no-script Koleksi Contoh Taman Minimalis di Rumah Kecil, Berani Coba? | Mitraruma

Koleksi Contoh Taman Minimalis di Rumah Kecil, Berani Coba?

Artboard 1.png

Contoh taman minimalis banyak diminati karena ukuran rumah yang makin banyak berukuran kecil. Terlebih, masa pandemi membuat banyak orang harus berdiam di rumah dan menghabiskan waktu kerja dalam satu hunian saja.

Lagipula, siapa yang enggan memiliki taman pribadi yang cantik di rumah? Taman-taman seperti ini bisa digunakan untuk bersantai saat petang, duduk santai sembari menikmati secangkir kopi ditemani pemandangan sekitar. Cocok untuk melepas penat usai bekerja seharian.

Gaya Taman Minimalis

Sudah pasti, taman bisa menjadi pilihan untuk relaksasi yang sempurna! Nah, jika mencari contoh taman minimalis di rumah, kini kamu tak perlu bingung lagi. Sebab, Mitraruma akan membahas tuntas ide-idenya.

Meski mendesain sebuah taman di lahan sempit rumah cukup menantang, tetapi taman itu juga bisa menjadi keunggulan rumah saat berhasil dibuat. Selain itu, biaya dan perawatan taman minimalis pun cukup kecil karena ukurannya yang mini.

Gaya minimalis juga menguntungkan dalam segi dekorasi. Sebab, kamu bisa berkonsentrasi penuh pada detail konsep dan aksen taman yang ingin diterapkan. Nah, berikut contoh pengaplikasian taman minimalis yang bisa kamu terapkan.

1. Taman di Sisa Ruang Samping Rumah

Artboard 2.png

Mengusung tema minimalis, menggunakan konsep sisa ruangan akan sangat cocok. Untuk menerapkannya, kamu mesti cerdik dalam memanfaatkan ruang yang ada. Sebagai contoh, misalnya halaman kecil di samping dapur atau kamar tidur.

Sisa-sisa ruangan itu akan sangat cocok disulap menjadi taman mungil yang cantik.

2. Taman di Area Terbuka

Artboard 3.png

Contoh taman minimalis berikutnya adalah taman yang menjadi tampak lebih lega karena berada di area rumput terbuka, padahal, lahan yang digunakan sedikit. Dalam membuat taman seperti ini, kuncinya adalah menempatkan rumput gajah atau rumput teki tanpa tumbuhan apa pun.

Area rumput itu nantinya akan menjadi patokan untuk membuat taman lebih lapang. Selanjutnya, barulah kamu bisa menambahkan berbagai tanaman lain di sekitar area rumput agar taman tampil cantik.

3. Taman Minimalis di Balkon

Artboard 4.png

Taman minimalis memang identik dengan pemanfaatan ruang. Nah, contoh berikutnya adalah memanfaatkan ruang balkon lantai atas rumah untuk dijadikan taman. Sebab, secara umum, karakteristik rumah bergaya minimalis memanglah menjulang ke atas.

Kamu bisa memanfaatkan ruang sisa di balkon lantai atas untuk dijadikan taman. Tampak lebih seru, kan, dibandingkan membiarkannya begitu saja?

Lantai atas rumah bukanlah tanah, jadi kamu tidak mungkin menanam tanaman secara langsung. Sebab itu, jangan lupa untuk menyiapkan berbagai pot untuk berbagai tanaman. Ini adalah langkah yang tepat agar tanaman bisa mengelilingi balkon ataupun tergantung di langit-langit.

4. Taman Imut Mini di Sudut Teras

Artboard 5.png

Sesuai konsepnya yang minimalis, tak ada alasan lahan yang terlalu sempit untuk gaya taman ini. Contohnya, kamu bisa menggunakan satu sudut teras rumah dan menyulapnya jadi taman sudut dengan berbagai bunga warna-warni.

Meski kecil, taman ini tetap punya kesan segar dan menambah estetika rumahmu, lho.

5. Taman dengan Pot Semen Minimalis

Artboard 6.png

Terkadang, menanam langsung tumbuhan di tanah memberi kesan berantakan dan ruang yang sempit. Sebab itu, kamu bisa menyiasatinya dengan pot semen bergaya minimalis. Contoh taman minimalis ini bisa menyesuaikan bentuk ruang yang tersedia dan membuat taman lebih ringkas.

6. Taman dengan Bebatuan dan Kerikil

Artboard 7.png

Memenuhi lahan taman tak harus melulu soal tanaman, lho. Kamu juga bisa melengkapinya dengan hiasan dari kerikil atau batuan. Sebab, menggunakan terlalu banyak tumbuhan hanya akan memberikan kesan berantakan.

Aturlah komposisi taman agar seimbang antara tanaman dan dekorasi bebatuannya. Paduan dua hal ini bisa membuat taman menjadi lebih natural, rapi, dan tidak monoton.

