no-script Tips Memasang Wallpaper Sendiri di Rumah dengan Benar dan Rapi | Mitraruma

Tips Memasang Wallpaper Sendiri di Rumah dengan Benar dan Rapi

Untuk kamu yang bosan dengan warna-warna cat dinding, wallpaper bisa menjadi solusi dari kebosananmu. Motif yang beragam dan menarik telah menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang beralih menggunakan wallpaper untuk mempercantik rumahnya. Apalagi, wallpaper memiliki daya tahan yang lebih lama lho, jika dibandingkan dengan cat dinding biasa.

Cara Memasang Wallpaper Dinding

Artikel November 8 - Cara Memasang Wallpaper Dinding-01.png

Memasang wallpaper memang cukup mudah, namun membutuhkan teknik yang tepat agar wallpaper tersebut terpasang dengan baik dan tidak mudah lepas. Sebagian orang memilih memasang wallpaper sendiri untuk menghemat pengeluaran biaya tukang.

Tips cara memasang wallpaper dinding sendiri di rumah memang sangat diperlukan. Terutama bagi kamu yang masih pemula dan ingin mengkreasikan wallpaper dinding sesuai dengan keinginan. Yuk, simak info selengkapnya berikut ini!

1. Menyiapkan Bahan dan Alat

Artikel November 8 - Cara Memasang Wallpaper Dinding-02.png

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memasang wallpaper adalah mengukur luas bidang dinding yang akan dipasangi wallpaper dan menentukan corak yang tepat untuk dinding rumahmu tersebut.

Setelah itu, kamu perlu menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Misalnya, bahan wallpaper yang akan dipasang, cutter, pensil, penggaris, meteran, wadah untuk lem, spons, kuas lem, roller dan pemberat benang.

2. Membersihkan Dinding

Artikel November 8 - Cara Memasang Wallpaper Dinding-03.png

Dinding rumah seringkali dijadikan untuk tempat memajang foto, menempelkan furniture gantung, dan sebagainya. Untuk itu, sebelum kamu memasang wallpaper kamu harus memastikan dulu nih kalah permukaan dinding yang akan kamu tempel wallpaper sudah terbebas dari berbagai macam bekas tempelan, kerak kotoran, debu, tonjolan cat, kelupasan cat dan lainnya.

Pastikan dinding benar-benar bersih sehingga nantinya wallpaper dapat menempel dengan sempurna. Selain itu, kamu juga bisa memastikan dinding tersebut tidak rembes, dan tonjolan terkikis sehingga pemasangan wallpaper akan lebih merata.

3. Menggunakan Garis Bantu untuk Mengatur Posisi

Artikel November 8 - Cara Memasang Wallpaper Dinding-04.png

Nah, cara memasang wallpaper dinding selanjutnya adalah mengatur posisi wallpaper dengan membuat garis bantu.

Hal ini berfungsi untuk memastikan bahwa nantinya wallpaper terpasang dengan rapi dan tidak menggelembung. Kamu bisa menggunakan benang dan pemberat, penggaris dan kapur, atau pensil untuk membantumu.

4. Menempelkan Wallpaper

Artikel November 8 - Cara Memasang Wallpaper Dinding-05.png

Jika beberapa step di atas sudah kamu lakukan dan persiapkan, maka langkah selanjutnya adalah menempelkan wallpaper pada dinding.

Pertama, kamu harus membentangkan terlebih dahulu wallpaper di lantai yang telah dilapisi alas.

Kedua, oleskan wallpaper dengan lem secara merata dan diamkan terlebih dahulu beberapa. Setelah itu, kamu tinggal menempelkan wallpaper ke dinding yang telah dibersihkan. Kamu harus berhati-hati dalam melakukan pemasangan. Usahakan agar tidak menggelembung di tengah.

Ketiga, tekan wallpaper dengan penggaris agar benar-benar rapat dan menempel. Kemudian, lanjutkan meratakan wallpaper dengan roller.

5. Memposisikan dengan Tepat Saat Menempel

Artikel November 8 - Cara Memasang Wallpaper Dinding-06.png

Cara memasang wallpaper dinding memang membutuhkan ketelitian. Kamu perlu menyesuaikan posisi setiap lembaran dengan lembaran lainnya sehingga terlihat menyatu dan sesuai dengan motif yang kamu inginkan.

