no-script 5 Cara Menghitung Luas Tanah Berdasarkan Bentuknya | Mitraruma
Mitraruma

5 Cara Menghitung Luas Tanah Berdasarkan Bentuknya

Cara menghitung luas tanah sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai macam metode dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan mengetahui luas tanah, Anda akan lebih mudah dalam menentukan harga yang tepat jika ingin menjual ataupun membeli sebuah properti. Selain itu, Anda juga harus mengetahui luas tanah secara presisi jika ingin membangun sebuah rumah.

Cara menghitung luas tanah menjadi penting untuk dipahami agar Anda bisa tepat dalam mengukur bidang tanah dimiliki. Untuk mempermudah Anda menghitung luas tanah secara akurat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Simak selengkapnya hanya di Mitraruma!

Pentingnya Menghitung Luas Tanah

Anda perlu memastikan transaksi properti tanah Anda berjalan lancar agar tidak mengalami kerugian materi. Perhitungan luas tanah yang tidak akurat saat akan membangun rumah dapat membuat bangunan menjadi tidak rata dan dapat berakibat fatal. Agar tidak salah dalam melakukan perhitungan luas tanah, sebaiknya Anda memahami betul berbagai cara menghitung luas tanah berikut!

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Berbagai Cara

1. Cara Menghitung Luas Tanah Persegi Panjang

Rumus untuk menghitung luas tanah persegi panjang
Contohnya, Anda memiliki tanah seluas 6 x 12 meter, maka perhitungannya adalah:
Rumus= Panjang x Lebar.
Panjang = 6 meter
Lebar = 12 meter
Luas tanah = 6 meter x 12 meter = 72 m².

2. Cara Menghitung Luas Tanah Segitiga Siku-siku

Rumus untuk menghitung luas tanah siku sikut
Jika lahan yang kamu miliki bentuknya segitiga siku-siku, maka kamu bisa melakukan cara menghitung luas tanah menggunakan rumus: L = ½ x Alas x Tinggi.

3. Cara Menghitung Luas Tanah Segitiga Sama Sisi

Rumus untuk menghitung luas tanah segitiga sama sisi
Untuk cara menghitung luas tanah berbentuk segitiga sama sisi, silahkan hitung dengan rumus L = ¼a2√3. Dalam hal ini “a” merupakan panjang sisi.

Keterangan:

‘a’ adalah panjang sisi
‘L’ adalah luas tanah

4. Cara Menghitung Luas Tanah Segitiga Sembarang

Rumus untuk menghitung luas tanah segitiga sembarang
Untuk tanah berbentuk segitiga sembarang, kamu bisa menggunakan rumus:
S = (A+B+C) : 2
L = √ [S X (S-A) X (S-B) X (S-C)]

Untuk penghitungan ini, S merupakan keliling segitiga, ABC merupakan panjang sisi segitiga dan L adalah luas segitiga.

5. Cara Menghitung Luas Tanah dengan Bentuk Tidak Beraturan

Rumus untuk menghitung luas tanah dengan bentuk tidak beraturan
Tak selamanya bentuk tanah rapi seperti persegi panjang. Ada kalanya Anda menemukan bentuk tanah tak beraturan, contohnya bentuk trapesium. Cara menghitungnya mudah karena Anda bisa memasukkan rumus trapesium, yaitu Luas = 1/2 x (Jumlah rusuk sejajar) x Tinggi.

Contohnya, tanah Anda berbentuk trapesium sama kaki yang kedua sisinya sama panjang, sedangkan dua sisi lain tidak sama panjang. Jika Anda memiliki tanah 8 meter x 12 meter x 8 meter x 10 meter, cara menghitungnya adalah Luas = 1/2 x (10+12) x 8 = 88 m².

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Google Maps

Rumus untuk menghitung luas tanah di Google Maps
Cara menghitung luas tanah dengan Google Maps bisa dikatakan cukup mudah, lho. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pertama, buka aplikasi Google Maps melalui desktop atau ponsel.
  • Klik icon satelit untuk mengganti tampilan layar.
  • Masukkan lokasi lahan pada kolom penelusuran, lalu tekan ‘Enter’.
  • Jika sudah ditemukan, tekan ‘Zoom-in untuk memperbesar tampilan lahan.
  • Sesuaikan ukuran lahan hingga terlihat letak awal dan akhir tanah.
  • Bila sudah, klik kanan di area lahan yang telah Anda tandai.
  • Pilih ikon untuk mengukur jarak.
    Jika setiap langkah di atas dilakukan secara benar, maka hasil pengukuran lahan tersebut akan terlihat sesuai garis ukur yang telah ditandai sebelumnya.

