no-script Cara Mengusir Tikus yang Merajalela dengan Alami | Mitraruma

Cara Mengusir Tikus yang Merajalela dengan Alami

Artboard 1.png
Cara mengusir tikus yang merajalela, bagaimana, ya? Tikus memang kerap sangat meresahkan saat hadir di sekitar rumah. Apalagi, hewan pengerat yang satu ini juga bisa menyebabkan berbagai risiko kesehatan dan menunjukkan hunian yang kurang bersih.

[Hellosehat](https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebersihan-diri/cara-mengusir-tikus-ampuh/) menyebut, terdapat berbagai penyakit yang disebabkan oleh tikus. Di antaranya bakteri leptospirosis, penyakit pes dari kutu terinfeksi pada hewan, hantavirus yang terkenal, hingga rat bit fever yang menular dari air liur atau makanan yang sempat digigit tikus.

Ngeri, bukan? Oleh sebab itu, penting untuk mengendalikan keberadaan tikus di dalam rumah. Bahkan, sebisa mungkin hindari adanya hewan pengerat yang satu ini. Berikut informasi mengenai tikus dan 15 cara jitu mengusir tikus yang merajalela

Mengusir Tikus, Bolehkah Diracun?

Sebenarnya, sah-sah saja membasmi tikus dengan racun. Namun, bahan kimia ini juga bisa berbahaya bagi manusia, lho. Apalagi, jika ada anak-anak di rumah Anda. Pasalnya, racun tikus yang tercampur dengan air bisa berdampak buruk dan menyebabkan sesak napas.

Tak hanya itu, seseorang yang tak sengaja mengkonsumsinya pun beresiko mengalami penurunan tekanan darah, muntah-muntah, denyut jantung tidak beraturan, kerusakan ginjal, hingga pengurangan sel darah putih.

Meski cukup berbahaya, cukup jarang kasus racun tikus yang menyebabkan kematian pada manusia, kecuali dikonsumsi dalam jumlah sangat banyak. Walaupun begitu, tak ada salahnya mencari jalan paling aman yang tidak membahayakan para penghuni rumah, bukan?

Pilih Cara Alami Mengusir Tikus dari Rumah

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan cara mengusir tikus yang merajalela dengan alami. Pastinya, ini lebih aman dan tidak memerlukan banyak bahan kimia berbahaya. Bahkan, bahan-bahannya bisa ditemukan di dapur rumah!

Berikut paparan bahan alami yang bisa Anda pakai:

1. Kantong Teh Bekas

Artboard 2.png
Mayoritas keluarga Indonesia paling sering mengonsumsi teh daripada minuman lain. Nah, jika Anda menggunakan teh kantong, bekasnya bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah, lho.
Jadi, pertimbangkanlah sebelum membuang kantong teh bekas. Anda bisa memanfaatkannya karena adanya kandungan peppermint pada kantong teh. Sebagai informasi, peppermint bisa membuat hidung tikus menjadi iritasi.

Karenanya, penciuman hewan yang satu itu akan sangat terganggu. Dengan prinsip kapok, si pengerat pun jadi ogah untuk kembali mampir ke rumah Anda.
Memakai kantong teh untuk mengusir tikus, cukup dilakukan dengan menyimpan kantong teh di salah satu sudut ruangan yang sekiranya kerap dilalui tikus. Usahakan, pakai kantung teh yang masih lembab.

Mengapa? Sebab, kantong yang masih lembab memiliki aroma yang lebih kuat dan makin berpotensi mengusir tikus. Saat kantong yang diletakkan sudah kering, Anda bisa menggantinya dengan yang baru selesai dipakai.

2. Memakai Bubuk Kopi

Artboard 3.png
Tak hanya teh, bubuk kopi juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Jadi, Anda bisa menggunakan sedikit dari stok kopi favorit untuk mengusir hewan pengerat ini. Konsepnya tak berbeda jauh dengan cara sebelumnya, yaitu menyerang penciuman si tikus.

Pada umumnya, seekor tikus menggunakan penciumannya yang kuat itu untuk melacak jejak makanan yang tertinggal. Nah, aroma tajam dari kopi bisa membuat tikus merasa tak nyaman dan akhirnya menghindari area yang ada aroma kopinya.

Memanfaatkan kopi, Anda hanya perlu menyiapkan bubuk kopi secukupnya, tak perlu terlalu banyak. Kemudian, taburkan bubuk itu di sudut-sudut rumah yang kerap dilalui tikus, seperti belakang pintu atau di sudut dapur.

Tinggal menunggu waktu sampai tikus perlahan-lahan akan menghindari area tersebut dan akhirnya meninggalkan rumah Anda.

3. Lada Hitam

Artboard 4.png
Sekarang, mari beralih ke bumbu dapur seperti lada hitam. Bumbu yang satu ini mengandung bahan kimia “piperin” yang beracun bagi tikus. Jadi, selain mengganggu saluran hidung dan menimbulkan ketidaknyamanan, ini juga akan menyakiti tikus.

Cara menggunakannya sangat mudah. Hal yang perlu diperhatikan sebelumnya adalah membuang semua sampah termasuk sisa makanan dan sumber air yang bisa dikonsumsi tikus sedikit pun.

Hal ini dilakukan untuk “memaksa” tikus mencari tempat lain untuk berlindung.

