no-script Cara Bikin Taman Depan Rumah: Sederhana Namun Cantik | Mitraruma

Cara Bikin Taman Depan Rumah: Sederhana Namun Cantik

Artboard 1.png
Cara bikin taman depan rumah sederhana ala Mitraruma ini cocok diterapkan untuk Anda yang ingin memiliki taman impian di depan rumah. Anda tetap bisa mendapatkan hunian yang asri dan cantik dengan budget yang tidak terlalu menguras kantong.

Seorang presenter Gardeners’ World BBC TV yang juga pendiri konsultan desain taman internasional, Adam Frost mengatakan “Taman harusnya menjadi ruang yang nyaman dan bisa digunakan untuk mencerminkan kebutuhan dan selera Anda”.

Pada artikel kali ini, Mitraruma akan mengajak Anda untuk mengetahui lebih jauh bagaimana cara bikin taman depan rumah sederhana dengan budget yang terjangkau. Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Cara Membuat Taman Depan Rumah Sederhana

1. Ukur Luas Lahan yang Tersedia

Artboard 2.png
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat taman depan rumah sederhana adalah mengukur luas lahan. Pastikan lahan untuk membuat taman tidak membuat rumah Anda terlihat sempit.

Misalkan saja, setelah diukur ternyata lahan memiliki luas 3 x 6 meter. Dengan mengetahuinya, Anda akan lebih mudah menentukan model taman depan pagar rumah.

2. Tentukan Konsep Taman Sederhana

Artboard 3.png
Langkah selanjutnya, pikirkan konsep yang ingin Anda buat menjadi taman depan rumah yang cantik.

Banyak konsep taman yang bisa Anda wujudkan. Ada konsep taman depan rumah minimalis, kering, modern, ala Jepang, atau klasik. Model mana yang Anda ingin wujudkan?

3. Buat Layout Sederhana

Artboard 4.png
Meskipun sederhana, Anda tetap harus membuat denah dari tata letak elemen taman rumah sederhana yang Anda inginkan. Idealnya, area untuk tanaman hijau minimal adalah sepertiga luas lahan. Kemudian, tentukan elemen taman. Seperti misalnya kolam ikan sederhana.

4. Pilihlah Tanaman yang Sesuai

Artboard 5.png
Taman depan rumah yang cantik akan terdiri dari berbagai jenis tanaman yang beraneka warna. Selain jenis tanaman, pikirkan pula komposisi peletakan tanaman hias outdoor agar mendapatkan estetika yang menarik.

5. Pikirkan Jalur untuk Saluran Air

Artboard 6.png
Kehadiran saluran air amatlah penting, karena bagian ini akan mengatur kelebihan air hujan agar tidak menggenang. Maka, pada saat ingin membuat taman depan rumah sederhana jangan lupakan sistem saluran airnya.

6. Berikan Pencahayaan yang Cukup serta Dekorasi yang Menarik

Artboard 7.png
Meskipun sederhana, bukan berarti Anda tidak boleh menambahkan elemen dekorasi ya. Anda tetap boleh menambahkan elemen dekorasi. Seperti misalnya lampu taman kecil.

Sebaiknya Anda juga tak banyak menambahkan elemen dekorasi. Terlalu banyak menambahkan dekorasi akan merusak konsep taman depan rumah sederhana yang Anda inginkan. Selain itu budget yang keluar tentu lebih banyak.

7. Cara Menghitung Estimasi Biaya Pembuatan Taman

Setelah Anda mengetahui cara membuat taman depan rumah sederhana, saatnya menghitung estimasi biaya pembuatannya. Gunakan rancangan anggaran biaya (RAB) membuat taman depan rumah sederhana berikut ini.

Misalkan saja, luas taman yang ingin dibangun adalah 3x6 meter. Anda menginginkan taman dengan kolam ikan sederhana. Maka ilustrasi perhitungannya sebagai berikut:
Rumput Jepang seluas 2 meter persegi. Harga per meter sekitar Rp 35 ribu : 2 x Rp 35 ribu = Rp 70 ribu.
Belanja tanaman hijau : Rp 250 ribu.
Satu pohon tabebuya berukuran 2 meter : Rp 450 ribu
Jasa pembuatan kolam ikan ukuran 3 x 6 meter, dengan elemennya : Rp 1 juta
5 Ikan koi Tancho Kohaku ukuran 10 cm, harga Rp 50 ribu : Rp 50 ribu x 5 = Rp 250 ribu.
Lampu sorot di sudut kolam Rp 55 ribu x 2 = Rp 110 ribu.

