no-script Atasi WC Mampet dengan Cara Berikut Ini! | Mitraruma
Mitraruma

Atasi WC Mampet dengan Cara Berikut Ini!

Artboard 1.png
Cara mengatasi WC mampet ala Mitraruma dapat Anda praktekan sendiri lho dirumah tanpa memerlukan bantuan dari tukang ataupun teknisi. Caranya pun terbilang cukup mudah karena hanya menggunakan bahan-bahan yang sederhana seperti misalnya plastic wrap.

Toilet atau WC yang mampet sering kali membuat panik. Apalagi jika sudah menyebabkan kotoran menjadi tersumbat dan berujung dengan aroma yang tidak sedap. Untuk menghindarinya, Anda bisa menerapkan beberapa cara ini agar wc terhindar dari berbagai masalah teknis.

Penyebab Umum WC Mampet

Semua orang tentu mengetahui apa itu WC dan kegunaannya. Tetapi mungkin hanya sedikit orang yang mengetahui kepanjangan dari WC tersebut. WC merupakan singkatan dari Water Closet, yang artinya tempat khusus untuk buang air besar.

Kloset atau WC mampet merupakan permasalahan yang sangat umum terjadi. Namun, apakah Anda tahu apa penyebabnya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Umumnya, penyebab utama WC mampet adalah kebiasaan membuang benda asing ke dalamnya. Padahal, WC hanya dikhususkan untuk menjadi tempat pembuangan kotoran yang keluar dari tubuh manusia.

Bagaimana jika WC sudah terlanjur mampet? Hal tersebut bisa menyebabkan kotoran tidak terbuang ke septic tank dengan sempurna. Alhasil, kotoranmu akan menimbulkan bau tak sedap yang akan menguap ke seluruh bagian rumah.

Cara Mengatasi WC yang Mampet

1.Dengan Menggunakan Campuran Cuka dan Baking Soda

Artboard 2.png
Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar cuka? Makanan atau bahan pembersih peralatan rumah tangga? Nah ternyata, cuka juga bisa Anda jadikan solusi WC yang mampet, lho.

Selain cuka, baking soda alias soda kue juga termasuk bahan rumahan lainnya yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi WC tersumbat. Caranya cukup mudah, berikut yang perlu Anda lakukan.

  • Tuangkan 1 cangkir baking soda ke dalam WC.
  • Biarkan baking soda mengendap terlebih dahulu.
  • Setelah itu, tuangkan 2 cangkir cuka ke dalam air WC.
  • Diamkan selama 1 jam, kemudian siram atau flush WC Anda.

2. Dengan Menggunakan Garam

Artboard 3.png
Sama seperti cuka, garam ak hanya bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap uatu makanan. Namun, juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembersih. Salah satunya untuk mengatasi WC mampet. Berikut ini cara-caranya.

  • Pastikan air dalam toilet milikmu tidak terlalu penuh.
  • Kemudian siapkan garam dapur sekitar 500 gram atau sekitar satu cangkir plus.
  • Tambahkan satu cangkir bubuk soda kue dan tuangkan ke dalam lobang toilet.
  • Setelah itu diamkan selama 8 jam.
  • Siram dengan menggunakan air biasa untuk mendorong sumbatan tersebut supaya masuk ke septic tank.

3. Dengan Menyiramkan Air Panas

Artboard 4.png
Cara mengatasi WC mampet yang selanjutnya adalah menyiramnya dengan air panas. Air panas dapat membantu meluruhkan kotoran atau benda asing lain yang menyumbat saluran WC dengan cepat.

Bagi Anda yang ingin mengatasi WC penuh tetapi tanpa kuras, cara ini bisa dicoba. Anda juga bisa menggabungkan cara ini dengan penggunaan baking soda dan cuka.

Namun, hindari menggunakan air panas terlalu sering untuk mengguyur air WC, ya. Karena menurut situs Consumer Reports, air panas berisiko merusak saluran di dalam WC kamu.

Berikut cara mengatasi WC duduk dan jongkok yang mampet dengan bantuan air panas.

  • Tuang baking soda dan cuka seperti di poin sebelumnya.
  • Setelah selesai, siram sisa larutan tersebut dengan air panas.