7. Taman di Tangga Teras

Artboard 8.png

Kamu pasti sering melihat rumah yang bagian utamanya dibuat lebih tinggi daripada bagian teras atau halamannya. Biasanya, desain ini diterapkan pada rumah-rumah untuk menghindari kebanjiran.

Nah, tangga yang memisahkan dua lahan itu bisa dimanfaatkan untuk jadi taman. Mengikuti contoh ini, kamu bisa menanam tumbuhan di area tangga dan menambahkan rerumputan di sela-sela ruang sisanya. Gaya ini cocok dijadikan alternatif taman minimalis.

8. Taman yang Fungsional

Artboard 9.png

Contoh ini bisa diterapkan sebagai konsep taman minimalis. Sebab, fungsi-fungsi yang diselipkan pada taman membuatnya tampak lebih sederhana dan asyik sebagai tempat nongkrong.

Kamu bisa menambahkan perabotan lain di taman minimalismu, seperti kursi atau sofa, rak buku minimalis, atau kasur alami dari rumput yang dilengkapi bantal-bantal kecil.

9. Taman dengan Elemen Air

Artboard 10.png

Kalau menginginkan nuansa yang lebih sejuk, kamu bisa menggunakan contoh taman yang dilengkapi elemen air seperti air terjun super mini atau kolam ikan alami. Sebab, suara gemericik air yang tenang bisa membantumu rileks dari hiruk-pikuknya dunia.

Konsep ini bisa dipadukan dengan tambahan elemen kerikil atau batu. Ia akan menghadirkan suasana sejuk tiada tara di taman minimalis kamu.

10. Taman Bergaya Oriental

Artboard 11.png

Gaya oriental bisa menjadi salah satu pilihan desain taman minimalis yang cukup unik. Pasalnya, gaya ini memadukan unsur bambu dan kendi batu dengan konsep taman minimalis pada umumnya.

Model taman seperti ini akan sangat cocok untuk acara minum teh bersama atau sekadar ngobrol bersama teman.

11. Taman di Atap

Artboard 12.png

Memiliki karakter yang menjulang ke atas, taman minimalis juga tidak sekadar bisa dibangun di balkon rumah, lho. Kamu juga bisa membuatnya di atap. Sejak awal, pastikan atap rumah kamu berbentuk datar seperti halnya lantai, bukan segitiga.

Dengan begitu, kamu bisa membuat taman yang sekaligus difungsikan sebagai roof gardening. Di sana, kamu bisa menikmati waktu senggang atau bahkan bekerja jika suntuk berada di ruang kerja yang sama.

12. Taman Minimalis Vertikal

Artboard 13.png

Contoh taman yang satu ini bisa kamu manfaatkan jika tak ada lahan sama sekali untuk membangun taman minimalis. Pasalnya, kamu bisa membangun taman secara vertikal di dinding-dinding.

Dengan efisiensi maksimal, taman vertikal ini akan tampak super minimalis sekaligus elegan, lho!

13. Konsep Taman dengan 4 Elemen Alam

Artboard 14.png

Penyatuan empat elemen ini mungkin terkesan tidak mungkin diaplikasikan pada taman berkonsep minimalis. Namun, nyatanya kamu masih bisa menerapkannya, lho. Empat elemen yang dimaksud sendiri adalah air, api, tanah, dan udara.

Menggunakannya, kamu bisa lakukan dengan pemilihan warna furnitur di taman dan ruangan terbuka. Dengan begitu, kamu akan merasa seperti menyatu dengan alam.

14. Taman dengan Perabotan Vertikal

Artboard 15.png

Terdengar unik? Ya, tak hanya taman yang bisa dibuat vertikal. Perabotan atau furnitur yang kamu gunakan pun bisa diatur agar tampil vertikal bersama taman minimalis itu. Konsep ini sangat membantu untuk menghemat tempat!

Sebagai contoh, kamu bisa menempatkan sofa secara vertikal, menempel pada dinding. Ide ini akan tampak menarik dan cantik karena perabotan akan dikelilingi dengan tanaman.

Bangun Taman Minimalis dengan Material yang Kuat dan Terpercaya dari Mitraruma!

Nah, itulah berbagai contoh taman minimalis versi Mitraruma untukmu. Selain taman, diperlukan juga dekorasi aman rumah minimalis supaya rumah kamu indah dari segala sisi.

Mencari material untuk membangun rumah dan taman minimalis? Atau bingung tentang cara memulainya? Jangan bingung. Yuk, coba Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan yang memiliki berbagai koleksi dan jasa yang bakal cocok untuk taman minimalis kamu.

Di sana juga ada Promo Bulanan Mitraruma yang selalu update dan sangat fungsional. Tunggu apa lagi? Yakin, tak mau mencoba?

More content