Maka total dana yang harus Anda siapkan adalah sekitar Rp 2,1 juta. Penting untuk diingat, hitungan ini bersifat estimasi saja. Hal ini tergantung pada elemen apa saja yang akan Anda hadirkan.

Tips Membuat Taman Depan Rumah yang Sederhana

1. Buat Pemandangan yang Eye-Catching

Selain membuat rumah terlihat lebih asri, keberadaan taman juga bisa membuat rumah Anda terlihat lebih eye catching. Tentunya dengan perencanaan yang tepat, ya.

Bingkai pemandangan dengan pepohonan kecil dan semak belukar. Lalu, cat area tersebut dengan tekstur dan warna lembut. Anda juga bisa mendekorasi taman rumah sederhana dengan berbagai ornamen berani dan menarik perhatian.

Agar taman bisa dilihat dari semua sisi, Anda bisa menanam tanaman hias tinggi dan penuh di bagian tengahnya. Teknik ini bahkan bisa membuat taman kecil mengalami perbedaan besar, lho.

2. Gunakan Furnitur Berwarna Terang

Perabotan dan ornamen berwarna cerah dapat memberi warna pada taman rumah sederhana, bahkan saat tanaman hias Anda tidak berbunga. Ini adalah salah satu cara untuk membuat taman depan rumah menjadi sangat menarik.

Ornamen ini bisa diletakkan di sekitar taman, atau menjadi bagian dari taman. Selain itu, ornamen di sini tak harus barang baru. Anda juga bisa memanfaatkan perabotan yang tidak terpakai, seperti misalnya tangga kayu usang.

Anda bisa mengecat tangga kayu usang ini untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan pot kecil di taman. Sandarkan tangga kayu yang sudah dicat dengan warna-warna cerah pada dinding taman. Ini akan membuat taman nampak estetik.

3. Coba Gaya Taman Jalanan

Walaupun Anda tidak memiliki halaman sama sekali, Anda tetap bisa memberi ruang untuk membuat taman depan rumah sederhana yang cantik. Salah satunya dengan mencoba gaya taman jalanan. Taman seperti ini juga bermanfaat saat ada orang yang ingin mampir untuk mengobrol.

Anda hanya perlu meletakkan meja dan kursi sederhana, yang dikelilingi beberapa tanaman hias dalam pot berukuran besar. Ini akan mengubah ruang terbuka menjadi tempat berkumpul yang menyenangkan seperti bistro.

4. Manfaatkan Dinding Rumah

Jika satu-satunya ruang yang Anda miliki untuk membuat taman adalah halaman kecil, maka manfaatkan ruang ke atas, bukan ke luar.

Anda bisa memanfaatkan dinding rumah minimalis untuk ditanami tanaman merambat. Tanaman merambat di sepanjang dinding, pagar kecil, kursi serta meja untuk bersantai akan menciptakan sebuah taman dengan nuansa sederhana dan cozy.

Tak hanya itu, tanaman hias merambat ini juga bisa Anda pakai untuk menghiasi selasar pintu masuk. Ini akan memberikan karakter ramah dan asri pada rumah Anda.

5. Gunakan Pot untuk Menanam Pohon

Setiap halaman dan taman membutuhkan pohon agar semakin terlihat menarik mata. Namun, pohon kerdil pun bisa tumbuh cukup besar dan mengambil alih ruang.

Akar pohon merambat jauh lebih luas daripada cabang pohon. Bahkan dapat menembus halaman rumput dan pondasi rumah Anda. Nah, solusinya Anda bisa menambahkan satu atau dua pot pohon ke halaman.

Anda akan membutuhkan pot yang cukup besar, tetapi akarnya tidak akan melayang lebih jauh dari wadahnya. Di sisi lain, Anda tetap bisa memiliki pohon serta menikmati kesegaran udara darinya.

Taman Depan Rumah yang Cantik dengan Budget Terbatas

Memiliki hunian yang asri tentu idaman semua orang, bukan? Namun, untuk merealisasikannya seringkali Anda harus menghadapi berbagai kendala. Salah satunya adalah permasalahan budget serta luas lahan yang terbatas. Hal ini dapat Anda siasati dengan membuat taman depan rumah yang sederhana.

Jika Anda masih bingung untuk membuat taman di depan rumah, tak perlu khawatir. Mitraruma hadir sebagai penyedia Jasa Renovasi Rumah Terbaik di Indonesia. Jangan lewatkan juga berbagai Promo Bulanan Mitraruma yang dijamin menarik!

More content