no-script 10+ Tips Siasati Dapur Sempit Sekali Untuk Rumah Minimalis | Mitraruma

10+ Tips Siasati Dapur Sempit Sekali Untuk Rumah Minimalis

Dapur sempit sekali! Bagaimana cara mengatasinya, ya? Bagi para penghuni rumah super minimalis alias sempit, kadang harus menyiapkan tenaga dan waktu ekstra untuk menyiasati kondisi ruangan yang terasa sumpek.

Mengutip Insider.com, luas ruangan yang minim bisa berpengaruh terhadap sikap, lho. Terapis Stephanie Rojas, tinggal di rumah atau menggunakan ruangan yang kelewat sempit bisa menjadi penyebab stres yang umum karena serba terbatas dalam bergerak.

Bagaimana Menyiasati Dapur Sempit?

Perlu trik tertentu untuk membuat dapur tak hanya terlihat lebih luas, namun juga memungkinkan ruang gerak yang cukup untuk bolak-balik saat meracik sajian. Beberapa hal yang perlu disiasati dalam hal ini bisa dilakukan bersama desainer interior ataupun sendiri.

1. Kabinet Dapur

Artboard 2.png

Tiap dapur umumnya punya kabinet untuk menyimpan alat masak hingga alat makan. Nah, inilah salah satu hal yang harus diperhatikan. Pengaturan kabinet harus jadi prioritas dalam mendesain dapur yang minimalis.

Siasati susunan kabinet yang ideal dari segi posisi hingga ruang penyimpanannya. Misalnya, pada dasarnya pintu kabinet tidak boleh terbentur apa pun saat dibuka, ini membuktikan kurangnya ruang gerak.

Tingginya juga harus disesuaikan agar tidak jauh dari jangkauan. Jika kabinet terlalu jauh untuk digapai hanya karena Anda berusaha membuat ruang dapur terlihat lebih luas, tentu saja itu akan memperlambat aktivitas di dapur itu sendiri.

2. Keterbatasan Penyimpanan

Artboard 3.png

Salah satu masalah utama dalam dapur yang sempit adalah kurangnya penyimpanan. Ini pun masih berkaitan dengan siasat mengatur kabinet di atas. Di dapur, pastinya ada berbagai barang dengan ukuran beragam, semuanya pun terpakai saat memasak.

Saat penyimpanan terbatas, desain dapur yang kecil pun akan terlihat berantakan. Nah, dengan penataan yang tepat, Anda bisa memiliki tempat penyimpanan yang lebih banyak. Contohnya dengan membuat kabinet atas - bawah sehingga lebih efisien.

Desain kabinet yang berisi lebih banyak alas lebih baik daripada sekadar satu atau dua alas. Dalam kabinet, pastilah ada ruangan yang kosong di atas barang yang telah diletakkan. Aturlah dan manfaatkan ruang tersebut menjadi tempat penyimpanan lainnya!

3. Dapur Sempit Sekali, Barangnya Juga Tidak Teratur

Artboard 4.png

Ini adalah masalah lain yang bisa memperlambat aktivitas Anda di dapur rumah. Saat memasak, tentulah memerlukan peralatan yang mestinya mudah digapai. Namun, karena penataan yang salah, bisa jadi panci yang kerap digunakan malah ditaruh sangat jauh.

Ini menambah beban Anda saat memasak, hingga pada akhirnya bisa menyebabkan stres karena aktivitas yang tidak efisien. Nah, menyiasatinya, Anda harus mempelajari dan memperhatikan gaya memasak Anda sendiri.

Yang mana barang dan furnitur yang harus ada di dekat Anda saat memasak, dan mana yang tidak?

4. Tambahkan pulau dapur

Artboard 5.png

Bahkan jika dapur Anda berada di sisi yang sempit, Anda masih bisa membuat pulau dapur yang ramping untuk ruang persiapan makanan. Pertimbangkan “pulau” berupa meja yang bergulir dan dapat disingkirkan begitu makan malam sudah siap.

