no-script Menghilangkan Semut di Rumah, Pakai Bahan Alami Ini Saja! | Mitraruma

Menghilangkan Semut di Rumah, Pakai Bahan Alami Ini Saja!

Artboard 1.png

Cara menghilangkan semut di rumah, kira-kira bagaimana, ya? Semut yang menghinggapi rumah terkadang memang meresahkan. Tak cuma mengganggu kenyamanan penghuni rumah, serangga yang satu ini juga bisa membahayakan makanan-makanan di sekitar.

Pasalnya, semut akan datang bahkan dengan sedikit saja remah-remah makanan atau noda minuman. Bukan cuma satu, mereka terkadang menyerbu dengan kawanannya. Relate, bukan?

Secara umum, mengusir semut biasanya dilakukan dengan menyemprotkan obat nyamuk berbahan pestisida. Namun, hal ini perlu mulai diantisipasi. Sebab, terlalu sering menggunakan pestisida bisa berdampak buruk pada kesehatan penghuni rumah. Terutama jika disemprotkan di dekat barang konsumsi.

Gunakan Bahan Alami

Agar hal tersebut tak sampai terjadi di rumah kamu, mulai sekarang cobalah menggunakan bahan-bahan alami untuk membasmi semut.

Pasalnya, semut pastilah ada di setiap rumah, bahkan yang paling tampak bersih sekalipun. Mereka diam-diam membangun sarang untuk mengumpulkan makanan dari remah-remah.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan dan mengendalikan mereka di rumah kita? Berikut berbagai cara menghilangkan semut di rumah dengan bahan alami:

1. Cabai Bubuk atau Lada

Artboard 2.png

Lada merupakan salah satu bahan yang dapat membasmi semut. Cara memanfaatkannya, kamu hanya perlu menaburkan bubuk lada hitam atau cabai di dekat barisan semut. Baik itu di pinggiran lantai atau tembok.

Bagaimana mereka bekerja? Ya, lada dan cabai bubuk memiliki aroma pedas yang membuat semut enggan naik ke permukaan meja makan atau lemari.

2. Tepung Jagung atau Maizena

Artboard 3.png

Saat menemukan banyak semut di dapur, salah satu bahan yang bisa kamu gunakan adalah tepung maizena. Caranya? Cukup taburkan saja tepung maizena di area dapur rumah yang kemungkinan terdapat sarang semut di dalamnya.

Kamu juga bisa menambahkan air di atas taburan itu. Walaupun terlihat sedikit berantakan, campuran tepung dan air itu bisa mematikan banyak semut, lho.

3. Bubuk Kayu Manis

Artboard 4.png

Bahan lain yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan semut di rumah adalah bubuk kayu manis. Berdasarkan riset, minyak esensial kayu manis dengan konsentrat tinggi bisa untuk menghilangkan semut.

Walaupun belum jelas tingkat efektivitasnya, tidak ada salahnya untuk membuktikan sendiri, lho! Caranya, kamu bisa menaburkan bubuk-bubuk ini ke area rumah yang sering dilewati semut.

4. Cuka

Artboard 5.png

Cuka memang terkenal atas berbagai fungsinya. Ternyata, bahan yang satu ini juga ampuh untuk menghilangkan semut di rumah. Saat melihat barisan semut di satu area rumah, kamu bisa mencoba membasminya dengan bubuhan larutan cuka saja atau ditambah dengan air.

Menghilangkan semut dengan cuka diyakini sebagai cara mudah bahkan untuk membasmi sarang-sarangnya. Sangat mudah dan praktis, kan?

5. Ampas atau Bubuk Kopi

Artboard 6.png

Siapa yang suka mengonsumsi kopi? Bahkan, minuman yang satu ini pun kerap didatangi semut jika cukup manis. Nah, kopi pun bisa digunakan untuk mengusir semut, lho. Caranya, kamu hanya perlu menaburkan ampas atau bubuk ke tempat yang dicurigai sebagai sarang semut.

Sebagai contoh, misalnya di dekat pot tanaman. Cara ini cukup efektif mengusir semut yang bersarang di rumah.

6. Manfaatkan Tea Tree Oil

Artboard 7.png

Tea tree oil terkenal akan khasiatnya terhadap tubuh, khususnya dalam ranah kecantikan. Meski begitu, bahan yang satu ini juga ampuh untuk menghilangkan semut yang mengganggu, lho.

Caranya, kamu cukup mencampur 5 hingga 10 tetes minyak ini dengan 2 gelas air. Kemudian, masukkan cairan itu ke dalam botol semprot dan kamu bisa langsung menggunakannya.

Selain disemprot, kamu juga bisa menggunakan bola kapas yang telah dibasahi sebagai metode menghilangkan semut dengan tea tree oil. Pastikan bola kapas yang kamu gunakan basah oleh air dan minyak ini, ya.