Hal tersebut guna menghindari kesan wallpaper kamu terlihat seperti potongan. Ikuti alur yang sesuai. Aplikasikan lem secara merata di sebelah lembaran pertama dan tempelkan dengan hati-hati wallpaper tersebut hingga memenuhi bidang dinding

6. Melakukan Pengecekan Akhir

Artikel November 8 - Cara Memasang Wallpaper Dinding-07.png

Jika wallpaper telah terpasang secara keseluruhan di dinding, maka langkah terakhir adalah membersihkan sisa lem yang menempel di wallpaper dan melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Dalam proses pemasangan wallpaper, seringkali lem yang kita gunakan berceceran mengenai bagian wallpaper lainnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkannya dengan lap atau spons yang lembab.

Selanjutnya, kamu harus mengecek kembali apakah ada bagian wallpaper tersebut yang menggelembung. Kamu bisa menggunakan bantuan roller untuk pengecekan yang satu ini.

Cara Merawat Wallpaper Dinding

Setelah melakukan seluruh proses dalam cara memasang wallpaper dinding, tentu kamu harus tau nih bagaimana cara merawatnya. Memberikan perawatan yang tepat pada wallpaper akan membuatnya lebih awet dan juga tetap terjaga keindahannya.

Jika tidak, dinding rumah yang tadinya cantik bisa berubah menjadi kusam dan membuat penampilan interior rumah terganggu. Cara merawatnya sendiri cukup simpel, yuk simak penjelasan berikut ini!

1. Wallpaper Berbahan Dasar Anyaman

Wallpaper yang satu ini terbilang cukup sulit untuk perawatannya. Hal ini karena wallpaper dinding kamar jenis ini memiliki celah kecil yang mudah menyimpan debu. Jadi, wallpaper jenis ini harus sering-sering dibersihkan. Cara membersihkannya, yaitu dengan dengan menggunakan lap yang lembap.

2. Wallpaper Berbahan Dasar Kain

Wallpaper jenis ini cara membersihkan dan merawatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu untuk membersihkannya.

Tidak punya vacuum cleaner? Jangan khawatir! Kamu bisa membersihkannya menggunakan sikat. Noda dan kuman yang menempel dapat dibersihkan dengan cara disikat.

Kamu hanya perlu menambahkan sedikit air hangat agar kotoran mudah terangkat. Bila noda masih menempel, mungkin noda tersebut mengandung minyak, cobalah mencampur air hangat dengan sedikit sabun. Sikat dengan lembut agar tidak merusak permukaan wallpaper dinding kamar atau membuat serat-seratnya tercabut. Jangan lupa untuk memilih sikat yang berbulu halus ya agar wallpapermu tidak rusak!

3. Wallpaper Berbahan Dasar Kertas

Diantara wallpaper lainnya, wallpaper berbahan dasar kertas adalah yang paling sering kita jumpai. Kita bisa dengan mudah membelinya di e-commerce atau toko furniture dan dekorasi.

Wallpaper dengan bahan kertas sebenarnya cukup mudah untuk dibersihkan. Kamu hanya perlu menggunakan lap kering.

Untuk menjangkau bagian yang tinggi, kamu bisa menggunakan sapu yang dibungkus dengan kain atau kaos bekas sebagai alternatif.

Ingin Memasang Wallpaper, Namun Masih Bingung? Ini Dia Solusinya!

Mitraruma siap membantumu! Kami berkolaborasi dengan berbagai profesional yang mendukung kami untuk menyediakan produk dan layanan terbaik untuk kamu.

Jika kamu malas repot membersihkan wallpaper dinding atau mungkin tidak ada waktu untuk membersihkannya, kami juga menyediakan jasa pembersihan wallpaper dengan harga yang sangat terjangkau, lho! Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 12.500/Pak. Wah, terjangkau sekali, kan? Tunggu apalagi, ayo konsultasikan dengan kami segera dan buat kamarmu menjadi lebih hidup!

More content