Menurut desainer interior Ellen Cheever, Anda hanya memerlukan sebuah tempat yang diletakkan di atas roda dan digunakan saat Anda memerlukannya. Saat Anda memerlukan ruang tambahan, pulau itu pun bisa disingkirkan.

5. Berpikir secara vertikal

Artboard 6.png

Bagian ruangan yang bisa dimanfaatkan tanpa banyak mengurangi luas ruangan secara keseluruhan, tentunya adalah menggunakan sisi vertikal seperti dinding dan sisi belakang pintu.

Anda bisa memajang sekaligus memajang panci, pisau, dan rak terbuka di atas kompor untuk menghemat banyak ruang.

6. Maksimalkan Ruang Lantai dengan Sudut Makan

Artboard 7.png

Cara lain untuk menyiasati dapur yang terlalu sempit, tentunya adalah dengan terlebih dahulu memperhatikan struktur dapur. Pasalnya, bentuk ruangan yang biasanya kotak bisa menghasilkan dampak yang berbeda, tergantung perencanaan Anda.

Jika Anda memiliki sudut makan kecil, pilih meja bundar yang membuka ruang lantai. Terlebih, meja jenis ini juga akan bisa menampung lebih banyak orang daripada yang persegi.

7. Pilih peralatan kecil

Artboard 8.png

Trik yang satu ini sangat berkaitan dengan prinsip hemat secara material. Anda bisa meletakkan peralatan memasak seperlunya di dapur yang sempit. pertimbangkan untuk menunda membeli oven jika Anda tidak akan banyak menggunakannya.

“Peralatan kecil berkualitas tinggi sekarang tersedia. Hal lainnya adalah peralatan kombinasi; Anda dapat memiliki microwave-konveksi,” kata Cheever. Hal ini akan berguna jika Anda ingin memasang oven baru tetapi jarang memasak untuk orang banyak. Alat ini cukup kecil untuk muat di atas meja dan berfungsi sebagai oven dan pemanggang roti.

8. Tambahkan papan pasak

Artboard 9.png

Menambahkan papan pasak juga akan bisa membantu Anda menyiasati dapur sempit. Sebab, papan ini memberikan ruang tambahan yang menguntungkan. Bentuknya adalah papan dengan penyangga dan gantungan kecil untuk meletakkan berbagai alat masak.

Saat ini, papan sejenis banyak dijual secara online. Dengan papan pasak, Anda bisa menggantung segala sesuatu, mulai dari gelas ukur, saringan, sampai alat lain yang mengkilap dan cocok dipamerkan di luar ruang rak.

9. Nuansa yang Tepat untuk Dapur Sempit

Artboard 10.png

Terdapat beberapa nuansa yang lebih cocok bahkan dianjurkan pada desain dapur yang sangat sempit. Di antaranya, seperti pencahayaan alami yang optimal untuk menambah kesan luas, atau penerangan dari lampu yang sesuai dan memadai.

Selain itu, jangan lupakan tempat sampah di dapur yang sempit. Sebab, tempat sampah yang kurang memadai jika diletakkan pada dapur sempit, pastilah akan menambah suasana kotor dan bau tak sedap.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan kontainer besar untuk sampah basah maupun kering. Pastikan untuk segera membuang sampah basah saat ada waktu luang, ya.

Masih ada berbagai hal yang perlu disiasati sebagai dasar dapur yang lebih fungsional, seperti mengatur ruang gerak dan lainnya. Nah, di samping itu, Anda memerlukan inspirasi desain yang memang cocok untuk dapur sempit.

Desain ini bisa Anda rencanakan dan langsung diterapkan dengan renovasi. Jangan lupa, gunakan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan yang terjamin, ya!

10. Desain Modern di Dapur Sempit

Artboard 11.png

Dewasa ini, konsep modern banyak jadi incaran kaum milenial, Anda bisa jadi salah satunya. Nah, gaya ini pun bisa diterapkan dalam dapur sempit, lho. Tampilannya tampak sangat simpel dan elegan.