Langkah selanjutnya, yaitu menaburkan lada hitam yang digiling kasar pada tempat tikus biasanya bersembunyi. Untuk jaga-jaga, Anda bisa menaburkan bumbu ini di belakang kulkas, sekitar pencuci piring, mesin cuci, serta di sepanjang dinding.

4. Gunakan Merica

Artboard 8.png
Selain lada hitam, Anda juga bisa menggunakan bawang bombay untuk mengganggu penciuman tikus. Ya, cara mengusir tikus kebanyakan memang dengan mengacaukan hidung mereka.

Nah, bau bawang bombay adalah salah satu cara alami yang bisa mengusir tikus. Sebab, mereka tidak bisa mentolerir baunya. Memanfaatkan bahan ini, Anda hanya perlu mengupas dan mencincang satu buah bawang bombay dan meletakkannya di tempat tikus hinggap.

Jangan lupa, gantilah bawang bombay secara berkala jika sudah busuk.

5. Cangkang Telur

Artboard 6.png
Cara mengusir tikus yang merajalela selanjutnya adalah menggunakan cangkang telur. Bagaimana bisa? Padahal, umumnya cangkang telur dianggap hanyalah sampah atau limbah dapur.

Jangan salah, tak hanya mengusir tikus, cangkang telur juga bisa membasmi semut dan kecoa, lho. Cara memanfaatkannya bukan dengan langsung diletakkan begitu saja, namun perlu ditumbuk dulu sampai halus.

Langkah-langkahnya, keringkan cangkang telur dengan menjemur atau memasukkannya ke dalam oven. Kemudian, barulah haluskan cangkang menjadi serupa bubuk. Lalu, taburkan halusan cangkang telur di tempat yang umum dilalui tikus, seperti halnya lada dan kopi.

6. Gunakan Adonan Soda Kue

Artboard 7.png
Adonan soda kue tergolong berbahaya bagi tikus karena dapat memunculkan gas lambung. Ini membuat tikus menjadi kembung dan sulit membuang angin. Dimana hal ini dapat membunuh tikus secara instan.

Soda kue memiliki efek berbahaya bagi tikus. Ketika soda kue dikonsumsi tikus, muncul reaksi yang menyebabkan gas dalam lambung. Karena tikus tidak dapat buang angin, gas menyebabkan tekanan internal dan pada akhirnya membunuh mereka. Hal pertama yang dilakukan adalah memakai sarung tangan.

Anda harus memastikan bahwa Anda tidak menyentuh bahan kimia dan zat apa pun yang Anda gunakan selama proses ini. Langkah kedua adalah menggabungkan satu cangkir tepung dengan 1 cangkir gula atau coklat bubuk.

Kemudian tambahkan satu cangkir soda kue dan aduk rata. Campuran cokelat atau gula dapat menarik tikus untuk memakannya dan soda kue di dalamnya akan membunuh mereka setelah mengonsumsi. Letakkan adonan soda kue di tempat Anda bisa menemukan kotoran tikus. Pantau area tersebut sampai tidak lagi melihat tanda-tanda serangan tikus.

Langkah Pencegahan Agar Tikus Tak kembali

Kini, Anda telah mengetahui cara alami paling mudah untuk mengusir tikus. Langkah selanjutnya, yaitu bagaimana cara mengusir tikus yang merajalela agar tidak kembali lagi ke rumah yang telah bersih.

Tentunya, Anda harus melakukan langkah pembersihan umum di rumah. Pastikan rumah tidak memiliki celah yang berpotensi menumpuk kotoran. Anda bisa bekerja sama dengan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan terpercaya dalam hal ini.

Berikut kami sarankan cara mudah menjaga kebersihan rumah agar lebih sehat dan nyaman bebas tikus.

1. Mulai dari Bangun Tidur

Kebiasaan perlu dimulai sejak Anda bangun tidur. Cobalah untuk selalu merapikan tempat tidur dan pastikan tidak ada kotoran atau remah makanan apa pun di sekitar kasur. Keuntungannya, Anda jadi lebih semangat memulai hari.

2. Biasakan Menyapu dan Mengepel

Jika Anda masih kurang rajin membersihkan lantai, bukan tak mungkin tikus bahkan serangga menghinggapi sudut-sudutnya. Jadi, pastikan Anda membiasakan diri untuk mengatur jadwal menyapu dan mengepel. Jadikanlah itu rutinitas sehari-hari.

3. Atur Jadwal Membersihkan Dapur dan Kamar Mandi

Tikus seringkali mampir bahkan betah berlama-lama di dapur dan kamar mandi. Sebab, kedua ruangan ini paling berpotensi mudah kotor dan lembab. Jadi, cobalah mengatur jadwal membersihkan dapur dan kamar mandi agar tetap bersih dan anti-tikus.

Pastikan Rumah Bersih dengan Peralatan Pembersih

Cara mengusir tikus yang merajalela ternyata tidak sulit, bahkan bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Untuk berjaga-jaga, gunakan pula alat pembersih berteknologi seperti vacuum cleaner untuk mempermudah membersihkan rumah.

Nantikan Promo Bulanan Mitraruma untuk instalasi berbagai ruangan yang berkualitas dengan finish yang bersih. Baca juga tips agar dapur bersih dan rapi, tikus dan serangga auto minggat!

More content