no-script Inilah 5 Cara Menata Dapur Sempit Sederhana! | Mitraruma

Inilah 5 Cara Menata Dapur Sempit Sederhana!

Dapur sangat penting dalam sebuah rumah. Kurang lengkap rasanya jika tak ada dapur yang mumpuni untuk menyokong kegiatan memasak dan kualitas makanan di rumah. Pastinya, dapur yang tampak sederhana tetapi rapi juga membuat kamu nyaman beraktivitas.

Sayangnya, masih banyak orang yang menata dapur dengan kurang tepat sehingga tampak lebih sempit dan berantakan. Padahal, ada berbagai cara, tips, dan desain untuk membuat dapur kamu lebih luas meski di tempat sempit.

Cara Menata Dapur Sempit Sederhana agar Tetap Terasa Luas

Dapur yang sempit perlu ditata agar dapat digunakan dengan baik dan sirkulasi udaranya lancar. Mengapa? Sebab, udara yang bersih sangat diperlukan untuk kualitas makanan yang baik dan mengatur aroma di dapur. Tak asyik, ‘kan, jika dapur kita berbau tak sedap saat ingin memasak? Oleh karena itu, yuk, simak cara menata dapur sempit sederhana agar tetap terlihat menarik!

1. Manfaatkan Ruang Kosong

Mitraruma App Artboard 2.png

Di Ruang yang dipersiapkan sebagai dapur kamu, perhatikan sisi-sisi kosong yang ada. Terdapat berbagai cara memanfaatkan ruang kosong tanpa membuatnya terlihat penuh sesak, yaitu:

  • Menggantung alat masak dengan gantungan (hook) di ruang kosong dapur. Letakkan gantungan dengan sedikit tinggi, tetapi masih mudah dijangkau.
  • Desain sederhana dan murah dengan rak vertikal. Selain bentuknya yang unik, harganya juga relatif murah.
  • Seperti konsep pada kulkas, manfaatkan sisi pintu untuk meletakkan atau menggantung bahan dapur. kamu bisa menggunakan rak kayu rakitan atau rangka rak besi.

2. Gunakan Konsep Desain L

Mitraruma App Artboard 3.png

Cara menata dapur sempit sederhana yang selanjutnya adalah dengan menggunakan konsep dapur “L” yang salah satu sisinya direkatkan pada dinding. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan bagian bawah sebagai rak untuk menyimpan perlengkapan dapur.

Sebagai saran, gunakan pilihan warna kayu untuk membuat dapur kamu terlihat alami dan elegan. Selain itu, gunakanlah warna kesukaan atau warna cerah yang bisa meningkatkan mood kamu dalam beraktivitas di dapur. Menggunakan konsep dapur L dengan warna yang tepat bisa membuat dapur kamu terlihat simpel tetapi cantik, lho!

3. Tentukan Zona di Dapur

Mitraruma App Artboard 4.png

Agar kegiatan memasak kamu bisa dilakukan dengan efisien tanpa berantakan, cobalah menentukan zona-zona dapur yang sesuai. Jadi, kamu tak perlu menggunakan area memasak untuk menyiapkan makanan, meracik di meja makan, dan sebagainya.

Zona-zona itu, seperti:

  • Zona memasak. Zona ini mencakup kompor dan berada di sekitar area mengolah makanan. Biasanya, zona ini berisi talenan, pisau, dan wajan.
  • Zona penyimpanan. Atur zona ini di dekat wastafel sehingga kamu bisa dengan mudah menata alat makan. Tentukan juga tempat penyimpanan dan saringan.
  • Zona pantry. Zona ini harus jadi tempat yang nyaman untuk menyiapkan dan menata makanan. Selain itu, kamu juga bisa menemukan makanan kaleng, sereal, dan junk food dengan lebih mudah jika dikelompokkan berdasarkan kategori.
  • Zona makan. Jangan lupakan zona ini untuk tempat kamu menikmati santapan. Gunakan alas piring dan taplak meja yang bersih agar makanan tetap rapi.

4. Hadirkan Jendela

Mitraruma App Artboard 5.png

Kesalahan yang cukup umum dilakukan dalam cara menata dapur sempit sederhana adalah kurangnya ventilasi udara. Jadi, meski dapur kamu tampak elegan dan luas, tempat ini masih terasa pengap karena udara yang terbatas.

Lho, lalu gimana, dong, solusinya? Nah, sebelum menata dapur yang sederhana tetapi tetap tampak luas, jangan lupa untuk terlebih dahulu menentukan letak jendela. Kamu juga bisa menggunakan konsep dapur kecil dengan jendela besar untuk membuatnya tampak luas.

Gunakan jendela berukuran sedang atau besar agar sirkulasi udaranya lebih baik lagi. Selain tampak lebih luas dan sirkulasi udara segar, bau tak sedap dan rasa pengap pun pergi, deh, dari dapurmu!

5. Meja Makan Lipat di Dinding

Mitraruma App Artboard 6.png

Langkah penting untuk menyiasati penataan dapur yang sempit, yaitu jangan meletakan barang-barang di jalur lintas orang. Sebab itu, penting untuk mempersiapkan tempat menaruh barang-barang dapur di dinding.

Salah satu perabot krusial di dapur adalah meja makan. Sering kali, meja ini memakan banyak tempat dan membuat dapur jadi makin sempit. Solusinya, kamu bisa menggunakan meja memanjang di dinding.

Kamu bahkan juga bisa membuatnya bisa dilipat. Jadi, dapurmu lebih luas saat kamu hendak memasak atau mencuci piring.

Tertarik untuk Menata Dapur Anda dengan Cara Diatas?

Nah, untuk melakukan seluruh langkah dan cara menata dapur sempit sederhana sesuai keinginan dan instruksimu, Mitraruma menyediakan paket kitchen set dapur minimalis dan produk lainnya.

Furnitur lain untuk dapur minimalis dan sederhana impian kamu bisa ditemukan di Mitraruma dengan harga terjangkau!

More content