no-script Tips Renovasi Rumah Subsidi, Lengkap dengan Aturannya | Mitraruma
Mitraruma

Tips Renovasi Rumah Subsidi, Lengkap dengan Aturannya

renovasi-rumah-subsidi.webp

Harga rumah yang kian tahun semakin meningkat menjadi kekhawatiran bagi masyarakat. Walaupun bisa melakukan pembayaran secara kredit, namun biayanya memakan harga yang tidak murah. Nah, tidak perlu khawatir karena masalah ini dapat segera diatasi dengan membeli dan renovasi rumah subsidi yang harganya lebih terjangkau dibanding dengan rumah non-subsidi.

Rumah subsidi adalah program pemerintah untuk memastikan masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah agar bisa memiliki hunian sendiri. Pemerintah juga telah memastikan tidak ada rumah subsidi yang inden, jadi tak butuh waktu lama untuk menempati rumah tersebut setelah Anda melakukan pembayaran uang muka. Bahkan kedepannya, Anda dapat melakukan renovasi rumah subsidi tersebut.

Peraturan Pengajuan Rumah Subsidi

Ada beberapa peraturan mengenai pengajuan rumah subsidi. Pastikan Anda telah memenuhi peraturan-peraturan ini sebelum melakukan pengajuan agar proses pengajuan dapat berjalan lancar.

Belum Memiliki Rumah

Agar setiap masyarakat memiliki rumah, maka syarat pertama membeli rumah subsidi adalah belum memiliki rumah sebelumnya. Artinya, rumah subsidi yang akan Anda beli ini nantinya akan menjadi rumah pertama Anda. Jadi jika saat ini Anda sudah memiliki rumah, maka tidak dapat membeli rumah subsidi.

Maksimal Bergaji 8 Juta

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menetapkan gaji maksimal bagi masyarakat yang ingin mengajukan pembelian rumah subsidi sebesar 4 juta. Namun, sejak 1 April 2020, Kementerian PUPR mengubah penetapan gaji pembeli rumah subsidi menjadi maksimal 8 juta. Sehingga, jika Anda memiliki gaji di atas 8 juta, maka tidak dapat membeli rumah subsidi.

Dilarang Disewakan

Syarat lainnya adalah rumah subsidi tidak boleh disewakan atau dipindahtangankan. Karena, rumah subsidi merupakan rumah pertama yang notabenenya bukan rumah untuk ajang investasi, maka pembeli wajib menempati rumah tersebut. Syarat ini ada agar tidak sembarang orang dapat memiliki rumah subsidi.

Tentunya rumah subsidi bisa dijual, namun harus menunggu selama 5 tahun sebelum dilepas. Tetapi jika pemilik rumah meninggal dunia, maka rumah ini bisa diwariskan kepada keluarga pemilik.

Syarat Pengajuan Rumah Subsidi

Ini dia syarat pengajuan rumah subsidi yang harus kamu penuhi:

  • Pemohon harus berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah.
  • Berstatus sebagai karyawan tetap minimal selama 1 tahun atau seorang pengusaha minimal selama 2 tahun.
  • Pemohon wajib menutup asuransi jiwa dan kebakaran dengan syarat banker’s clause.
  • Bersedia untuk menandatangani perjanjian kredit dan Akta Pembebanan Hak Tanggungan.
  • Pembayaran angsuran secara autodebet dari rekening pemohon.

Renovasi Rumah Subsidi yang Diperbolehkan

Walaupun ada larangan renovasi rumah subsidi, Anda tetap bisa melakukan renovasi besar setelah 5 tahun menempati rumah tersebut. Namun, terdapat beberapa jenis renovasi rumah subsidi minor yang dapat Anda lakukan sebelum 5 tahun.

Atap Bocor

ilustrasi-atap-bocor.webp

Berhari-hari bahkan berbulan-bulan sebuah rumah diterpa hujan, angin, dan cahaya matahari yang panas, pasti akan ada bagian-bagian atap yang bocor. Jika Anda ingin melakukan renovasi atap bocor untuk rumah subsidi hal tersebut sangat diperbolehkan.
Nah, melalui renovasi ini, Anda dapat mengubah jenis gypsum dan lis plafon sesuai yang Anda inginkan. Jika rumah subsidi dibuat dengan lis ukiran, maka Anda dapat mengubahnya dengan lis polos jika ingin terlihat lebih minimalis.

Membuat Pagar

Walaupun fasad rumah tidak boleh diubah, namun pembeli dapat membuat pagar di depan rumah. Bagi Anda yang menyukai privasi dan keamanan, membangun pagar adalah ide bagus untuk keamanan dan privasi rumah.

Tembok Rembes

contoh-tembok-rembes.webp

Tembok rembes adalah suatu masalah rumah yang tidak dapat dihindari, bahkan di rumah mewah sekalipun. Karena itu, pemilik rumah subsidi diperbolehkan merenovasinya. Anda bisa memanfaatkan renovasi ini untuk melakukan pengecatan rumah agar warna cat rumah sesuai dengan keinginan Anda.

Itu dia beberapa syarat pengajuan kepemilikan dan ide renovasi rumah subsidi yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Selain harganya yang terjangkau, Anda juga bisa melakukan cicilan rumah subsidi dengan tenor hingga 20 tahun.

Agar proses renovasi rumah subsidi berjalan dengan lancar, Anda bisa memilih berbagai keperluan renovasi seperti cat dan perlengkapannya di Mitraruma. Yuk, intip juga situs Mitraruma untuk mengetahui jasa renovasi rumah serta pernak-pernik untuk mengisi rumah Anda!

More content