Mencakup wastafel dengan kabinet di atasnya, lemari pendingin kecil di pojok ruangan yang bisa diakses, serta kompor di sisi lain dapur dengan berbagai peralatan masak yang ditata rapi di atasnya. Sangat tampak rapi di dalam bayangan, kan?

Gunakan furnitur yang sederhana dan jendela besar, gunanya agar cahaya bisa masuk dengan mudah dan memberi kesan lebih terang dan luas. Sebagai saran, Anda bisa menggunakan warna putih dengan elemen kayu yang akan tampak natural.

11. Dapur dari Sisa Ruang di Luar Rumah

Artboard 12.png

Anda bisa menyulap ruang kecil yang tersisa di halaman belakang rumah sebagai dapur! Sesuaikan dengan nuansanya yang natural, gunakanlah konsep warna dan perabotan berwarna coklat dan kayu.

Gunakan furniture dan kitchen set model memanjang di salah satu sisi dapur. Desain dapur ini pun bisa menguntungkan karena Anda jadi lebih leluasa dalam bergerak dan beraktivitas di dapur.

Mengingat konsepnya yang outdoor, siasati agar cahaya alami bisa menelisik ke ruangan dapur Anda dan pastikan peralatan tidak terkena debu saat tak digunakan, ya!

12. Desain Dapur Letter “L”

Artboard 13.png

Kiat yang satu ini sudah umum digunakan dalam berbagai desain dapur. Terbukti, ruang dapur jadi lebih fungsional dan aktivitas pun jadi lebih mudah dilakukan. Memasak lebih nyaman dan ruangan dapur terlihat lebih rapi.

Agar terkesan lebih luas lagi, Anda bisa memakai warna-warna cerah dan memastikan adanya cahaya yang cukup. Usahakan pula menggunakan furniture dua fungsi, seperti Freestanding Cooker yang berfungsi jadi kompor sekaligus oven.

13. Selamat Tinggal Dapur Sempit, Ada Konsep Sederhana

Artboard 14.png

Anda tak lagi perlu khawatir berlebihan karena memiliki dapur yang sempit karena ada konsep yang sangat sederhana hanya dengan beberapa meter ruang yang tersedia. Anda bisa menggunakan meja dapur dengan posisi memanjang dan berundak.

Dengan begitu, ada ruang tersisa untuk membuat tempat penyimpanan di bawah meja tersebut. Di sana, Anda bisa meletakkan berbagai peralatan masak. Pastikan tempat itu selalu bersih meski berada di bawah, ya.

Kemudian, manfaatkan dinding untuk dipasang rak-rak penyimpanan peralatan seperti spatula dan lainnya. Usahakan, di sana juga bisa meletakkan bumbu dapur dan bisa dijangkau. Meski sangat sederhana, terbayang betapa rapinya konsep ruangan ini!

14. Desain Dapur Kecil yang Minimalis

Artboard 15.png

Seperti namanya, konsep yang satu ini sangat sederhana dan minimalis. Cocok untuk desain dapur sempit sekali. Anda bisa meletakkan kompor yang menyatu dengan wastafel dan tempat meletakkan alat makan.

Di bawah itu, Anda bisa menjejerkan berbagai ruang penyimpanan. Misalnya, seperti di bawah wastafel, oven kecil dan laci-laci di bawah tempat meletakkan alat makan, serta ruang penyimpanan lain di bawah kompor.

Pada bagian atasnya, manfaatkan untuk memasang kabinet tempel serta exhaust fan tepat di atas kompor. Anda bisa menggunakan warna putih dan hijau agar kesan minimalis terasa lebih kental.

Renovasi Dapur Sempit Jadi Lebih Fungsional

Yuk, segera hilangkan nuansa dapur sempit sekali dengan merenovasi dapur! Anda bisa memanfaatkan Promo Bulanan Mitraruma. Salah satunya, untuk memasang keramik lantai dan granit. Wujudkan rumah dengan dapur impian yang minimalis, Anda juga dapat memilih beragam contoh sesuai dengan portfolio renovasi bangunan dan rumah yang pernah Mitraruma lakukan.

More content