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Software

Ada beberapa software dan aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mempermudah Anda menghitung luas tanah, yaitu sebagai berikut.

1. GPS Fields Area Measure

GPS Fields Area Measure
GPS Fields Area Measure merupakan aplikasi yang mudah digunakan untuk pengelolaan area, mengukur luas, mengetahui jarak, dan perimeter. Setelah menemukan area yang luasnya akan dihitung, luas area tersebut akan langsung ditunjukkan secara otomatis oleh aplikasi ini.

2. AutoCAD

AutoCAD
Salah satu software yang mempermudah Anda untuk menghitung luas tanah adalah AutoCAD, yang dikembangkan oleh Autodesk. Software ini juga akan menghemat waktu Anda dalam menghitung luas tanah karena mudah digunakan pada perangkat mobile. Unduh AutoCAD pada* smartphone* atau komputer Anda, lalu ikuti langkah berikut ini.

  • Buatlah gambar denah dengan garis polyline supaya semua garis saling menyatu.
  • Klik garis yang telah digambar agar semuanya diblok, kemudian garis yang awalnya terlihat lurus kini berubah menjadi putus-putus.
  • Ketik ‘li’ pada command section, lalu tekan enter pada keyboard dan halaman baru yang menginformasikan area dari tanah yang Anda gambar akan muncul.

3. GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement

GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement
Aplikasi ini populer karena bisa langsung melakukan pemetaan area dengan cepat dan hasil perhitungannya akurat. Contohnya, hanya dengan memilih dua titik di peta, Anda bisa menghitung jarak dengan mudah.

4. Area Calculator

Area Calculator
Aplikasi ini tak kalah canggih dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi Area Calculator dilengkapi dengan fitur untuk memberikan tanda pada area yang luasnya akan dihitung. Setelah itu, aplikasi akan menyimpan data area yang luasnya telah dihitung, sehingga mempermudah Anda jika sewaktu-waktu membutuhkan datanya kembali.

Tips Sebelum Menghitung Luas Tanah

Sebelum menghitung luas tanah, tentunya Anda harus mempersiapkan peralatan untuk menghitung tanah. Hal itu dilakukan agar mempermudah perhitungan bidang tanah.

Ada sejumlah alat yang perlu disiapkan untuk menghitung luas tanah. Berkaitan dengan hal tersebut peralatan untuk menghitung luas tanah memiliki beberapa ragam berbeda dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda pula.

Pada dasarnya peralatan yang digunakan tersebut bisa dipilih sesuai dengan kapasitas yang dimiliki agar mempermudah saat perhitungan luas tanah. Adapun alat pengukur luas tanah yang perlu diketahui sebagai berikut:

  • Pita Ukur: Pita ukur tersebut digunakan untuk mengukur luas tanah secara sederhana yang dilakukan dengan cara perkalian sisi tanah yakni lebar kali panjang.
  • Theodolite: Alat ini digunakan untuk menghitung luas tanah yang bisa dibilang lebih rumit dan perlu kecermatan dalam menggunakannya.
  • Patok: Patok digunakan untuk menandakan luas bidang tanah yang sudah diukur.
  • Kalkulator: Kalkulator bisa mempermudah kalian saat proses perhitungan tanah setelah mengetahui data lengkap luas tanah yang diperoleh.

Hitung dan Rencanakan Luas Tanah Anda dengan Matang!

Dengan mengetahui berbagai macam cara serta metode untuk menghitung luas tanah diatas, perencanaan aset bangunan Anda akan lebih terukur dan dapat terhindar dari kerugian nantinya.

Jika Anda mengalami kendala dalam menghitung luas tanah serta perencanaan bangunan, Anda dapat menghubungi Mitraruma sebagai Jasa Renovasi Rumah.

More content