no-script Cara Menghitung Kekuatan Lantai Beton yang Benar! | Mitraruma
Mitraruma

Cara Menghitung Kekuatan Lantai Beton yang Benar!

Pelat lantai beton dibuat dengan menggunakan material utama besi dan beton yang terdiri dari campuran semen, pasir, koral atau split dan air dengan komposisi sesuai kebutuhan tingkat kekuatan (mutu). Cara pengerjaannya adalah dengan membuat rangka besi terlebih dahulu yang kemudian dipasang diatas cetakan plat beton.

Cetakan beton biasanya terdiri dari papan yang dilapisi triplek agar lebih rapi kemudian disangga scaffolding atau perancah lainnya seperti bambu, galam ataupun kayu. Setelah rangka besi plat terpasang dan diikat menyatu dengan menggunakan kawat beton baru dilakukan pengecoran secara kontinyu hingga cor betonnya merata.

Artboard 2.png

Hitungan sederhana untuk menentukan kebutuhan tebal pelat lantai beton dapat dilakukan dengan menggunakan rumus. Perlu diingat ya, bahwa cara menghitung kekuatan lantai beton ini hanya sekedar rule of thumb alias gambaran kasarnya saja:

Artboard 3.png

1/40 x L. L adalah lebar bentang, misalnya bangunan 4 x 4 m, maka 1/40 x 4 = 0,1 atau 10 cm. Rumus balok 1/12 x L. Jadi, balok yang mesti dipersiapkan untuk menahan beban adalah 1/12 x L = 0,33 atau 33 cm. Terkadang, tukang konvensional akan membuat dak setebal 12 cm untuk luasan diatas (overspek).

Meskipun kekuatannya berlebih namun konsekuensinya beban juga bertambah, efeknya akan membebani struktur keseluruhan, artinya dibutuhkan struktur yang lebih kuat. Tentunya ini akan menambah cost yang sebenarnya tidak diperlukan. Maka sebaiknya sebelum kamu membangun sebuah rumah tingkat, kamu konsultasikan dengan dengan arsitek yang ahli dibidangnya.

Tidak bisa sembarangan, perencanaan dan cara menghitung kekuatan lantai beton dalam pembuatan plat lantai dari beton bertulang harus dilakukan dengan benar. Untuk plat beton yang difungsikan sebagai lantai, tebal minimum adalah 12 cm, dengan tulang besi beton sebanyak 2 lapis.

Artboard 4.png

Menggunakan besi beton diameter 10 mm berjarak 10 cm pada lokasi momen maksimum, dan diameter 10 mm berjarak 20 cm pada lokasi momen minimum. Penyeragaman diameter besi beton agar memudahkan pengerjaan di lapangan. Elemen-elemen pembebanan secara lengkap tercantum buku Peraturan Pembebanan Indonesia untuk Gedung, 1983.

  • Beban hidup (untuk rumah tinggal) = 0,200 t/m2
  • Beban hidup (untuk bangunan umum) = 0,250 t/mm
  • Pasir urug dibawah tegel tiap cm tebal = 0,018 t/m2
  • Tegel+perekat = 0,120 t/mm2
  • Plafon+penggantung = 0,020 t/m2
  • Dinding pasangan bata tebal ½ batu = 0,250 t/m2 pas
  • Berat jenis beton = 2,4 t/m3

Artboard 5.png

Berikut perhitungan plat lantai atap terbuat dari bahan beton.

Tebal = 10 cm

Beban-beban yang bekerja pada pelat beton lantai atap tersebut dihitung setiap meter panjang(m1) menjadi berat total pelat (q) dengan satuan t/ m1

Berat total pelat merupakan penjumlahan dari = Berat sendiri pelat + beban hidup pelat + berat sendiri plafond + berat penutup aspal atau ubin.

  • Pelat = 0,10 x 1 x 2,4 t/ m1 = 0,240 t/ m1
  • Beban hidup pada pelat = 0,150 t/ m1 (diambil beban hidup untuk lantai)
  • Berat sendiri plafond = 0,018 t/ mm1
  • Penutup aspal/ubin = (ketebalan 2 cm) = 2 x (21 + 24) = 0,090 t/ m1 (angka 21 dan 24 diperoleh dari PMI 1971).
  • Jadi, berat total pelat adalah 0,498 t/ m1

Perlu diingat lagi, bahwa tidak semua bangunan membutuhkan pelat lantai yang sama tebalnya. Semakin luas bentang, maka semakin tebal pula yang dibutuhkan dan semakin tebal balok yang mesti dipersiapkan.

Masih Bingung? Butuh Bantuan Ahli? Kami Siap Membantu!

Masih bingung dan ragu untuk memilih produk yang akan Anda beli? Ingin bertanya kepada orang yang lebih ahli? Mitraruma menyediakan fitur konsultasi daring atau bisa juga chat melalui WhatsApp. Jangan takut Anda akan dikenakan biaya, karena fitur konsultasi daring yang kami sediakan ini gratis. Dapatkan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Nah selain berbagai produk yang menarik dan berkualitas, kami juga menyediakan berbagai artikel informatif yang bisa Anda baca. Mitraruma Blog hadir untuk memberikan Anda berbagai inspirasi desain dan konsep hunian masa kini.

Anda juga bisa bergabung dan mendaftar member untuk mendapatkan berbagai keuntungan, lho. Poin yang Anda dapatkan setiap habis berbelanja, nantinya bisa Anda tukarkan dengan berbagai hadiah yang telah kami sediakan. Menarik sekali, kan? Yuk, belanja di Mitraruma sekarang!

More content