur tulisan apa yang ingin dibuat.

Selain huruf, balon foil juga ada yang memiliki bentuk sederhana tetapi cantik, seperti lingkaran biasa atau benda lain.
Kamu bingung hendak mendekorasi dengan tulisan apa? Cobalah menuliskan kata sederhana seperti “Selamat lebaran”, “Happy Eid Mubarak”, atau “Selamat Idulfitri”.

Hias Lantai dengan Sambutan Hari Raya

Artboard 3.png
Biasanya, keluarga akan bercengkrama di ruang tamu saat lebaran. Nah, sebaiknya, jangan lupakan bagian lantai untuk dihias. Sebab, anak-anak biasanya lebih suka bermain di lantai, atau bahkan keluarga yang ingin mencoba duduk selonjoran.

Gunakan karpet dengan nuansa hari raya, seperti warna hijau oriental atau cokelat keemasan. Kamu juga bisa mencoba menggunakan permadani atau karpet Timur Tengah untuk dekorasi lantai saat lebaran. Pilihlah warna yang sedikit gelap seperti merah marun.

Selain karpet, kamu juga bisa, lho, menghias keset depan pintu rumah dengan nuansa lebaran. Tamu pasti berhadapan dan melihat langsung dekorasi yang satu ini. Cobalah mengkustomisasi kaset rumah dengan sambutan hari raya.

Bantal Sofa dengan Nuansa lebaran

Artboard 4.png
Ruang tamu pada dasarnya memang kerap menjadi ruang utama saat perayaan hari lebaran. Oleh sebab itu, kamu harus fokus menghias ruang satu ini dengan lebih maksimal. Dekorasi yang cantik di ruang tamu bisa meningkatkan suasana senang selama lebaran.

Bantal kecil dengan nuansa lebaran di sofa ruang tamu akan menambah suasana riang lebaran di rumah kamu, lho. Biasanya, warna yang digunakan adalah hijau dengan kesan islami. Bisa juga menggunakan nuansa ramadan yang cocok.

Jika kurang cocok dengan bantal bernuansa lebaran yang mencolok, kamu bisa mencoba menggunakan bantal nuansa Arabian yang lebih umum. Pilihlah warna yang sesuai dengan sofa tamu. Motifnya yang kaya membuat suasana jadi makin meriah.

Hiasan di Dinding Rumah

Artboard 5.png
Sudah coba menghias rumah dengan kaligrafi Arab saat lebaran? Dijamin, suasana hari rayanya pasti lebih kental. Kalau sudah punya, kamu bisa membuat kreasi dekorasi dengan menata ulang kaligrafi-kaligrafi yang ada.

Cobalah mengganti lukisan di ruang tamu dengan lukisan kaligrafi berlafalkan Allah SWT. atau Nabi Muhammad SAW sehingga sentuhan islami di ruang tamu kamu meningkat. Kamu bisa, kok, membelinya segera dengan berbagai ukuran dan desain yang bagus.

Kipas Kertas di Dinding

Oh, iya. Kalau kamu tipe orang yang menyukai dekorasi do it yourself (DIY), kamu bisa mencoba membuat kipas kertas berbagai warna untuk ditempel di dinding! Hiaslah dengan nuansa lebaran yang juga sesuai dengan interior rumah.

Bentuklah kipas, bunga, atau bentuk-bentuk lain yang relate dengan perayaan dan bisa kamu buat. Kemudian, gunakan double tape untuk menempelkannya ke dinding. Jangan lupa untuk menyusunnya dengan cantik, ya!

Anyaman Ketupat

Ketupat sudah seperti hidangan wajib saat lebaran. Sebagai inspirasi, kamu tak cuma bisa membuat anyaman ketupat untuk ketupat itu sendiri saja, lho! Menggunakan daun kelapa muda ditambah pita-pita hiasan agar awet, kamu bisa menganyam ketupat untuk hiasan dinding.

Jika belum bisa membuat anyaman, kamu bisa melihat caranya di YouTube atau media lain. Atau, kalau lebih suka yang pasti cantik, kamu bisa juga membeli hiasan ketupat di toko online. Sebab, ada berbagai ukuran dan warna yang tersedia.

Lentera Imut Warna-Warni

Artboard 6.png
Lampu jendela dengan desain heboh ala Timur Tengah mungkin sudah biasa dipakai saat lebaran. Namun, sudahkah kamu mencoba lentera? Lentera bisa diletakkan di sudut-sudut ruangan dengan berbagai variasi bentuk, warna, dan ukurannya.

Kamu bisa memilih berbagai jenis dengan bentuk yang lebih imut dan simpel. letakkan lentera-lentera itu di sudut ruang tamu dan nyalakan untuk menambah kesan meriah selama merayakan lebaran.

Alat Makan yang Unik/piring/toples

Artboard 7.png
Suasana perayaan lebaran bisa makin kece, deh, dengan piring-piring yang didesain khusus untuk merayakan lebaran. Gunakan piring-piring yang cantik bernuansa lebaran di rumahmu untuk diletakkan di meja makan.

Selain piring dan teman-temannya, kamu juga bisa menggunakan toples unik bernuansa lebaran. Saat ini, sudah banyak yang menjual toples-toples cantik dan elegan, cocok untuk hiasan dan tempat kue lebaran di rumahmu.

Keluarga juga makin happy dan tergugah seleranya untuk menyantap hidangan dan kue-kue dengan wadah yang cantik. Yuk, coba!

Lilin Aromaterapi Bernuansa Lebaran

Artboard 8.png
Quality time dengan keluarga selama lebaran bisa makin maksimal dengan bersantai ditemani lilin aromaterapi yang cocok. Kehadiran lilin aromaterapi bisa membantu menenangkan suasana.

Selain itu, lilin-lilin dengan nuansa lebaran ini juga bisa berfungsi sebagai hiasan. Kamu bisa meletakkannya di sudut ruangan. JIka lilin sudah terbakar habis, kamu bisa menggunakan mangkuk sebagai tempat lilin kecil

Mencari Furnitur Cantik untuk Menemani Lebaran di Rumah?

Mitraruma menyediakan koleksi furnitur dengan berbagai desain yang bisa cocok untuk suasana lebaranmu bersama keluarga, lho. Lihat juga furnitur living room untuk meningkatkan dekorasi ruang keluarga.

More content