4. Dengan Memanfaatkan Gantungan Baju

Artboard 5.png
Gantungan baju kawat bisa Anda gunakan sebagai alat pembersih sumbatan WC. Hanya saja, cara ini hanya bisa Anda coba jika benda asing yang menyumbat tak terlalu jauh dari corong WC. Bagaimana caranya? Ini dia caranya…

  • Potong kawat gantungan dan luruskan.
  • Setelah itu, lilit bagian ujung kawat yang tajam dengan kain dan selotip agar saluran WC tidak rusak atau tergores.
  • Masukkan ujung kawat yang dililit kain tadi ke dalam WC.
  • Kemudian, dorong benda yang menyumbat aliran WC.
  • Tekan tombol flush atau siram WC setelahnya.

5. Dengan Menggunakan Alat Penyedot WC

Artboard 6.png
Cara mengatasi WC mampet selanjutnya adalah menggunakan alat penyedot WC yang banyak dijual di pasaran. Alat ini biasanya hadir dalam berbagai bentuk. Anda bisa memilih alat penyedot atau penghisap WC dengan bahan karet tebal.

Lakukan proses penyedotan WC dengan hati-hati. Bila perlu, kenakan sarung tangan karet dan masker. Pasalnya, proses ini bisa mengakibatkan air nyiprat ke segala arah.

6. Dengan Menggunakan Botol Bekas

Artboard 7.png
Cara mengatasi WC mampet lainnya adalah menggunakan botol bekas. Cara menggunakannya pun sangat mudah.

  • Pertama, siapkan botol plastik yang tidak terpakai lagi.
  • Potong sekitar 10 cm di bagian dekat mulut botol.
  • Kemudian, masukkan ujung botol yang telah dipotong ke dalam lubang WC.
  • Lalu, cobalah untuk menekan-nekan lubang toilet. Hal ini bertujuan agar penyebab WC mampet bisa terdorong masuk ke dalam septic tank.
  • Selanjutnya, siram dengan air biasa untuk mengetahui apakah WC sudah tidak mampet atau sebaliknya.
  • Lakukan secara berulang hingga WC tidak mampet lagi.

7. Dengan Memanfaatkan Plastik Pembungkus Makanan (Plastic Wrap)

Artboard 8.png
Cara mengatasi WC mampet pun bisa Anda lakukan dengan memakai plastik pembungkus makanan atau plastic wrap. Sediakan plastik pembungkus makanan dan gunakan untuk menutupi tempat duduk WC. Pastikan plastik benar-benar menempel.

Setelah itu, tekan tombol flush. Plastik akan mengembang dan Anda harus menekannya berulang kali. Cara mengatasi WC mampet ini dilakukan untuk menekan udara sehingga mendorong benda yang menyumbat WC.

8. Dengan Menggunakan Jasa Sedot WC

Artboard 9.png
Apabila Anda sudah mencoba cara-cara di atas untuk mengatasi WC mampet tapi tak kunjung berhasil, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memanggil jasa sedot WC.

Biasanya, jasa sedot WC akan melakukan penyedotan dengan teknik dan peralatan yang tentunya tidak bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Pencegahan WC Mampet

1. Hindari Membuang Apapun ke Toilet

Jika sumbatan WC sudah lenyap, Anda juga harus memahami bagaimana agar WC tidak mampet lagi di lain waktu. Pastikan Anda tidak membuang benda asing apa pun di toilet selain urine, feses, serta tisu toilet.

Tisu toilet pun sebenarnya tidak disarankan untuk dibuang ke dalam toilet. Beberapa bahan tisu toilet justru berisiko menyebabkan sumbatan di dalam WC. Hindari membuang pembalut, cotton bud, atau makanan ke dalam kloset Anda, ya!

2. Hentikan Kebiasaan Menyiram Banyak Air

Kebiasaan inilah yang paling sering dilakukan banyak orang, padahal air yang dituangkan terlalu banyak justru akan membuat semua kotoran yang ada di kloset naik.

Jadi, bisa Anda bayangkan bukan, jika hal tersebut terjadi? Kondisi ini juga dapat menimbulkan bau tidak sedap di dalam WC Anda.

##Renovasi WC Dirumah Anda Untuk Tingkatkan Kenyamanan!

Cara mengatasi WC mampet yang telah dijelaskan di atas dapat Anda praktekkan sewaktu-waktu dirumah. Namun jika ingin meningkatkan kenyamanan dengan merenovasi WC Anda dirumah, bisa langsung menghubungi Jasa Renovasi Rumah dari Mitraruma yang siap membantu seluruh permasalahan dirumah!

Mitraruma hadir sebagai solusi untuk seluruh kebutuhan rumah Anda! Berkolaborasi dengan profesional di bidangnya, Mitraruma menawarkan jasa serta produk dengan kualitas terbaik. Dapatkan Promo Bulanan Mitraruma sekarang juga!

More content