no-script Rumah tipe 36: Sederhana namun Terlihat Luas? Simak Caranya! | Mitraruma

Rumah tipe 36: Sederhana namun Terlihat Luas? Simak Caranya!

Desain rumah tipe 36 agar terlihat luas sering menjadi keinginan banyak rumah tangga saat ini. Ada beberapa tipe rumah minimalis yanh banyak dijumpai di Indonesia. Mulai dari tipe 21, 36, 45, 60, 70, 90, hingga 120. Dari banyaknya tipe rumah yang dijual, rumah dengan tipe 36 menjadi salah satu tipe rumah yang banyak diburu masyarakat. Selain karena harganya yang masih terbilang terjangkau, memiliki rumah dengan tipe ini cocok untuk keluarga muda yang senang dengan model simpel dan minimalis.

Dengan area luas bangunan 36 meter persegi, rumah tipe 36 banyak dibeli oleh masyarakat yang mengincar rumah terjangkau, baik itu oleh keluarga kecil dengan 1 anak atau pasangan muda.

Dilihat dari pembagian ruangannya, tipe rumah 36 banyak yang dibangun dengan spesifikasi ruang berupa 2 kamar tidur, 1 ruang keluarga yang berfungsi sebagai ruang tamu juga dan 1 dapur serta kamar mandi.

Rumah dengan tipe 36 memang tidak bisa dibilang besar, namun kamu bisa mengakalinya agar terlihat lebih luas dan tidak sempit, lho. Penasaran kan bagaimana caranya? Perhatikan baik-baik ya penjelasan berikut ini!

Tips agar tipe Rumah 36 Terlihat Luas

Artikel November 14-1.png

1. Pasang Furniture yang Menempel di Dinding

Artikel November 14-2.png

Selain untuk menambah nilai estetika suatu ruangan, pemasangan furniture yang menempel di dinding juga bisa menghemat penggunaan ruang. Hal ini biasa juga dikenal dengan built-in furniture.

Built-in furniture dapat diartikan sebagai furniture tanam. Dalam dunia desain interior, penempatan furniture dengan konsep tanam menjadi alternatif solusi untuk mengatasi keterbatasan lahan.

Pengaplikasian built-in furniture dibuat berdasarkan bentuk ruang dan tertanam pada dinding. Maka, secara otomatis menyisakan ruang lebih besar yang bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Sedangkan pada penggunaan furniture biasa, membutuhkan tempat peletakkan yang lebih besar di dalam ruangan. Oleh karena itu, built-in furniture sangat cocok digunakan pada hunian berlahan kecil ataupun di unit apartemen.

2. Sisakan Ruang Antara Furniture dan Dinding

Artikel November 14-3.png

Dengan menyisakan ruang antara furniture dengan dinding, tentu akan meminimalisir kesan padat dalam ruangan. Ruangan yang terlalu padat hanya akan membuat rumahmu yang mungil semakin terlihat sempit.

3. Memasang Dekorasi Cermin untuk Memberikan Kesan Luas

Artikel November 14-4.png

Banyak cara bisa dilakukan untuk menyiasati ruangan yang sempit. Penempatan cermin merupakan salah satunya. Pantulan dari cermin akan memberikan ilusi seolah ruangan lebih luas dari ukuran sesungguhnya. Kesan sempit di ruangan pun bisa berkurang.

4. Memilih Perlengkapan Rumah yang Dapat Dilipat

Artikel November 14-5.png

Furniture lipat bukan berarti tidak bagus dipandang. Kamu bisa memilih meja atau kursi lipat di ruang makan, dan jika sudah tidak dibutuhkan bisa dilipat dan simpan. Kamu juga dapat memindahkan furniture tersebut ke ruangan apapun di rumahmu yang kamu mau.

Perlengkapan rumah yang sedang tidak dipakai bisa kamu singkirkan terlebih dahulu. Dengan begitu, ruanganmu akan terlihat lebih lega.

5. Hindari Memasang Terlalu Banyak Hiasan

Artikel November 14-6.png

Memasang terlalu banyak hiasan hanya akan menambah kesan padat dan berantakan. Tentunya kamu harus menghindari hal ini jika ingin rumahmu tampak lebih luas ya, guys.

6. Memastikan Pencahayaan yang Cukup

Artikel November 14-7.png

Untuk rumah yang tidak terlalu besar, cahaya dapat dipantulkan ke arah plafon atau dinding agar ruangan terkesan lebih luas. Selain itu, gunakanlah general lighting yang mampu mendistribusi cahaya secara merata. Dengan pencahayaan yang merata, tentu rumah kamu akan terlihat lebih luas dan lega.

Ingin Membuat Rumah Mungilmu Terkesan Lebih Luas? Butuh Bantuan?

Keterbatasan luas tanah seringkali membatasi penghuninya untuk membatasi luas ruang yang akan dibuatnya. Padahal, banyak sekali orang yang menginginkan rumah dengan ruangan yang banyak dan terkonsep.

Hal tersebut menuntut kamu untuk mencari inspirasi dan ide untuk menyiasati luas ruang yang tidak cukup tersebut. Biasanya untuk mengatasi hal ini kamu perlu berkonsultasi dengan arsitek terlebih dahulu. Namun, untuk berkonsultasi dengan arsitek tentu kamu harus menyiapkan budget tambahan.

Jangan khawatir, Mitraruma siap membantumu! Kamu bisa menggunakan fitur konsultasi daring atau bisa juga WhatsApp ke customer service Mitraruma sekarang juga. Mudah kan? Ayo, wujudkan rumah idamanmu sekarang juga!

More content