no-script 5 Cara Pasang Plafon PVC Sendiri yang Anti Rembes | Mitraruma

5 Cara Pasang Plafon PVC Sendiri yang Anti Rembes

Plafon PVC (PolyVinyl Chloride) cocok digunakan untuk menampilkan rumah yang lebih cantik dan elegan. Selain itu, plafon ini juga memiliki banyak kelebihan. Saat ini, plafon PVC banyak digunakan di hotel, apartemen, restoran, bahkan gedung mewah.

Meski begitu, sama sekali tak mustahil bagi kamu yang tertarik menggunakan plafon PVC di rumah sendiri. Sebab, plafon ini memang kerap memperindah dan menjadi incaran orang-orang yang gemar mempercantik interior rumah.

Cara Memasang Plafon PVC Sendiri Tanpa Tukang

Plafon PVC memiliki berbagai keuntungan dibandingkan menggunakan gypsum atau triplek. Dengan memakai plafon PVC yang lebih tahan lama, kamu bisa mendapatkan tampilan langit-langit yang ringan, simpel, dan anti bocor. Pemasangan plafon ini pun lebih praktis, bisa dilakukan tanpa tukang! Cara memasang plafon pvc sendiri bisa kamu simak di bawah.

1. Siapkan Bahan-Bahan dan Peralatan Lengkap

Mitraruma App Artboard 2.png

Langkah pertama dalam cara memasang plafon PVC dengan baik, tentunya adalah mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan selama pemasangan. Kamu bisa menyiapkan semua itu dalam jarak dekat agar tak kerepotan saat memasang.

Berikut barang-barang yang perlu kamu siapkan:

  • Rangka plafon (kayu atau besi hollow).
  • Plafon PVC berkualitas baik.
  • Paku (lebih baik menggunakan paku biasa, bukan paku beton).
  • Sekrup untuk memasang rangka hollow.
  • Waterpass selang.
  • Alat pelindung diri (APD).

Sementara itu, peralatan yang harus ada adalah:

  • Bor ukuran 10mm.
  • Mata bor untuk memasang sekrup.
  • Pemotong atau cutter.
  • Gerinda dan siku.
  • Meteran.
  • Palu.
  • Stop kontak dan kabel.

2. Cara Memasang Plafon PVC Bertahap dari Rangka

Mitraruma App Artboard 3.png

Setelah mempersiapkan bahan dan alat, kamu bisa langsung mulai memasang plafon. Eits, tunggu dulu. Pemasangannya harus bertahap, ya. Pertama, mulai dari rangka plafon terlebih dahulu.

Ukur dan tandai ketinggian rangka tempat plafon akan dipasang. Jangan sampai melebihi ring balok karena bagian ini merupakan dinding paling keras dan bisa membuat paku bengkok. Agar kamu bisa menandai lebih rata, gunakan selang waterpass.

Pastikan juga bahwa ketinggian plafon lebih dari tiga meter. Makin tinggi plafon, makin baik juga pemasangan dan penggunaannya.

3. Pasang List Profil Plafon

Mitraruma App Artboard 4.png

Begitu rangka selesai dipasang, kamu bisa lanjut ke tahap pemasangan list profil PVC. Lakukan pemasangan di sekeliling tembok tempat terpasangnya rangka plafon PVC sebelumnya.

Pasang list menggunakan sekrup dan bor dengan jarak antarsekrup sekitar 30 - 50 sentimeter. Pastikan list ini terpasang dengan baik di bawah rangka yang sudah dipasang. Kemudian, potonglah bagian sudut list profil PVC dengan gerinda atau gergaji.

Jangan lupa menggunakan APD (termasuk pelindung tangan dan kacamata). Gunanya, yakni untuk melindungi tangan dari risiko luka dan menghalau debu yang muncul saat proses pemotongan agar tak mengenai mata.

4. Pasang Papan Plafon dengan Teliti dan Sabar

Mitraruma App Artboard 5.png

Hampir selesai! Meski begitu, langkah satu ini sangat penting serta membutuhkan ketelitian dan kesabaran tinggi. Kamu bisa langsung memasang papan PVC pada tahap ini. Gunakan bor dan sekrup yang sudah disiapkan sebelumnya, ya.

Mulailah memasang dari sisi pinggir dinding terlebih dahulu. Harus sabar, ya, lakukan pemasangan satu per satu, lembar demi lembar. Masukkan sisi papan PVC pada list profil PVC yang sudah terpasang.

Jika satu papan sudah terpasang, sambunglah papan lain hingga semua lembar plafon terpasang seluruhnya. Terakhir, pastikan pemasangan sekrup PVC sudah erat dan tak mudah lepas oleh goyangan.

5. Bersihkan Sisa Sampah Pemasangan

Mitraruma App Artboard 6.png

Selamat, kamu sudah selesai memasang plafon PVC dengan baik! Jangan lupa, bersihkan sisa sampah pemasangan. Mulai dari sampah yang bisa diurai dan yang tidak. Jauhkan juga sampah-sampah itu dari jangkauan anak-anak.

Mengapa harus? Sebab, pemasangan plafon pasti menyisakan partikel berbahaya yang bisa melukai tubuh, seperti tangan, kaki, bahkan mata. Oleh sebab itu, jangan terlebih dahulu melepas APD setelah selesai memasang plafon.

Pemasangan Plafon PVC Cukup Rentan. Di mana Bisa Menemukan Plavon PVC Kualitas Tinggi untuk Menghindari Risiko?

Tak perlu khawatir, Mitraruma menyediakan plafon PVC kualitas terbaik dengan harga yang kompetitif. Jika kamu mengikuti tips di atas dengan teliti dan sabar, plafon PVC yang cantik di langit-langit rumah kamu akan terpasang dengan kuat. Silakan dicoba!

More content