Setelahnya, kamu bisa langsung meletakkan bola-bola kapas itu di sudut rumah yang sering dilewati semut. Jika aroma yang keluar dirasa terlalu kuat, kamu juga bisa menambahkan minyak peppermint ke dalam campuran tersebut.

Nah, seperti minyak esensial pada umumnya, pastikan kamu menjauhkan campuran ini dari anak-anak ataupun hewan peliharaan, ya.

7. Peppermint

Artboard 8.png

Meskipun digunakan sendiri tanpa tea tree oil, minyak peppermint juga efektif untuk menghilangkan semut hingga serangga lainya. Cara menghilangkan semut di rumah dengan bahan ini ialah campurkan 10 hingga 20 tetes minyak peppermint dengan 2 gelas air.

Setelah itu, masukkan ke dalam botol semprot dan kamu bisa langsung menyemprotkan larutan ini pada area pintu dan jendela rumah. Tujuannya, yaitu agar semut dari luar tidak masuk ke dalam hunian.

8. Bedak Tabur

Artboard 9.png

Bagaimana bisa bedak tabur membantu menghilangkan semut di rumah? Bedak tabur atau talek bisa digunakan karena pada dasarnya, semut tidak suka berjalan di atas permukaan bubuk yang bisa menempel pada tubuhnya.

Untuk menghilangkan para semut, kamu hanya perlu menaburkan bedak di tempat-tempat tertentu, seperti pinggir lantai, tembok, pintu, hingga jendela. Sebab, tempat-tempat itu berpotensi menjadi sarang semut.

9. Lemon

Artboard 10.png

Terbayang aroma asam nan nikmat dari buah ini? Ya, lemon juga bisa digunakan untuk mengusir semut dari rumah kamu. Caranya, kamu tinggal memasukkan air perasan lemon ke dalam botol semprot. Mudah, kan?

Kemudian, kamu bisa langsung menyemprotkannya ke tempat di mana semut berada. Semut sangat tidak suka aroma lemon. Jadi, dia akan pergi.

10. Deterjen Cair dan Cairan Pembersih Kaca

Artboard 11.png

Seperti namanya, cairan-cairan pembersih ini memang berfungsi sebagai pembersih. Bahkan, bisa juga untuk menghilangkan semut. Kamu bisa menggunakan campuran cairan pembersih kaca dengan deterjen dan menyemprotkannya pada tempat-tempat tertentu.

Meski begitu, selalu ingat untuk membersihkan area yang telah disemprot, ya. Sebab, residu dari kedua cairan ini akan tersisa dan terlihat kotor. Jangan lupa juga untuk menjauhkan bahan-bahan kimia ini dari jangkauan hewan peliharaan atau anak-anak.

Sudah Tidak Ada Semut, Bagaimana Cara agar Mereka Tidak Kembali?

Mitraruma akan memberikan bocoran cara untuk mencegah semut kembali, nih. Pada dasarnya, serangga yang satu ini akan mencari tempat yang lembap untuk membangun saran. Jadi, mereka akan suka tempat seperti dapur, meja makan, atau area di dekat remahan makanan tersisa.

Pertama, kamu perlu membiasakan diri agar langsung membersihkan tumpahan minuman, sesedikit apa pun itu. Lalu, jangan lupa juga untuk membersihkan tempat setelah memakan biskuit atau kue.

Kedua, simpanlah buah-buahan dan berbagai jenis makanan lain dalam wadah kedap udara. kemudian, letakkan mereka di kulkas atau lemari makanan di dapurmu. Hindari menyimpan berbagai makanan di ruang terbuka karena bisa mengundang semut dan serangga!

Ketiga, jangan lewatkan jadwal membersihkan tempat sampah, baik yang berada di dalam ataupun luar rumah. Lalu, selalu ingat untuk membersihkan tempat makan hewan jika kamu memiliki peliharaan.

Intinya, pastikan rumah kamu selalu dalam kondisi baik dan bersih. Terlebih jika kamu punya desain rumah minimalis modern. Tentunya harus dirawat, kan? Jika kesulitan membersihkan sendiri, kamu bisa menggunakan jasa membersihkan rumah sampai bersih, lho.

Tak Hanya Langkah untuk Menghilangkan Semut, Perhatikan Juga Celah di Rumah!

Selain langkah-langkah pembersihan, kamu juga perlu memastikan rumah berada dalam keadaan sempurna, yaitu ketika tak ada celah yang berpotensi menjadi sarang semut. Contohnya, seperti pot di dalam ruang tamu industrial yang harus rutin diperiksa.

Kemudian, pastikan juga tak ada lubang pada lantai atau halaman rumahmu. Sebab, tempat-tempat itu berpotensi menjadi sarang semut. Begitulah, cara menghilangkan semut di rumah dengan bahan alami.

Jika kamu menemukannya, jangan ragu untuk segera memperbaiki rumah menggunakan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bahan Bangunan Mitraruma, ya! Sebab, ada berbagai Promo Bulanan Mitraruma yang menunggu untuk kamu gunakan.

More content